Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiri

Don't underestimate yourself, okay?

Sering kali kadang kita mengeluh akan keadaan yang kita alami atau meremehkan kemampuan yang kita punya. Tapi coba bayangkan jika hal tersebut kita lakukan secara terus menerus? Bukan hal yang tidak mungkin saat kita mulai meremehkan diri sendiri bisa menutup jalan kita menuju kesuksesan.

Oleh karena itulah kepercayaan pada diri sendiri haruslah muncul dari dalam diri kita sendiri sebagai sebuah pemacu agar kita bisa terus berkembang.

Untuk kamu yang masih suka meremehkan diri sendiri, ini 5 alasan mengapa kamu harus berhenti melakukannya.

1. Kamu tidak tahu sampai mana batas kemampuanmu sebelum kamu mencoba

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/Steven Spassov

Dengan meremehkan diri sendiri, secara tidak langsung kamu tengah mengubur potensi yang kamu punya.

Padahal kamu tidak tahu sampai sejauh mana kemampuan yang kamu punya jika belum mencobanya. Hal ini bisa menjadi salah satu batu sandungan dimana kamu mulai tidak memiliki lagi rasa percaya akan kemampuan diri sendiri serta sulit untuk mengambil peluang yang sebenarnya bisa kamu raih.

2. Meremehkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin rendah diri

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/Hitesh Choudhary

Semakin kamu menyepelekan diri sendiri, kamu juga semakin merasa minder. Kamu mulai kehilangan rasa percaya diri serta menarik diri dari lingkungan yang bisa saja membawa dampak positif. Rasa rendah diri tersebut bukan hanya bisa berdampak pda dirimu sendiri, tapi juga pda orang lain. 

Saat kamu sendiri pun tidak percaya akan kemampuanmu, bagaimana dengan orang lain? Cobalah untuk menerapkan pikiran-pikiran positif yang bisa membangun kembali rasa percaya dirimu.

Baca Juga: Agar Bahagia, 7 Kalimat Ini Pantang Kamu Katakan Pada Diri Sendiri

3. Kamu bisa menutup potensi yang kamu punya

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/Jim Jacob

Sebuah potensi hanya akan menjadi sebuah potensi jika kamu tidak mengambilnya dan memmperdalam potensi yang kamu miliki. Rasa minder yang muncul karena berbeda dari orang lain, kecepatan belajar yang berbeda, serta bakat yang juga berbeda tak harus menjadikan kamu mengubur potensi yang kamu punya.

4. Semakin kamu meremehkan diri sendiri semakin kamu merasa tidak bahagia

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/ Steinar Engeland

Kurangnya kebahagiaan dalam kehidupanmu bisa jadi karena selama ini kamu sering tidak percaya pada kemampuanmu sendiri. Hal tersebut bisa berdampak pada kepuasan hidup serta tingkat pencapaian yang sebenarnya ingin kamu raih. Namun karena kamu sering menyepelekan kemampuan kamu sendiri kamu menjadi stuck disitu-situ saja.

5. Lebih memahami diri sendiri adalah salah satu cara untuk bisa menerima kamu apa adanya

Ini 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Meremehkan Diri Sendiriunsplash.com/ Sawyer Bengtson

Dengan memahami diri sendiri, kamu jadi lebih tahu apa yang kamu rasakan, apa yang ingin kamu lakukan, serta apa yang membuat kamu bahagia. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Cukup dengan menerima diri kamu apa adanya, perlahan kamu akan menemukan jalan untuk menuju kesuksesanmu sendiri.

Kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk bisa sukses atau menjadi lebih baik. Cukup dengan memahami diri sendiri dan mencintai sendiri, kamu akan temukan jalan yang sesuai dengan diri serta potensi yang kamu miliki.

Baca Juga: Ketahui 5 Alasan Kenapa Kita Harus Bersikap Tegas pada Diri Sendiri

Kartika Dewi Photo Verified Writer Kartika Dewi

find me on @fromkeydee!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya