Comscore Tracker

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhana

#GoodLife Sebab bisa merasakan makna hidup yang sesungguhnya

Saat lahir kita gak bisa memilih siapa orang tua kita di dunia. Entah itu bagaimana keadaan ekonomi, penampilan dan embel-embel lainnya. Seorang bayi terlahir bagaikan kertas putih yang sangat bersih.

Jika kamu ada di tengah-tengah keluarga yang sederhana, jangan bersedih hati dulu. Sebab berikut ini ada 7 nilai lebih yang hanya dimiliki oleh kita yang terlahir dari keluarga yang sederhana.

1. Gak suka menuntut

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga SederhanaUnsplash/Charlein Gracia

Karena segala keterbatasan yang ada kita tidak bisa memiliki banyak ruang dan kesempatan untuk dipilih. Tidak ada yang namanya tuntut-menuntut, orang yang terlahir dari keluarga sederhana terdidik untuk bisa menerima segala sesuatu apa adanya dan bersyukur atas itu semua

2. Berjiwa fleksibel

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/Loren Joseph

Karena dari keterbatasan itu akan tercipta opsi-opsi lainnya maka kita gak terlatih sebagai orang yang keras kepala. Semua bisa diatur dan dijalankan sesuai dengan kemampuan yang kita punya, tidak ada ketentuan khusus. Mau diajak susah, ribet, capek, semua sudah biasa dijalani sehari-hari oleh mereka.

3. Hidup tanpa drama

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/Caroline Hernandez

Kehidupan yang sederhana membuat kita tidak pandai bersandiwara, yang ada kita terbiasa untuk selalu menjalani hidup dengan jujur dan apa adanya. Suatu hal yang sangat langka di cari di zaman sekarang, tapi dengan mudah dimiliki oleh mereka yang terlahir dari keluarga yang sederhana.

Baca Juga: 5 Hal Berharga yang Cuma Bisa Diajarkan oleh Keluarga Kita

4. Mengetahui arti penting sebuah keluarga

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/Annie Spratt

Saat kita gak punya hal lain seperti orang kebanyakan (seperti harta) ada harta yang gak kalah berharga dari itu semua, yaitu keluarga. Karena kesulitan telah mengajarkan kita betapa pentingnya kebersamaan dan kasih sayang tulus dari sebuah keluarga.

5. Paling pandai bersyukur

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/David Calderón

Mengeluh adalah tindakan sepele yang bisa sangat merugikan diri sendiri. Beruntungnya mereka yang terlahir dari keluarga sederhana sadar akan hal tersebut, sehingga dari pada mengeluh mereka lebih sering bersyukur dengan menghargai setiap hal yang ada.

6. Menghargai materi

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/Jared Sluyter

Karena sebelumnya sudah paham betapa kejamnya hidup tanpa uang, orang yang besar di tengah-tengah keluarga sederhana tahu cara menghargai materi. Pemikiran yang mereka miliki lebih dewasa ketimbang orang yang hidup dengan limpahan materi. Mereka tahu cara bijak mengelola dan menggunakan uang.

7. Pekerja keras

Gak Memalukan, Ini 7 Nilai Lebih Saat Kamu Lahir di Keluarga Sederhanaunsplash.com/Jason Rosewell

Kesulitan menjadi pembakar semangat bagi kita yang mengalami kesulitan sejak kecil. Bermimpi dan bertekad untuk bisa menaklukan dunia ketika dewasa membuat kita berusaha sekuat tenaga demi mewujudkannya. Kegigihan dan semangat itulah yang melahirkan banyak orang sukses yang berasal dari keluarga sederhana.

Tuhan tidak pernah memberikan kehidupan yang tidak layak bagi manusia, namun alur hidup yang berbeda membuat manusia tahu apa kekuatan dan kemampuan yang mereka punya sebenarnya. Terus berpikiran positif dan bersyukur, maka makna kehidupan akan kita dapatkan.

Jadi, masihkah kamu berkecil hati?

Baca Juga: Langkanya Quality Time di Keluarga Zaman Now

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya