Comscore Tracker

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-an

Selamat datang di fase baru

Memasuki usia 20-an tentu menjadi sebuah fase baru. Ada yang masih melanjutkan pendidikan hingga menjajaki dunia kerja. Tak hanya itu, memasuki usia 20-an, kita juga mulai memikirkan rencana-rencana masa depan yang ingin diraih, seperti karier, finansial dan pernikahan. Namun, memasuki rentang usia ini pula kita mulai dihadapkan pada dunia baru yang sepenuhnya berbeda dari masa remaja.

Dan bukan hanya itu saja, dalam tahap ini kita juga mulai belajar bagaimana bertahan serta melewati permasalahan-permasalahan yang mungkin sebelumnya belum pernah terbayangkan. Buat kamu yang sedang memasuki rentang usia ini, 5 hal ini mungkin harus kamu sadari dan mulai diterima ya.

1. Kita bertangggung jawab sepenuhnya atas kehidupan yang kita jalani

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-anpexels.com/João Jesus

Pada usia ini, kita akan menyadari bahwa kita mulai bertanggung jawab atas kehidupan yang kita jalani. Perlahan kita mulai belajar untuk lebih mandiri dan menjalani kehidupan kita sendiri. Lebih dari itu, kita juga menjadi lebih peka atas konsekuensi dari apa yang kita lakukan karena kita tidak bisa lagi sepenuhnya bergantung pada orangtua.

Bertanggung jawab dengan kehidupan kita juga berarti kita tahu batasan dari apa yang menjadi hal yang harus kita fokuskan untuk masa depan kita kelak.

2. Kita tidak bisa mengendalikan segala hal dalam kehidupan kita

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-anwww.pexels.com

Tak jarang pula di usia ini kita akan sering bertemu dengan kegagalan maupun penolakan. Berbagai hal tidak nyaman mulai kita jumpai. Di sinilah titik dimana kita tidak bisa mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan yang kita jalani. Namun, yang masih bisa kita lakukan adalah merangkul hal tesebut dengan respon serta sudut pandang yang lebih positif untuk memandang kehidupan.

3. Attitude kita akan mempengaruhi bagaimana penilaian orang terhadap diri kita

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-anpixabay.com/skeeze

Kenyataannya kita juga tidak bisa mengubah orang lain untuk satu pemikiran atau sama dengan kita. Kita akan banyak bertemu dengan banyak orang dengan perspektif yang berbeda-beda. Kita tidak bisa memaksa mereka untuk menyukai kita, tapi attitude kita yang akan menentukan hal tersebut.

Baca Juga: Usia Masih 20an, 5 Artis Ini Sudah Punya Anak Lebih dari Satu

4. Semakin bertambah usia, kita juga mulai mempertimbangkan berbagai hal dari segi prioritas

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-anpexels.com/Pixabay

Banyak hal yang mulai kita pikirkan mulai dari melanjutkan pendidikan, meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi, menggeluti sesuatu yang menjadi passion kita hingga membentuk sebuah keluarga. Akan ada banyak pilihan yang bisa kita ambil, namun kita juga mulai memikirkan satu per satu hal yang menjadi prioritas untuk dilakukan.

5. Di usia inilah kita mulai menjalani kehidupan sesungguhnya

Meski Berat, 5 Hal Ini Harus Mulai Kita Terima Saat Masuk Usia 20-anpexels.com/Clem Onojeghuo

Semakin kita bertemu dengan banyak orang, semakin kita mulai merasakan ketidaknyamanan dan tanpa kita sadari pola pikir kita juga mulai berubah ke arah yang lebih baik, di usia inilah kehidupan kita yang sesungguhnya dimulai. Kita bisa memupuk mulai dari sekarang apa yang bisa kita raih di masa depan. Kita bisa mencoba banyak hal dan belajar dari hal tersebut.

Usia 20-an bukan hanya menjadi usia yang produktif, tapi kita juga mulai mengenal dan menjalani bagaimana seharusnya kehidupan berjalan.

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Akan Kamu Terima di Umur 20an, Mendewasakan Diri!

Kartika Dewi Photo Community Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You