Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel Viral

Bisa kamu coba, agar artikelmu viral #IWF2020

Inspirasi untuk menulis artikel online bisa didapat dari media sosial, termasuk jika kita ingin menulis artikel viral. Menulis artikel yang banyak dilihat orang bahkan sampai trending menjadi keinginan setiap penulis.

Lalu bagaimana trik aman menulis artikel online dengan menggunakan media sosial secara maksimal. Yuk simak triknya, agar artikelmu bisa viral.

1. Punya jiwa "detektif"

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel ViralDok. Pribadi

Punya jiwa "detektif" ini penting bagi penulis, untuk tau hal apa saja yang bisa dijadikan bahan atau ide untuk menulis. Melalui Google Trends atau serach engine sejenisnya, kita bisa tahu apa saja yang sedang hangat dibicarakan di media sosial.

Agar memiliki artikel online yang viral, langkah ini menjadi poin untuk memilah berita atau tau informasi populer yang akan dijadikan konten menulis artikel online.

2. Insting 

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel Viralpixabay.com/Erik_Lucatero

Mengasah insting perlu bagi penulis, agar tahu hal apa yang mungkin akan menarik minat baca netizen saat melihat judul artikel online. Selain dikejar deadline terbit, terbiasa menggunakan insting membantu penulis tahu situasi yang trending saat itu sehingga ketika artikel terbit bisa saja ikut trending juga.

Ini akan meningkatkan traffic pembaca. Jadi jangan ragu menggunakan instingmu saat menentukan topik yang akan kamu angkat dalam artikel online.

Baca Juga: IWF 2020: 7 Alasan Mengapa Perempuan Harus Berani Speak Up!

3. Akun medsos double

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel Viralpixabay.com/FirmBee

Untuk tau hal populer atau trend saat ini, penulis banyak dibantu oleh media sosial. Twitter, Facebook, Instagram atau YouTube sudah menjadi top list untuk mencari ide menulis. Itu mengapa, penulis harus membuat akun media sosial agar dapat mengakses berita.

Gak hanya akun pribadi, penulis kerap memiliki dua bahkan lebih akun untuk mengikuti akun media sosial yang dianggap update berita. Kuncinya adalah dapat meluangkan waktu mengolah banyak akun, sekaligus mendapat berita paling awal sehingga bisa menjadi inspirasi untuk membuat artikel online yang viral.

4. Terapkan parameter 

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel Viralunsplash.com/Bram Naus

Informasi yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja lewat media sosial, tentu memudahkan penulis untuk mendapat inspirasi. Langkah selanjutnya bagi penulis yaitu menetapkan parameter atau standar ukur dari informasi media sosial yang akan digunakan.

Ini perlu dilakukan penulis agar artikel yang terbit itu click worthy. Kita juga bisa menghindari dan memilah informasi dari media sosial yang berpotensi mengandung SARA atau kontroversi.

5. Filter informasi

IWF 2020: 5 Trik Olah Ide dari Media Sosial Menjadi Artikel Viralpexels.com/Canva Studio

Meski sudah menerapkan parameter untuk banyak informasi dari media sosial agar artikel nantinya berkualitas, penulis harus tetap cermat untuk memfilter informasi yang akan digunakan untuk konten artikel.

Seperti postingan tulisan, gambar dan video yang perlu perizinan juga ketelitian agar ketika artikel terbit tidak menimbulkan kontroversi atau menjadi ujaran kebencian netizen yang membaca. Hal tersebut bukan feedback yang diinginkan, bukan?

Trik di atas bisa membantu untuk menghasilkan artikel viral dan menikmati proses menulis artikel online, ada yang sudah kamu lakukan?

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menulis Artikel Viral

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya