Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmu

Dana darurat akan menyelamatkanmu dari situasi tak terduga

Bagi orang yang belum terbiasa dengan dunia pengelolaan uang, menyisihkan dana darurat bisa menjadi hal baru yang masih aneh dilakukan. Selama ini mungkin dengan menabung orang akan berpikir keuangan mereka aman terkendali. Padahal tabungan dan dana darurat itu berbeda lho guys. 

Tabungan lebih mengarah kepada dana simpanan yang ditujukan untuk persiapan kehidupan di masa depan, sedangkan dana darurat berarti uang yang disisihkan untuk menangani masalah tidak terduga yang terjadi. 

So, ini lima alasan kenapa dana darurat wajib masuk dalam daftar pengeluaranmu!

1. Hidup selalu berputar dan tidak terduga

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmuunsplash.com/@sharonmccutcheon

Sematang-matangnya rencana yang telah dipersiapkan manusia tetap saja ada yang namanya takdir dan tidak bisa dicegah waktu terjadinya, seperti musibah kejadian alam atau kecelakaan. Dana darurat berfungsi seperti namanya digunakan untuk momen-momen darurat. Dengan begini kamu akan terhindar dari rumitnya meminjam uang dan menyusahkan orang di sekitar.

Baca Juga: Tak Hanya Finansial, 5 Kemapanan Hidup Ini Juga Perlu Kamu Perjuangkan

2. Merasa lebih tenang karena punya uang simpanan

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmuunsplash.com/@synkevych

Perasaan lebih tenang dan gak was-was setiap ada kejadian yang gak terduga akan sangat terasa ketika kamu adanya dana darurat. Kamu gak perlu merasa panik karena punya uang simpanan yang memang ditujukan untuk menangani berbagai masalah yang terjadi. Dana darurat ini baiknya selalu disisihkan setiap bulan agar masalah keuangan gak bikin pusing.

3. Lebih penting dari menabung dan investasi

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmuunsplash.com/@we_are_rising

Bukan berarti menabung dan memiliki investasi itu gak penting, tapi karena bentuk dari dua hal tersebut beraneka ragam maka kurang pas jika dijadikan simpanan. Dana darurat biasanya disimpan dalam tabungan yang mudah dijangkau, bukan berupa logam mulia atau model investasi yang butuh waktu saat ingin dicairkan. Jadi prioritas utama adalah dana darurat, baru setelah itu alokasikan uang di tabungan dan investasi.

4. Cara menyimpan uang yang paling aman

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmuunsplash.com/@jpvalery

Kenapa disebut paling aman? Seperti yang disebutkan tadi dana darurat biasanya hanya disimpan sebatas dalam tabungan rekening bank biasa. Yang tidak beresiko seperti penyimpanan dalam bentuk logam mulia atau investasi.

Kamu yang masih takut mengambil resiko menyimpan uang ada baiknya cukup menyisihkan sebagian gaji di dana darurat. Sebab ini aman dan tidak akan mengurangi nominal atau menyedot berlipat-lipat uang kalian.

5. Gak butuh waktu dan usaha ekstra saat harus diambil

5 Alasan Kenapa Dana Darurat Wajib Masuk Dalam Daftar Simpananmuunsplash.com/@pampouks

Karena disimpan dalam rekening tabungan biasa atau bahkan beberapa orang disimpan dalam tabungan manual, maka tentu saja pencairan pun gak memakan waktu dan usaha ekstra. Dana darurat merupakan pilihan ideal demi membangun keuangan yang sehat. Ini lebih efektif dibandingkan mencairkan investasi atau logam mulia yang memakan waktu.

Demi keuangan yang lebih stabil di tahun ini, kamu boleh banget mulai menyisihkan uang untuk dana darurat. Jika sudah punya uang simpanan seperti itu maka berbagai masalah yang terjadi karena uang bisa diselesaikan menjadi lebih ringan.

Baca Juga: Ingatlah 5 Hal Bijak Ini Saat Kamu Mulai Muak dengan Kesulitan Hidup

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya