Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Angin

#RamadanMasaKini Ayo buat rencana sebelum THR cair

Sebentar lagi kamu yang sudah bekerja pasti akan menerima THR lebaran. Umumnya uang yang diterima sebesar gaji pokok saat ini.

Alangkah baiknya kalau dana ini juga bisa menambah saldo tabunganmu. Lebih bagus lagi kalau bisa menambah investasimu. Namun karena berbagai “godaan”, THR tidak jarang habis duluan, atau bahkan harus berhutang lagi untuk menutupi kekurangan. Jadi seakan-akan ia pergi begitu saja bagai angin.

Nah, agar uang THR-mu tidak sekadar lewat dan lebih berfaedah, yuk rencanakan dulu akan digunakan buat apa saja.

1. Lunasi hutang-hutangmu

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Anginhttps://www.pexels.com

Buat kamu yang sukanya bayar tagihan kartu kredit hanya minimalnya saja, kali ini kamu bisa menutup seluruh atau sebagian hutangmu. Paling tidak, bisa meringankan beban tagihan bulan berikutnya.

Atau yang punya pinjaman ke kakak atau tetangga kos, dibayar dulu deh agar saat lebaran kamu tidak punya tanggungan lagi. Liburan pun tenang tanpa beban.

 

2. Membuat anggaran belanja

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Anginhttps://www.pexels.com

Momen menjelang lebaran selalu diwarnai godaan diskon di berbagai pusat perbelanjaan. Apabila tidak bijak, uang THR bisa habis di sektor ini.

Makanya sebelum belanja, pastikan membuat anggaran terlebih dahulu. Barang apa saja yang akan kamu beli, dan berapa dana yang bisa kamu gunakan.

Jangan lupa beli hadiah lebaran buat orangtua dan saudara-saudara yang lain ya. Nah, kalau sudah membuat anggaran, tetap teguh dan jangan goyah belanja yang lain!

3. Menyusun anggaran mudik atau liburan

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Anginhttps://www.pexels.com

Yang namanya liburan juga perlu dianggarkan lho. Jangan sampai kamu kehabisan uang sebelum pulang.

Saat ini membuat anggaran liburan harusnya jauh lebih mudah, karena tiket dan hotel bisa dipesan jauh-jauh hari. Tiket masuk berbagai tempat wisata juga bisa dipesan terlebih dahulu secara online.

Berbagai macam promo dan diskon bisa kamu manfaatkan asal jeli. Sisanya, kamu tinggal memikirkan dana untuk makan dan jalan-jalannya. Boleh juga disisihkan membeli oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

4. Jangan lupa kewajiban zakat

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Anginzakatfundofnyc.org

Kewajiban zakat fitrah besarnya hampir sama setiap tahunnya. Jadi kamu bisa langsung menyisihkan dana di awal, dan segerakan saat membayar.

Selain zakat, kamu juga bisa menambahkan nominal sedekahmu tahun ini. Karena bukan hanya gaji yang terimbas inflasi, sedekahnya juga lho.

5. Kalau belum punya banyak rencana belanja, tabung saja uang THR itu

5 Cara Cerdas Menggunakan Uang THR-mu Biar Tak Hilang Bagai Anginhttps://www.pexels.com

Tips terakhir, ditabung saja.

Daripada beli baju atau gadget lagi, lebih baik masukkan ke tabungan. Tanya lagi ke diri sendiri, apakah barang-barang baru benar-benar kamu butuhkan saat ini. Kebutuhan atau keinginan? Jangan-jangan cuma buat gengsi.

Jika jawabannya tidak butuh, anggaran belanja bisa dialihkan ke tabungan. Sekali-kali biarkan tabunganmu bertambah setelah sekian lama stabil saldonya. Bisa juga kan untuk jaga-jaga ketika libur usai kamu kehabisan uang pegangan.

Yang paling penting guys, manfaatkan dana tambahan ini untuk sesuatu yang bermanfaat. Yang namanya uang, berapapun banyaknya pasti habis. Jadi besar kecilnya THR-mu tergantung bagaimana kamu mengaturnya. Syukuri, kemudian manfaatkan dengan bijak.

Kartika Sari Photo Writer Kartika Sari

Lagi sibuk belajar bercerita di www.kartikatur.com dan mengumpulkan kenangan di Instagram @sellypadi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya