Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona "Not Good Enough"

Jangan takut mencoba!

Pernah merasa bahwa diri kita tidak cukup baik dalam melakukan sesuatu? Atau sekali dua kali kita pernah bertanya pada diri sendiri apakah kita cukup baik dan bisa melakukan hal yang sangat kita inginkan?

Terkadang mungkin kita pernah mengurungkan niat untuk melakukan suatu hal karena merasa kita "tidak cukup baik" untuk melakukannya. Meragukan diri sendiri dalam kapasitas ini tentu saja bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan. 

1. Merasa tidak cukup baik hanya akan membuatmu berhenti mencoba

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona Not Good Enoughimdb.com

Terlalu terpaku pada pemikiran-pemikiran negatif hanya akan membuat kita berhenti untuk mencoba. Atau bahkan berhenti sebelum memulai. Padahal kita tidak pernah benar-benar tahu ada sampai pada batas mana kemampuan yang kita miliki dan hal tersebut tentulah bisa terus berkembang jika kita terus berusaha dan berlatih. Oleh karena itu, jangan sampai pemikiran kita yang merasa "not good enough" tersebut menjadi penghalang bagi diri sendiri untuk terus memacu diri.

2. Kalimat tersebut juga bisa menghalangi kamu untuk meraih impian

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona Not Good Enoughimdb.com

Jarang kita sadari bahwa pada akhirnya pemikiran tersebut lama-kelamaan menjadi kalimat destruktif yang bisa menghalangi kita untuk meraih apa yang kita inginkan. Kita mulai mempertanyakan kembali bisakah kita meraih hal tersebut? Mampukah kita meraih hal tersebut dengan keterbatasan atau halangan yang ada?

Ini bisa menjadi salah satu pemicu yang tanpa kita sadari justru menjadi penghalang terbesar yang patut kita lawan.

3. Karena yang diakibatkan pertama kali adalah menghilangnya rasa percaya diri

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona Not Good Enoughimdb.com

Karena merasa diri sendiri "tidak cukup baik" dalam melakukan sesuatu, rasa percaya diri pun perlahan mulai menurun. Hilangnya rasa percaya diri ini merupakan bentuk awal dari perasaan rendah diri dan hilangnya semangat.

Karena motivasi dalam diri merupakan salah satu bentuk kekuatan dari dalam diri yang paling ampuh untuk menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri, apa jadinya jika kita terus merasa rendah diri dan tidak cuku baik dalam melakukan segala hal.

Baca Juga: Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi Ini

4. Kamu juga semakin membandingkan kemampuan diri dengan orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona Not Good Enoughimdb.com

Di saat kita mulai mempertanyakan kapasitas diri, di sisi lain kita pun mulai membandingkan diri sendiri dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh orang lain. Namun dari hal tersebut kita justru menjadi semakin pesimis karena terlalu takut atau tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri.

Jadikanlah perbandingan terhadap orang lain sebagai pendorong serta penyemangat kita untuk lebih maju ke depan dan yang pasti adalah untuk tetap fokus pada pencapaian diri.

5. Dan lebih dari itu, merasa "not good enough" menjadikan self esteem kita menjadi rendah

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Keluar dari Zona Not Good Enoughimdb.com

Self esteem atau harga diri merupakan salah satu hal yang penting yang tidak boleh dilewatkan. Penghargaan terhadap diri sendiri merupakan salah satu bentuk penilaian individu terhadap dirinya sendiri dan bisa memacu untuk terus menjadi lebih baik. Kita tentu ingin menjalani kehidupan yang positif meski memang terkadang masalah tidak bisa dihindari, namun dengan merasa diri tidak cukup baik, jangan jadikan diri sendiri justru mempunyai penilaian yang rendah.

Setiap orang tentu mempunyai kemampuan serta kapasitas untuk terus menjadi lebih baik, selama mereka tidak takut untuk mencoba dan terus berusaha. Jadi tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Bahaya Zona Nyaman yang Bisa Menyerangmu Kapan Saja!

Kartika Dewi Photo Community Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You