Comscore Tracker

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!

Gak rugi deh bagi yang suka bernyanyi

Hampir semua orang suka bernyanyi dan pernah melakukannya. Bernyanyi juga bebas dilakukan oleh siapa pun, tidak hanya bagi yang memiliki suara merdu. Tua atau muda, semuanya bisa mengekpresikan dirinya melalui bernyanyi. Selain memang tergolong asik, ternyata bernyanyi juga dapat mengusir penat dan jenuh lho.

Tidak hanya itu, bernyanyi juga memiliki beberapa manfaat lain yang perlu kamu ketahui. Apa saja ya kira-kira? Check it out!

1. Meningkatkan kinerja otak

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!Pixabay/RobinHiggins

Tanpa kamu sadari, bernyanyi dapat membuat otak terangsang untuk terus beraktivitas lho. Dengan begitu, kinerja otak pun akan semakin meningkat. Ya, pasalnya ketika akan bernyanyi, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu soal irama, nada maupun liriknya. Mau tidak mau, kamu harus memahami secara menyeluruh tentang lagu yang akan kamu nyanyikan, kan? Dan, hal tersebutlah yang menjadikan otakmu terus berpacu untuk bekerja, yang secara tidak langsung juga merangsang daya ingat serta konsentrasi.

2. Membuatmu jadi lebih percaya diri

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!Pixabay/StockSnap

Salah satu manfaat psikologis yang dihasilkan dari bernyanyi adalah meningkatnya rasa percaya diri. Kebanyakan orang yang merasa nervous atau demam panggung bahkan mencoba melakukan hal ini untuk mengusir rasa takutnya. Dengan bernyanyi, jiwamu akan kembali menjadi bersemangat. Dan, secara tidak langsung rasa percaya diri pun akan terbangun sehingga kamu merasa lebih baik dari sebelumnya. Sesekali cobalah untuk melampiaskan kegelisahanmu kepada sebuah lagu, sehingga perasaanmu akan jadi lebih baik karena telah melakukan hal yang positif.

3. Menjadikan perasaan lebih bahagia

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!Pixabay/ptksgc

Seperti yang sudah diketahui, bernyanyi dapat mengusir penat dan kejenuhan yang melanda. Karena secara tidak langsung tubuh akan menjadi lebih rileks setelah bernyanyi. Tentunya, hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaanmu lho. Apalagi jika yang dinyanyikan adalah lagu favorit, dijamin kamu bakal merasa senang deh. Jadi, gak ada lagi perasaan 'susah hati' yang bikin kamu malas beraktivitas.

Baca Juga: 5 Manfaat dari Hobi Menyanyi untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

4. Cegah penuaan dini, bikin awet muda

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!Pixabay/JillWellington

Gak hanya bikin bahagia, bernyanyi juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini lho. Hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk terjadi, karena bernyanyi memang dapat membuat otot-otot wajahmu mengalami tarikan atau pergerakan. Nah, hal yang seperti ini nih yang bakalan bikin otot wajahmu menjadi lebih kencang. Alhasil, kulitmu pun menjadi tidak mudah keriput dan berkerut. Sehingga, kamu akan jadi lebih awet muda. Menyenangkan, kan?

5. Meningkatkan sistim kekebalan tubuh

5 Manfaat Bernyanyi Ini Wajib Kamu Ketahui, Bisa Bikin Awet Muda Juga!Pixabay/pexels

Bernyanyi juga dapat membuat tubuhmu tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan, bernyanyi dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh dengan mengeluarkan kelenjar yang berfungsi sebagai antibody. Gak pernah terpikir, kan, efeknya bakalan semenakjubkan seperti ini? Jadi, selain mengonsumsi makanan bergizi, ada baiknya kamu juga sering-sering bernyanyi deh, supaya daya tahan tubuhmu menjadi semakin baik.

 

Ternyata bernyanyi gak hanya sekadar hiburan, ya? Kamu tentu mau dong mendapatkan banyak manfaat seperti ini hanya dengan bernyanyi. Untuk itu, mulai sekarang jangan suka memendam suaramu sendirian, ya! Cobalah untuk bernyanyi dan rasakan manfaatnya

Baca Juga: 7 Film Romantis Musik yang Bikin Hati Berdebar dan Pengin Ikut Nyanyi 

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya