Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!

Jangan disepelekan, lho

Kebiasaan marah bukan hanya menguras energi, tetapi juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bahkan kebiasaan marah dengan intensitas tinggi dapat mengundang datangnya berbagai macam penyakit.

Namun, pada kenyataannya  banyak yang tidak memperhatikan dampak negatif dari kebiasaan marah. Padahal, seharusnya beberapa hal ini tidak disepelekan karena bisa berakibat fatal juga.

1. Stres

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!Freepic/tzido

Stres merupakan awal dari datangnya berbagai macam penyakit berbahaya  yang dapat menyerang tubuh, seperti diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, atau yang lebih parah adalah penyakit jantung. Maka dari itu, kamu sangat perlu mengontrol diri dalam mengekspresikan amarah agar tubuhmu tidak diserbu berbagai macam penyakit. Stres tidak bisa dikatakan sebagai 'hanya' gangguan biasa, karena kenyataannya stres dapat menyeret kehadiran penyakit lain.

2. Penyakit jantung

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!Freepic/User18526052

Tentu kamu pernah melihat betapa mengerikannya penyakit ini melalui film atau sinetron yang ada di layar kaca. Penyakit jatung sering menyerang orang-orang yang sedang marah dengan kadar emosional yang tinggi, yang pada akhirnya berubah menjadi stroke. Hal tersebut disebabkan oleh adanya debaran jantung yang lebih cepat pada saat kemarahan sedang memuncak. Dan hal seperti ini juga bisa membuatmu terkena serangan jantung dengan potensi kematian yang tinggi.

3. Tekanan darah tinggi

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!Freepic/gpetric

Sudah umum diketahui jika tekanan darah tinggi ini sering kali disebabkan oleh kemarahan. Ketika kamu marah, maka tekanan darah pun semakin meningkat, dan hal tersebutlah yang menyebabkan kerusakan pada jantung. Bahkan, akibat paling fatal pun bisa saja terjadi pada saat tekanan darahmu meningkat, yaitu pecahnya pembuluh darah hingga kematian.

Baca Juga: 5 Kecocokan Pasangan Sesama Leo, Keduanya Manja Namun Emosian 

4. Gangguan Pernapasan

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!Freepic/Freepik

Marah juga bisa memicu timbulnya gangguan pernapasan. Pada saat marah, kamu akan kesulitan untuk melakukan proses pernapasan. Sehingga rasa sesak pun tidak dapat dihindari. Dan, apabila hal seperti ini sering terjadi, tidak menutup kemungkinan kamu akan terkena serangan asma yang membuat napasmu terengah-engah hingga sulit berbicara.

5. Sakit kepala

5 Hal Ini Akan Menyerang Kesehatan Tubuhmu Jika Sering Marah, Waspada!Freepic/Rawpixel.com

Pembuluh darah pada otak akan berdenyut lebih kuat ketika kamu sedang marah. Hal ini dapat memicu timbulnya rasa sakit pada kepala. Tentu hal tersebut pun akan mengganggu waktu istirahat dan berpikirmu, kan? Oleh karena itu cobalah untuk bersikap tenang sesegera mungkin ketika kepalamu mulai terasa nyeri akibat emosi.

 

Semua hal ini sama berbahayanya, tanpa terkecuali. Untuk itulah kamu perlu bersikap tenang dan sabar dalam menghadapi setiap permasalahan. Sebab, penyakit selalu datang tanpa diundang, dan bahkan bisa menempatkanmu pada satu hal paling menakutkan, yaitu kematian

Baca Juga: 5 Tips Meredam Amarah, Buat Kamu yang Emosian!

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya