Comscore Tracker

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Penyebab kamu sering lupa di usia muda

Lupa adalah keadaan di mana otak gagal memanggil ingatan yang tersimpan. lupa juga merupakan hal manusiawi yang kerap terjadi pada manusia. Namun, untuk usia muda seharusnya lebih jarang mengalami kondisi ini, karena  lupa sering terjadi pada usia yang sudah lanjut.

Untuk kamu yang masih di usia muda namun sering mengalami lupa seperti lupa menaruh kunci, lupa mengerjakan tugas dan lupa akan suatu hal yang baru saja di lakukan mungkin hal di bawah ini adalah penyebabnya!

1. Kurang Istirahat

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 Penyebabnyaanak sedang belajar (Unplash.com/vitodaklein)

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa beraktivitas dengan baik. begitu juga dengan otak kita yang akan berfungsi secara maksimal apabila mendapatkan waktu istirahat yang cukup. kita diharuskan untuk beristirahat di malam hari kurang lebih delapan jam. untuk di siang hari juga sebaiknya beristirahat sebentar karena otomatis tubuh kita akan merasa lelah akibat aktivitas yang dilakukan di pagi hari.

Kondisi tubuh yang kurang istirahat adalah faktor mengapa di usia muda sering lupa, jika tubuh kelelahan maka otak tidak dapat berpikir dengan baik.

2. Mengalami gangguan emosi

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 PenyebabnyaIlusrasi wanita mengalami depresi (Unplash.com/anthonytran)

Terlalu banyak pikiran, kecemasan hingga stres adalah faktor penyebab manusia menjadi pelupa. Gangguan emosi membuat tubuh sulit menerima informasi dan tidak bisa berkonsentrasi. Kemampuan mengingat didasari oleh pikiran yang jernih, jika tubuh mengalami depresi dan kecemasan maka akan memperburuk kinerja otak.

Baca Juga: 5 Hal Ini Dapat Membantu Meningkatkan Daya Ingat bagi Pelupa

3. Kekurangan vitamin B12

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 PenyebabnyaIlustrasi wanita sedih (Unplash.com/leandromaldini)

Vitamin B12 sangat penting untuk saraf karena berfungsi sebagai selubung pelindung di sekitar saraf. vitamin B12 perlu dikonsumsi apalagi di usia muda agar memperbaiki kesulitan dalam mengingat. vitamin B12 sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk makanan dan suplemen.

Makanan yang mengandung vitamin B12 bisa ditemui pada kepiting, kerang, ikan salmon, daging sapi, susu hingga yoghurt. saat ini juga banyak tersedia suplemen yang mengandung vitamin B12 dan bisa di temukan di setiap apotek.

4. Pola makan yang tidak sehat

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 PenyebabnyaIlustrasi wanita sedang makan (Unplash.com/theblackrabbit)

Faktor lain susah mengingat atau lupa adalah konsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan. Tidak sering memakan sayur dan buah tanpa di sadari memperburuk daya ingat. Makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tidak baik bagi tubuh apabila di konsumsi berlebih.

Mulailah makan dengan gizi yang seimbang agar kemampuan berpikir dan mengingat semakin baik.

5. Konsumsi obat-obatan

Kamu Sering Lupa? Mungkin Ini 5 PenyebabnyaIlustrasi wanita memakan obat (Unplash.com/elsaolofson)

Obat-obatan tertentu yang mungkin di konsumsi karena alasan kesehatan bisa jadi menimbulkan efek samping berupa sedasi atau kebingungan, sehingga menjadi penyebab sering lupa di usia muda. Obat antidepresan dan obat untuk tekanan darah tinggi memiliki efek samping yang tidak dianjurkan bila dikonsumsi dalam waktu panjang, ada baiknya menanyakan dokter terlebih dahulu agar menemukan obat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Hindari kebiasaan buruk dan mulailah hidup sehat agar kondisi tubuh stabil dan tidak mudah sakit. Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang bisa membantumu memperkuat daya ingat.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Orang Pelupa, Membantu Mengingat

Junianti Putri Photo Writer Junianti Putri

Mahasiswa ilmu komunikasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya