Comscore Tracker

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Dini

Ajarkan perilaku yang positif dan bahagia pada anak.

Masa tumbuh kembang anak dalam prosesnya banyak dipengaruhi oleh banyak hal. Lingkungan dan prilaku orang - orang disekitar membawa dampak terbesar terhadap pola tingkah laku anak - anak. Keluarga sebagai lingkungan terdekat anak menjadi contoh pertama terhadap pembentukan kepribadian. Salah satu sikap yang dapat diajarkan pada anak agar menjadi pribadi baik yaitu sikap berderma atau berbagi dan menolong kepada orang yang memerlukan.

Mengajarkan sikap berderma akan menjadikan pribadi lebih bahagia karena kegiatan berderma atau menolong menjadi salah satu perbuatan yang mengandung nilai kebaikan. Lalu apa saja hal yang didapat jika menanamkan kegiatan berderma sejak dini pada anak:

1. Menjadi pribadi lebih bahagia

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Diniparentingclub.co.id

Sikap berderma atau menolong orang lain keluar dari kesulitan sesuai kesanggupan yang dimiliki merupakan kegiatan yang memerlukan kerelaan. Hal ini penting ditanamkan pada anak - anak sejak dini. Keluarga yang menjadi lingkungan paling dekat anak harus mampu menumbuhkan sifat berderma atau berbagi agar anak menjadi pribadi yang rela berbagi tanpa merugikan diri.

Salah satu yang sering kita lihat, jika kita melihat sekumpulan anak bermain, lalu salah satu anak memiliki mainan atau makanan maka ajarkan pada anak untuk berbagi. Sehingga akan tumbuh rasa perduli pada teman lainnya yang tidak mampu, kerelaan anak untuk berbagi tersebut tanpa merugikan diri, akan membentuk jiwa yang legowo dan bahagia apabila dapat meringankan kesulitan orang lain.

2. Perbaiki kondisi kesehatan mental

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Diniinside.akronchildren.org

Berderma atau menolong atau berbagi pada orang lain merupakan kegiatan yang membentuk karakter dalam diri untuk rela meringankan kesulitan orang lain sesuai kesanggupan kita. Menanamkan hal tersebut pada anak sedini mungkin dapat menumbuhkan rasa empati.

Menumbuhkan rasa empati sedini mungkin dapat memperbaiki kesehatan mental di masa dewasa, karena sedari kecil telah memahami makna menolong dengan kerelaan tanpa merasa rugi. Di masa depan rasa empati menjadi salah satu kunci sukses karakter dan jauh dari penyakit mental.

3. Mengalami keawetan hidup

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Dinimynurz.com

Sikap berbuat baik pada sesama telah disebutkan dapat menimbulkan kebahagian karena dapat memberi kebahagiaan yang sama pada orang lain. Menanamkan sikap berderma sedini mungkin pada anak merupakan salah satu hal baik yang dapat diajarkan pada anak. Kebiasaan berbuat baik salah satunya menolong atau berderma tentu akan membentuk kepribadian atau karakter dermawan ketika dewasa.

Hal baik yang diterima dan diajarkan pada anak sedini mungkin tentu akan terbawa dan terus dilakukan anak. Hal baik yang telah menjadi karakter anak tersebut pun akan berlanjut hingga usia lanjut dan otomatis ia akan mengajarkan pula pada orang terdekatnya atau dilingkungannya agar berbuat baik. Siklus seperti ini terus terjadi dan dilakukan maka perbuatan baik yang dilakukan, diajarkan dan dijaga akan membuat kehidupan lebih awet karena melakukan hal baik yang membuat diri bahagia.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Suka Traktir Teman Saat Bukber, Dermawan Banget

4. Perlindungan terhadap penyakit jantung

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Diniunsplash.com/anko_

Melakukan perbuatan baik sejalan dengan mendapatkan kesehatan jasmani yang baik. Berbuat berderma atau membantu orang lain yang kesulitan tanpa disadari melatih rasa untuk berbagi dan rela membantu orang yang lebih mebutuhkan. Dilansir melalui psychologytoday.com memberi bantuan kepada orang lain setara dengan aspirin melindungi penyakit jantung.

Jika kita telah mengenalkan sikap membantu atau berderma kepada orang lain untuk anak kita tentu taraf hidupnya semakin baik karena memiliki moral baik yang dapat menata pola prilakunya baik ada sekelilingnya.

5. Perankan bersama anggota keluarga lain agar mulai berderma

5 Hal Baik yang Didapat Jika Mengajarkan Anak Jadi Dermawan Sejak Diniakurat.co

Seluruh sikap baik yang diajarkan di sekolah, rumah dan lembaga pendidikan agama pada anak kita akan lebih baik apabila dimulai dari internal lingkungan yaitu keluarga. Cara terbaik menumbuhkan perilaku berderma pada anak yaitu dengan mulai menerapkannya bersama - sama.

Contoh terdekat yangg dilihat oleh anak akan menimbulkan persepsi atau pandangan akan tingkah keluarga dekat anak yang melakukan hal baik. Mencontohkan hal berderma sedini mungkin dalam keluarga dapat membiasakan anak pada situasi membantu atau menolong bagi yang memerlukan dengan rela.

Melakukan perbuatan baik salah satunya berderma dapat membentuk karakter anak peduli dan menumbuhkan empati sedini mungkin untuk anak. Sudahkah mengenalkan anak agar mulai berderma di sekitarnya?.

J.Sari Photo Community Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You