Comscore Tracker

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisis

Be yourself, that's important
“It’s only after you’ve stepped outside your comfort zone that you begin to change, grow, and transform.” — Roy T. Bennett

Mengalami quarter life crisis atau krisis setengah abad bukanlah hal yang mudah. Kebingungan akan jati diri, masa depan hingga ketidaknyamanan atas kondisi yang terjadi menjadi ujian tersendiri saat kita mengalami hal tersebut.

Banyak hal yang mulai kita pertimbangkan seperti melanjutkan pendidikan, memperoleh pekerjaan impian hingga memasuki pernikahan menjadi hal-hal yang pasti tak bisa dihindarkan dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Namun, dibalik itu, kita merasa belum sepenuhnya yakin apakah yang kita lakukan adalah hal yang benar, apakah yang kita inginkan bisa kita dapatkan hingga tak ayal membuat kita semakin merasa khawatir.

Namun kembali lagi, quarter life crisis merupakan sebuah fase sementara yang pada akhirnya bisa kita lewati. Dan setelah melewati fase tersebut mungkin kamu akan merasakan 5 hal baik ini.

1. Kamu jadi lebih kalem saat menghadapi permasalahan

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisispexels.com

Berada di antara fase remaja dan fase dewasa memang tidak mudah. Terlintas bahwa kita masih remaja namun kita juga dituntut untuk bisa mandiri baik secara pekerjaan maupun finansial di mana kita belajar untuk bertanggungjawab atas kehidupan kita.

Namun setelah melewati krisis setengah abad tersebut, kita menyadari bahwa permasalahan memang akan selalu ada, namun hal tersebut bukan berarti kita harus kehilangan kendali atas masalah tersebut.

2. Kamu juga mulai mementingkan kualitas dari sebuah pertemanan yang kamu miliki

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisisunsplash.com/Helena Lopes

Di masa ini kamu juga mulai melakukan koneksi pertemanan yang benar-benar kamu butuhkan. Bukan hanya sebatas teman curhat, tapi juga seseorang yang bisa membawa hal-hal positif dalam kehidupan. Lebih mendalami kualitas akan sebuah pertemanan kini menjadi prioritas yang kamu pilih dibandingkan dengan kuantitas.

Baca Juga: Sering Merasa Dilema? 9 Penyebab Kamu Alami Fase Quarter Life Crisis

3. Selain itu, kamu juga mulai sadar bahwa untuk meraih apa yang kamu inginkan dibutuhkan perubahan

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisispixabay.com

Hidup akan terus begitu-begitu saja jika tak ada perubahan. Dan di situlah kamu menyadari bahwa apapun yang terjadi kamu pun harus bergerak. Bayangan cita-cita yang ingin kamu gapai akan berbanding lurus dengan hal-hal yang bisa kamu lakukan. Dan hal tersebut bukan lagi menjadi sebuah kekhawatiran yang harus kamu takuti, melainkan sebuah bagian kehidupan yang mesti dijalani.

4. Kamu juga ingin menjalani hidup yang minim dengan drama

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisispixabay.com

Hidup dengan sederhana menjadi hal yang menentramkan pikiranmu. Kamu tak lagi menuntut diri dengan segala hal yang bisa mempersulit hidupmu sendiri. Menjalani kualitas hidup sesuai dengan apa yang membuatmu bahagia tak lagi jadi soal. Karena kebahagiaan itu tak selalu dengan membandingkan hidup dengan orang lain.

5. Lebih dari itu kamu juga mulai memahami diri sendiri

5 Hal Baik Ini Pasti Terjadi Saat Kamu Melewati Quarter Life Crisispixabay.com/free-photos

Quarter life crisis merupakan sebuah fase untuk mengenal lebih dalam tentang pribadi kita. Apa yang kita ingin capai, apa yang kita butuhkan, apa yang menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita. Hal-hal tersebut menjadi pembuka jalan bagi kita untuk mengetahui bagaimana kehidupan yang ingin kita jalani.

Fase quarter life crisis memang tak terjadi selamanya, namun di fase inilah kita mulai mengawali kehidupan kita yang sesungguhnya. Jadi jangan terlalu khawatir bagi kamu yang tengah mengalaminya!

Baca Juga: Saat Mengalami Quarter Life Crisis, 5 Hal Ini Penting untuk Dilakukan

Kartika Dewi Photo Community Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You