Comscore Tracker

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positif

Ada webtoon favorite kamu ga?  

Webtoon kini menjadi sebuah platform komik online yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan usia. Banyaknya pilihan genre mulai dari fantasi, slice of life, horror, romantis, aksi, drama hingga komedi yang mampu membuat para pembacanya menjadi ketagihan.

Namun tak cuma sekadar menghibur, beberapa penulis juga menyelipkan berbagai pesan positif di setiap cerita yang mereka buat. Berikut 5 webtoon yang dapat mengajarkan kita tentang pesan-pesan kehidupan.

1. Young Mom

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positiftwitter.com/linewebtoonid

Webtoon ini berkisah tentang seorang siswi perempuan bernama Lani yang berusaha untuk memikul tanggung jawab besar karena kesalahan yang telah ia perbuat di usianya yang masih remaja. Meski telah hamil di luar nikah, Lani memutuskan untuk tetap membesarkan anaknya sendirian, karena awalnya ia tidak memberitahu pacarnya, Awan, dan juga keluarganya sendiri. Lani hanyalah seorang siswi yang dipaksa untuk belajar dewasa karena keadaan. Namun ia selalu berusaha keras untuk menjadi mandiri tanpa merepotkan orang lain.

Tentu saja kesalahannya di masa lalu tak patut untuk menjadi contoh, namun masa lalu seseorang juga tak pantas kita hakimi, apalagi jika ia berusaha untuk bangkit dan memperbaikinya. Lani memilih untuk berani bertanggung jawab atas perbuatannya dan berusaha bersikap jujur meski kenyataannya pahit.

Banyak sekali pesan positif yang diberikan oleh webtoon bergenre drama ini. Untuk seluruh perempuan di luar sana, tetap jaga diri kamu dan jangan biarkan perasaan sesaat kita mengalahkan segala logika ya.

2. Romantic Palette

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positifjolygram.com

Bitna Han, seorang mahasiswi baru yang memiliki bakat dalam menggambar ilustrasi namun memiliki kesulitan dalam bergaul karena sifatnya yang tertutup dan kurang percaya diri. Namun kehidupannya lambat laun berubah setelah bergabung dengan sebuah klub yang bernama Romantic Palette.

Perjuangan Bitna dalam proses beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, ketakutannya terhadap dunia luar, serta kehadiran toxic people yang muncul di hidupnya, membuat kita menjadi tersadar untuk lebih peka terhadap orang lain. Tak semua orang memiliki kemampuan bersosialisasi yang sama.

Setiap manusia memiliki pemikiran dan sudut pandang yang tak sama pula, karena kita tidak pernah tahu apa saja hal yang pernah terjadi pada hidup mereka hingga membuat mereka menjadi seperti saat ini. So, jangan sampai kita menjadi salah satu dari toxic people di dunia nyata ya.

3. Pasutri Gaje

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positiftwitter.com/linewebtoonid

Ini webtoon sejuta umat dan menjadi salah satu webtoon terlaris di Indonesia yang saya yakin pembacanya dari berbagai kalangan, pria wanita, tua muda, jomblo dan sudah menikah. Siapa sih yang nggak tau Pasutri Gaje?

Webtoon yang bercerita tentang sepasang suami istri, Adimas dan Adelia. Kisah mereka berdua memang menarik untuk diikuti. Efek samping dari membaca webtoon ini adalah, "jadi pengen cepat nikah”. Tapi webtoon ini nggak mengkampanyekan nikah muda kok, justru sebaliknya. Adimas itu sosok yang emang nikah saat udah siap.

Mereka berdua tentu saja memiliki kepribadian dan pemikiran yang berbeda, serta cara mereka masing-masing dalam menghadapi masalah. Walaupun begitu, keduanya bisa saling mengisi kekurangan satu sama lain dan terus mencoba untuk saling belajar memahami.

Mas dan Adek memang bukan pasangan sempurna, namun mereka selalu mencoba berkembang dan mendewasakan diri seiring berjalannya waktu. Pada episode terbaru, diceritakan Adimas dan Adelia yang baru saja memiliki anak kembar. Kerepotan mereka sebagai orangtua baru memberikan kita bayangan mengenai situasi yang sering kali dialami para orangtua di kehidupan nyata.

Meski tingkah mereka setiap harinya selalu diwarnai dengan momen-momen gaje dan kocak, namun cara mereka memandang permasalahan semakin hari semakin bijak saja. Pesan-pesan positif pun dapat tersampaikan dengan cara yang sangat menghibur.

Baca Juga: 5 Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Webtoon Korea 'Killstagram'

4. The Secret of Angel

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positifinsertlive.com

Ju Kyung adalah seorang siswi yang kurang percaya diri karena memiliki paras biasa-biasa saja dan memiliki berbagai masalah wajah seperti remaja pada umumnya. Berbeda dengan sang kakak dan adik yang memiliki paras dan postur yang memukau. Ketika duduk di bangku SMP, Ju Kyung sering kali dibully dan dijauhi oleh teman sekelasnya. Hingga pada tahun terakhirnya di SMP, ia menyadari bahwa riasan wajah bisa menyamarkan wajah asli.

Ju Kyung rela menghabiskan uang tabungannya untuk membeli alat-alat makeup dan mati-matian belajar dandan. Ia berniat untuk mengubah dirinya dan tampil beda saat masuk SMA. Hingga ia memilih SMA yang lebih jauh dari rumahnya agar nantinya bisa bertemu dengan teman-teman baru yang tak pernah mengenal ia sebelumnya. Sejak saat itu, ia belajar merias wajah agar lebih menarik dan percaya diri. Namun setelah makeup dihapus, ia kembali jadi pribadi yang pemalu dan rendah diri.

Akibat bully yang dilakukan oleh teman-temannya, Ju Kyung melewati masa SMP yang sulit. Namun untungnya ia dapat bangkit, meski sempat menyerah. Hingga akhirnya ia sadar, bahwa ia berubah bukan untuk orang sekelilingnya, namun demi dirinya sendiri. Ia kemudian mencintai makeup dan menemukan passionnya pada seni merias wajah.

Sebenarnya pakai makeup agar lebih percaya diri tentu sah-sah saja kok. Tidak ada salahnya untuk mempercantik dirimu, karena itu adalah salah satu cara kamu menghargai dan mencintai dirimu sendiri. Tapi kamu tidak boleh lupa satu hal, kalau makeup hanyalah riasan yang bisa luntur. Hatimu yang bersih adalah "wajah" sesungguhnya. Sebab itu pentingnya punya rasa percaya diri, agar tak hanya wajahmu yang cantik, tapi hatimu juga. 

5. MAMAMAAF

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positiftwitter.com/linewebtoonid

Bercerita tentang drama kehidupan keluarga di kota besar. Hyochan adalah seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan wamilnya, namun harus menghadapi kenyataan bahwa ibunya sakit keras dan terancam meninggal dunia. Ia merasa selama ini tak pernah bisa membahagiakan ibunya. Apa lagi ia selalu membuat hati ibunya terluka dengan berbagai tingkah laku yang kurang menyenangkan.

Ia pun bersumpah akan melakukan apa pun agar ibunya bisa selamat. Singkat cerita, Hyochan  menandatangani perjanjian pertukaran umur dengan ibunya. Dan tiba-tiba saja sang ibu berubah kembali menjadi sosok wanita muda.

Kisah perjuangan seorang anak yang berusaha untuk menebus segala salahnya selama hidupnya kepada orangtua. Meski sang anak terus saja membuatnya terluka, namun selalu ada maaf dari ibunya. Kisah yang membuat kita makin sayang orang tua ini tidak hanya membuat kita terharu, namun tingkah-tingkah lucu mereka akan membuat kita tertawa terpingkal-pingkal.

6. Demi 5Kg

Gak Cuma Menghibur, 6 Webtoon ini Memberikan Pesan-Pesan Positifwebstagramsite.com/agnezawebtn

Webtoon yang bercerita tentang Hong Ohsu, seorang siswi SMA yang ingin punya badan kurus. Ia merasa minder dengan bentuk badannya dan berdiet demi mendapatkan badan yang ideal. Namun sayangnya niat Ohsu untuk diet salah total. Ia hanya ingin terlihat cantik dengan badan kurus untuk menarik perhatian kakak kelasnya yang tampan dan melupakan tujuan sebenarnya dari berdiet, yaitu hidup yang sehat.

Punya badan ideal tentu bagus. Namun jangan sampai memaksakan diri berdiet hanya dengan tujuan cantik apalagi sampai terkena sindrom Bulimia seperti yang di alami oleh Hong Ohsu. Alih-alih kurus, kamu malah stres karena memikirkan bentuk badan. Itu gak baik lho, jangan sampai pikiran itu membebani hatimu dan kehilangan percaya diri.

Meski terdengar klise, namun mencintai diri sendiri sebelum belajar mencintai orang lain itu syarat yang mutlak lho. Gak percaya? Coba saja kamu lakukan. Dijamin hidupmu akan jauh lebih bahagia.

Selalu ada makna di setiap kisah, semua tergantung bagaimana kita mencoba memahaminya. Apalagi jika mendapat nasihatnya dengan cara yang menghibur seperti di webtoon ini, dijamin kamu ga akan merasa sedang digurui deh.

Baca Juga: 5 KDrama yang Diadaptasi dari Webtoon Ini Bikin Pengin Nonton Terus! 

Ocha Rozalina Photo Writer Ocha Rozalina

"Lebih mudah menulis tentang jatuh cinta ketimbang mengalaminya sendiri."- Christian Simamora, Burn Baby Burn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya