Comscore Tracker

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!

Bukan soal durasinya, yang penting kualitas tidurnya...

Dilansir dari The National Sleep Foundation, seseorang pada rentang usia 18-64 tahun sebaiknya memiliki jam tidur selama 7-9 jam dalam semalam. Sebuah rekomendasi yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, setiap orang tentu memiliki perbedaan jam tidurnya masing-masing, tak terkecuali para orang sukses nan terkemuka di dunia berikut ini.

Jika kita mengira semua orang sukses di dunia ini workaholic dan memiliki jam tidur ekstrem. Kamu mungkin harus buru-buru meralat pemikiranmu karena ternyata tak semua orang sukses demikian. Kira-kira berapa lama jam tidur para orang sukses tersebut? Simak selengkapnya!

1. Donald Trump hanya tidur 4-5 jam saja

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!fortune.com

Siapa tak kenal pemimpin negara adidaya nan nyentrik satu ini? Selain dikenal dengan berbagai kebijakannya yang kontroversial, rupanya presiden ke-45 Amerika Serikat ini juga punya jam tidur yang tak biasa.

Ya, ia hanya tidur selama 4-5 jam saja. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Dr. Ronny Jackson, dokter pribadi Donald Trump yang mengungkapkan hasil pemeriksaan fisik tahunan Presiden Donald Trump. Dr. Ronny Jackson mengatakan kepada wartawan bahwa Donald Trump hanya tidur 4-5 jam semalam.

"Dia hanya salah satu dari sedikit orang yang saya pikir tidak memerlukan banyak tidur," ungkap Dr. Ronny Jackson.

Hal tersebut senada dengan pernyataan Trump pada saat kampanye, "Anda tahu, saya bukan orang yang suka tidur. Saya suka tiga jam, empat jam, saya kemudian terbangun, berbalik, dan bip-de-bip, saya ingin mencari tahu apa yang sedang terjadi. "

2. Richard Branson hanya tidur selama 6 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!cntraveler.com

Richard Branson, seorang miliarder sekaligus CEO dari Virginia Group yang membawahi 400 anak perusahaan hanya tidur selama 6 jam dalam sehari.

Dalam jurnal pribadinya di laman Virgin, ia mengaku mulai mematikan lampu kamarnya dan terlelap pada pukul 11 malam. Lalu, hanya membutuhkan waktu selama 6 jam untuk bangun keesokan harinya. 

3. Barack Obama hanya tidur selama 6 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!cnbc.com

Berbeda dengan presiden penggantinya, Barrack Obama memiliki jam tidur yang lebih lama. Namun, presiden yang pernah tinggal di Indonesia ini rupanya merupakan orang yang suka begadang. Dilansir dari New York Times, beliau dikenal sering mengirim surel hingga larut malam, sering lewat 1 pagi, selama masa jabatannya di Gedung Putih.

Presiden Barrack Obama biasanya akan makan malam dengan istri dan putrinya pada pukul 6.30 malam. Kemudian, ia menuju kantor pribadinya untuk menghabiskan empat atau lima jam malam untuk bekerja di sana sendirian.

"Saya mungkin akan membaca briefing pappers atau mengerjakan paper atau menulis sampai sekitar jam 11.30 malam dan biasanya aku punya waktu setengah jam untuk membaca sebelum tidur, sekitar tengah malam, jam 00.30 pagi atau kurang," ungkapnya pada Jon Meacham, pemimpin redaksi Newsweek pada 2009.

4. Elon Musk hanya tidur kurang dari 7 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!telegraph.co.uk

Menjadi seorang inovator pengubah dunia seperti Elon Musk tampak melelahkan. Tak heran, ia hanya memiliki jam tidur singkat, sekitar 6-7 jam.

Pada pertengahan 2018 lalu, saat diwawancarai The New York Times, CEO Tesla tersebut mengaku telah bekerja selama 120 jam dalam seminggu. Ia juga tak menampik bahwa kadang kebiasaan workaholic dia tersebut memang sedikit mengganggu kesehatannya.

Ia bahkan melewatkan hari ulang tahunnya sendiri pada musim panas 2018 lalu dan hanya keluar beberapa jam dari pabrik untuk pernikahan saudara lelakinya. Jika Elon Musk benar-benar bekerja selama 120 jam per minggu, itu artinya Ia bekerja minimal 17 jam lebih setiap hari dalam seminggu. Wow!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Susah Tidur di Malam Hari, Awas Berbahaya!

5. Bill Gates selalu konsisten tidur selama 7 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!pambazuka.org

Menurut The Huffington Post, Bill Gates tidur 7 jam setiap malam mulai pukul 12.00-7.00 pagi. Pendiri Microsoft ini memang selalu menekankan pentingnya tidur setidaknya 7 jam untuk menjadi kreatif.

Pada 1997, ia mengaku iri dengan seseorang yang dapat tidur dalam jangka waktu singkat sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk belajar, bekerja, dan bermain.

6. Meski jadwal padat, Oprah Winfrey tetap tidur selama 8 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!wallpapersexpert.com

Dikenal sebagai seorang produser, aktris, sekaligus pebisnis, Oprah Winfrey memang menjalani kehidupan yang sibuk. Namun, ia masih dapat mematuhi jadwal tidur yang sehat.

Winfrey mengatakan kepada Hollywood Reporter pada 2017 bahwa Ia biasanya sudah berada di tempat tidur pada pukul 10 malam. Lalu, ia bangun secara alami sekitar pukul 6 pagi.

"Saya biasanya naik ke tempat tidur dan saya punya banyak jurnal di samping tempat tidur saya," kata Winfrey kepada Hollywood Reporter. "Hal terakhir yang saya lakukan sebelum tidur ialah menulis lima hal yang memberi saya kebahagiaan dan yang saya syukuri."

7. Jeff Bezos juga selalu tidur 8 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!nypost.com

Menjadi seseorang yang pernah menggeser Bill Gates dan bertengger pada posisi orang terkaya nomor satu di dunia, ternyata tak membuatnya memiliki jam tidur yang ekstrem.

Dalam sebuah wawancara dengan Thrive Global, Jeff Bezos memberikan rahasia dari tenaga yang tak kenal lelah, yaitu istirahat. "Delapan jam tidur membuat perbedaan besar bagi saya dan saya berusaha keras untuk menjadikan itu prioritas. Bagi saya, itulah jumlah yang dibutuhkan untuk merasa berenergi dan bersemangat."

8. Wow! LeBron James ternyata tidur selama 12 jam

Dari 4 hingga 12 Jam, Ini Jam Tidur 8 Orang Sukses Dunia!en.as.com

Tak ada yang meragukan kelihaian permainan LeBron James di pertandingan. Namun, di balik kesuksesannya, MVP NBA ini ternyata memiliki jam tidur yang cukup panjang. Ya, kamu tak salah baca.

Dilansir dari ESPN, ia memang tidur selama 12 jam. Hal ini tak begitu mengherankan. Menurut sumber yang sama, LeBron James bukan satu-satunya atlet yang menghabiskan setengah harinya untuk tidur.

Bintang tenis, Roger Federer juga melakukan hal yang sama. Tak hanya itu, pelari tercepat, Usain Bolt; bintang tenis, Venus Williams dan Maria Sharapova; serta mantan point guard NBA All-Stars, Steve Nash masing-masing tidur selama 10 jam sehari.

Nah, itu tadi beberapa jam tidur para orang sukses di dunia. Dari beberapa contoh jam tidur para orang sukses tersebut, kita bisa simpulkan bahwa tak ada durasi jam tidur yang eksak dan ideal bagi setiap orang. Setiap orang memiliki kebutuhan jam tidurnya masing-masing.

Bagaimana denganmu? apakah kamu memiliki jam tidur yang sama atau malah lebih lama? Tak masalah berapa pun jam tidurmu. Yang terpenting, selalu pastikan istitrahatmu cukup sehingga kamu bisa segar dalam menjalani hari. Tak masalah dengan durasi, namun yang tak kalah penting lagi, yaitu kualitas tidurmu.

Baca Juga: Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

Ken Kirana Photo Writer Ken Kirana

Setengah pekerja, setengah mahasiswa. Tapi bahagianya gapernah setengah - setengah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya