Comscore Tracker

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggu

Coba terapkan dalam seminggu kedepan!

Perubahan besar dalam hidup tidak terjadi dalam semalam. Sebuah perubahan besar dalam hidup selalu dimulai dengan satu per satu perubahan kecil yang bermakna setiap harinya. Perlahan tapi pasti, lakukan dengan konsisten. Lalu, lihat perubahan dalam hidupmu yang perlahan membaik, pengetahuan yang bertambah, kepercayaan diri yang meningkat, tubuh yang lebih sehat, dan lebih terhubung dengan orang sekitar. Kesuksesan memang tidak didapat semudah membalikkan telapak tangan. Namun, 7 hal kecil ini bisa kamu coba untuk perlahan mengubah hidupmu dalam seminggu kedepan.

1. Mulailah mempelajari skill baru

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggushutterstock/pressmaster

Temukan satu hal yang sudah ingin kamu pelajari sejak lama, namun kamu tak pernah memiliki waktu untuk mempelajarinya. Apakah itu bahasa asing, memainkan instrumen musik, merajut, menjahit atau photo editing. Pilih sesuatu yang sudah lama bertengger dipikiranmu dan buatlah rencana untuk mempelajarinya. Selanjutnya, cari sumber belajar yang dapat membantumu. Seperti, mobile apps apa yang bisa kamu unduh, tutorial video di YouTube yang bisa kamu tonton, online course yang menyediakan topik yang ingin kamu pelajari, dan lain-lain. Siapa tau skill barumu bisa menjadi peluang dan pembuka jalan kesuksesanmu.

2. Beri dirimu reward setiap hari

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Semingguunsplash.com/@kalvisuals

Seringkali kita terpaku bahwa menghadiahi diri sendiri harus menunggu momen spesial atau peristiwa besar. Tak jarang kita beranggapan bahwa membeli sesuatu untuk diri sendiri harus direncanakan jauh-jauh hari dan harus dibeli dengan kerja keras. Namun, faktanya tak selalu demikian. Hidupmu akan jauh lebih sehat apabila sesekali memanjakan diri, tentu saja dengan batas yang wajar daripada terus hidup didalam kekurangan. Menghadiahi diri sendiri setiap hari akan memberi dorongan kebahagiaan dan motivasi positif setelah seharian yang melelahkan.

3. Memulai program olahraga

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggushutterstock.com/PRImageFactory

Tak hanya baik untuk kesehatan, olahraga juga dapat meningkatkan kebahagiaan, mengontrol berat badan, dan mengurangi stress. Banyak studi membuktikan, bahwa mereka yang yang berolahraga memiliki umur yang lebih panjang dan lebih bahagia. Mulailah dengan workout dan olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Kemudian, tingkatkan dengan rutinitas olahraga yang lebih ketat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 7 Ilmu Psikologi Sederhana untuk Diterapkan di Kehidupan Sehari-Hari

4. Rapikan lingkungan sekitarmu

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggupexels.com/@fotios-photos

Hidup dalam kamar dan ruangan kerja yang rapi dapat mengurangi stress dan membantumu lebih produktif. Ruangan yang rapi memungkinkan kita untuk melakukan tugas sehari-hari dengan lebih efisien. Karena, semuanya sudah tersedia dan terorganisir dengan baik. Sehingga, kita tahu di mana menemukan benda-benda yang kita butuhkan.

5. Buat bucket list

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggupexels.com/@suzyhazelwood

Bucket list dapat memberikan kejelasan tentang apa yang harus kita capai dalam hidup. Catat setiap tujuan baik jangka pendek hingga jangka panjang. Sehingga, bucket list dapat membantumu berfokus pada apa yang terpenting dalam hidupmu. Setelah memiliki bucket list, bersiaplah untuk memulai petualangan untuk mewujudkannya, dan bangun kenangan yang akan membuatmu tersenyum setiap hari.

6. Lawan ketakutanmu

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Seminggupexels.com/@rawpixel

Setiap manusia memiliki ketakutan. Ketakutanlah yang sejatinya membuat kita bertahan hidup. Namun, ketakutan juga dapat menghambat kita, terutama jika kita membiarkannya mengendalikan kita. Ketika kita menghadapi ketakutan, sesungguhnya kita sedang membangun keberanian dan kebijaksanaan. Beberapa ketakutan kita, mungkin saja  pernah menjadi nyata, namun ketika itulah kita mendapat pelajaran. Kemudian, yang terpenting, menghadapi ketakutan akan membantu kita membangun keuletan. Jika kita telah menghadapi ketakutan, maka kita telah belajar untuk mengatasi rintangan. Anda telah belajar bahwa Anda dapat berhasil bahkan dalam keadaan sulit.

7. Bertemu kembali dengan teman lama

7 Langkah yang Dapat Mengubah Hidupmu dalam Semingguunsplash.com/@priscilladupreez

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari berhubungan kembali dengan teman lama. Terkadang, persahabatan menjadi jauh, bukan karena kebencian, tetapi karena kita sibuk dan tidak berusaha untuk mempertahankan ikatan itu. Tetapi ketika kita menghidupkan kembali persahabatan lama, kita akan terhubung kembali dengan masa lalu. Teman lama dapat mengingatkan kita tentang siapa diri kita sebelum kehidupan menjadi rumit. Mereka dapat membangun kembali mimpi-mimpi lama dan keinginan yang pernah kita miliki. Pada akhirnya, kehadiran mereka membantu kita untuk mengukur seberapa jauh kita melangkah, dan mengingatkan kita akan hal yang belum kita mulai.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai mengubah hidupmu dalam seminggu kedepan. Lakukan satu persatu dengan konsisten dan mulai bangun kebiasaan baik. Lalu, rasakan perubahan dalam hidupmu!

Baca Juga: 5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak Seimbang

Ken Kirana Photo Community Writer Ken Kirana

Setengah pekerja, setengah mahasiswa. Tapi bahagianya gapernah setengah - setengah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 10:00:05

Progress: 760.181 dari 813.350 TPS (93.46296%)

Just For You