Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! 

Coba ganti dengan afirmasi positif ya! 

Berbicara mengenai negative self talk tak bisa lepas dari munculnya inner critic atau kritik yang timbul dari dalam diri kita sendiri. Dan tidak jarang, munculnya kalimat-kalimat destruktif ini bisa menghancurkan kita dari dalam dengan menurunnya semangat, kinerja, hingga kepuasan hidup.

Menurunnya kepuasan hidup ini bisa membuat kita merasa tidak bahagia. Dan negative self talk ini bisa menjadi sebuah lingkaran yang tidak ada habisnya. Oleh karena itu coba hilangkan negative self talk dengan 5 hal ini nih.

1. Mulai sadari kapan suara-suara negatif muncul dalam benak kita 

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! unsplash.com/KAL VISUALS

Kadang kita justru tidak sadar kapan suara-suara negatif ini muncul dan merasuk ke dalam pikiran kita. Cobalah untuk mulai lebih peka dan menyadari kapan suara-suara tersebut muncul. Apakah saat kita sedang merasa tidak bersemangat, apakah saat kita mengalami masalah atau saat kita dilanda kecemasan. Setelah kamu mulai menyadari hadirnya suara-suara negatif ini kamu mulai bisa untuk menanganinya.

2. Segera filter mana kata yang hanya bisa menjatuhkan semangatmu 

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! unsplash.com/Nine Köpfer

Suara-suara negatif tersebut bisa saja hanya menjadi ketakutan kita semata atau bahkan keyakinan semu yang belum tentu benar adanya. Oleh karena itu segera filter mana kata-kata yang hanya bisa menjatuhkan dirimu sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Namun dengan terus mengkritik diri sendiri akan kekurangan yang kita miliki, justru hanya akan terus mendatangkan emosi-emosi negatif.

Baca Juga: Merasa Terjebak dalam Lingkaran Pikiran Negatif? Lakukan 5 Langkah Ini

3. Belum tentu benar, gantilah kata yang negatif itu menjadi sebuah afirmasi positif 

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! unsplash.com/Eye for Ebony

Alih-alih terus menyalahkan diri sendiri atau terjebak dalam rasa cemas, gantilah perkataan negatif yang selama ini terus mengganggu dalam benakmu dengan afirmasi positif. Misalnya ganti kalimat

"Saya sepertinya tidak bisa melakukan hal ini." dengan

"Saya belum pernah melakukan hal ini sebelumnya, mungkin saya harus belajar tapi tidak ada yang tidak mungkin sebelum dicoba."

Afirmasi positif tidak hanya membantu kita untuk meredakan inner critic yang muncul, namun bisa menjadi salah satu bentuk untuk lebih mencintai diri sendiri.

4. Ubah afirmasi tersebut menjadi sebuah aksi yang positif 

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! unsplash.com/Cata

Setelah mencoba untuk melakukan afirmasi positif cobalah untuk mengubahnya menjadi aksi yang lebih positif. Hal ini bukan saja bisa membantu kamu untuk membuktikan bahwa selama ini suara-suara negatif tersebut belum tentu benar adanya, tapi juga semakin menambah keyakinan kamu untuk terus bergerak menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Jadikan munculnya negative self talk ini sebagai reminder agar kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! unsplash.com/Holly Mandarich

Hadirnya negative self talk ini bisa juga menjadi salah satu reminder atau pengingat bagi kamu lho. Jadikan munculnya kalimat-kalimat negatif ini sebagai sebuah pengingat bahwa kamu bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya dan bukannya menyerah dengan keadaan.

Jika kamu menyadari gejalanya, bisa lakukan hal-hal di atas ya. Pecayalah memelihara pikiran negatif dalam benakmu gak akan memberikan perubahan yang lebih baik.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Pikiran Negatif Ini Membuat Kesendirianmu Susah Hilang

Kartika Dewi Photo Verified Writer Kartika Dewi

Instagram @keydee_poem (find my contemplation here^^)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya