Comscore Tracker

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stres

Stres and happiness is a choice!

Saat ini banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya stres. Tak dapat dipungkiri ekspektasi tinggi terhadap kehidupan, faktor lingkungan sosial hingga media sosial yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia bisa menjadi hal-hal yang dapat menimbulkan stres. Timbulnya stres juga bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan keluarga hingga pekerjaan. 

Namun, lebih dari apapun stres bisa menganggu rutinitas dari pribadi itu sendiri. Selain menyiksa hal ini juga bisa berdampak pada lingkungan sekitar. Maka dari itu, coba hindari melakukan enam hal ini jika kamu ingin terhindar dari stres.

1. Menyalahkan diri sendiri

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

Saat situasi tidak berjalan sesuai dengan apa yang kamu rencanakan dan harapkan, terkadang kamu akan terlalu terfokus pada hal tersebut. Mencari-cari alasan hingga menyalahkan diri sendiri. Terus pada kondisi seperti itu pada akhirnya hanya akan membuatmu tersiksa dan mengalami stres.

Beberapa kondisi memang terjadi tanpa kuasa kita, dan kita juga perlu untuk bisa memaafkan diri sendiri. Penerimaan secara penuh akan kondisi tersebut bisa membantumu untuk lebih bersikap tenang dan memperoleh pikiran yang lebih positif untuk melangkah ke depan.

2. Membandingkan dirimu dengan orang lain

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

"Dia lebih pintar", "Dia lebih kaya", "Dia..." Stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Semua orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak ada yang salah dengan menjadi dirimu. Terus menerus melakukan hal tersebut hanya akan membuatmu stres.

3. Melabeli diri sendiri

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

Memberi label negatif pada diri sendiri hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Segala hal buruk yang terjadi dimasa lalu serta label yang kamu berikan kepada dirimu sendiri bisa menghambatmu untuk meraih kesuksesan di masa depan. Tak hanya itu, bahkan saat kamu melabeli diri saat ini juga bisa menjadi salah satu pertanda munculnya stres.

Baca Juga: Selamatkan Dirimu, Ini 7 Cara Survive dari Minggu Penuh Stres!

4. Berada dalam lingkungan yang negatif

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

Saat sebuah lingkungan tak bisa mendukungmu, maka kamu tak harus bertahan di sana. Pikirkan kembali dengan tenang berbagai pilihan yang bisa kamu ambil untuk bisa keluar dari sana. Semua orang mempunyai pilihan, tapi tidak semua orang bisa memutuskan kapan waktunya untuk bertahan atau berhenti.

5. Terlalu khawatir

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

Masa depan memang tak bisa di prediksi, kamu mungkin akan berpikir berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada hidupmu. Atau bahkan saat akan pergi wawancara kerja kamu terus khawatir akan pakaian apa yang harus kamu kenakan, bagaimana kondisi disana nanti, apakah kamu akan bertemu atasan yang menyenangkan. Semua hal yang kamu khawatirkan tersebut bisa memunculkan rasa stres. Khawatir merupakan hal yang biasa dirasakan oleh manusia, namun mengkhawatirkan segala sesuatu secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan fisik dan juga mentalmu.

6. Terlalu sering bermain gadget

Berhenti Melakukan 6 Hal ini Jika Hidupmu Ingin Terhindar dari Stresunsplash.com

Saat ini keberadaan media sosial memang tak bisa dihidari dari kehidupan media sosial. Pernahkah kamu tersadar kamu sering mengecek gadgetmu setidaknya 5 menit sekali ? Atau kamu juga sering bermain gadget saat berada di tempat umum ? Menurut Roslina Verauli saat seseorang terlalu sering bermain gadget mereka bisa mengalami busy mind atau kondisi dimana seseorang yang sudah terlalu banyak terpapar gadget memiliki risiko stress yang lebih tinggi. Maka dari itu bijaknya dalam penggunaan gadget ternyata bisa membantumu untuk menghindari stres.

Baca Juga: Jangan Stres, 5 Manfaat yang dari Menganggur yang Jarang Kamu Sadari

Kartika Dewi Photo Verified Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya