Comscore Tracker

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektual

Jangan malu lagi memulai pembicaraan

Dengan berbicara seringkali kita dapat menilai status sosial seseorang. Berbeda dengan menulis, berbicara memiliki faktor-faktor tersendiri sehingga kita dapat menilai apakah lawan bicara kita memiliki intelektual yang tinggi atau bahkan menilai status ekonomi mereka. Karena saat berbicara akan terlihat ekspresi wajah dan intonasi suara yang dapat memberikan tekanan dan arti yang tersirat dalam kalimat yang disampaikan.

Tidak sedikit orang yang kesulitan saat dihadapkan dengan situasi dimana mereka harus berbicara, baik hanya dengan satu orang atau bahkan dihadapan banyak orang. Bukan hanya karena rasa malu, tapi terkadang kita tidak percaya diri karena takut dianggap bodoh oleh lawan bicara. Sehingga pada akhirnya, tujuan dan aspirasi kita tidak bisa disampaikan.

Berikut beberapa tips buat kalian agar percaya diri untuk berbicara baik dalam situasi formal maupun informal sehingga kedepannya 'berbicara' bukan lagi hal menakutkan untuk dilakukan.

1. Perhatikan bahasa tubuh

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualevenesis.com

Agar terlihat cerdas bukan hanya sekedar dari pemilihan kata-kata saat berbicara, tetapi bahasa tubuh dan gestur juga harus diperhatikan. Baik dalam kondisi berdiri maupun sedang duduk, pastikan tubuhmu tegak dan rileks. Posisi tersebut akan memancarkan aura percaya diri dan kenyamanan saat berbicara ke lawan bicara kamu. Dan jangan lupa tatap mata lawan bicara kamu.

2. Hindari pilihan kata yang tidak berarti dan tidak masuk akal

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualdmarge.com

Saat berbicara, pemilihan kata yang tepat dan sesuai pada konteks kalimat sangat diperlukan. Terkadang orang memilih kata yang terlalu bertele-tele agar terkesan pintar dan intelektual, padahal kata tersebut bisa saja tidak tepat digunakan karena memiliki makna yang ambigu atau bahkan menjadikan kalimat tersebut tidak memiliki arti. Sehingga penggunaan kata akan sia-sia karena si pendengar tidak mengerti maksud kalimat tersebut.

Pemilihan kata dengan istilah yang memusingkan juga bisa membuat pendengar mengantuk karena terkesan seperti menghafal buku dan terdengar kaku.

3. Bicara dengan keras

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualstrategydriven.com

Bicara keras bukan berarti harus berteriak atau dengan nada tinggi yang berkesan galak. Namun, bicara dengan suara yang bisa terdengar dengan baik oleh lawan bicara kita. Berbicara keras dan penuh percaya diri akan membuat lawan bicara tertarik dengan isi pembicaraan kita dan juga sebaliknya akan memberikan kesan bahwa kita tertarik dengan pembicaraan lawan bicara kita.

4. Perhatikan intonasi yang digunakan saat bicara

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualjustincoulson.com

Untuk poin ini, kamu harus banyak berlatih mendengar suara sendiri. Memang terkesan narsis sedikit, tapi mendengar suara sendiri membantu kamu memahami suara kamu. Nantinya, kamu akan dapat mengatur intonasi yang tepat sesuai kebutuhan. Ekspresi dalam suara juga menjadi penting untuk ditambahkan, kalau suaramu terdengar datar bisa-bisa dikira robot sama lawan bicara kamu. Intonasi juga menjadikan lawan bicara tertarik untuk berbicara denganmu.

5. Jangan takut atau malu jika tidak mendapat respon dari pendengar

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualyouthmanual.com

Apabila lawan bicara tidak merespon pembicaraan kita, seringkali kita malu atau merasa tidak percaya diri. Begitu juga disaat kita melakukan melakukan paparan atau presentasi di depan banyak orang. Apabila penonton terlihat tidak tertarik dengan materi yang disampaikan, kita akan lebih grogi dan malu untuk melanjutkan presentasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita meninggalkan rasa malu yang ada dan harus tetap percaya diri, karena mungkin saja pendengar atau lawan bicara kita belum menangkap maksud dan tujuan yang kita sampaikan.

6. Jangan terjun ke topik yang tidak kamu pahami permasalahannya

6 Tips Mengubah Kebiasaan Bicara Kamu Agar Terkesan Intelektualdrinktank.org.au

Jika kamu hanya punya pengetahuan dasar akan suatu topik, maka jangan coba ikut-ikutan pembahasan terlalu dalam. Bukannya terdengar pintar, kamu akan semakin terlihat bodoh apabila salah sambung. Kamu cukup mendengar dengan seksama, karena info tersebut bisa jadi akan menambah pengetahuanmu.

Kenya Giovanni Photo Writer Kenya Giovanni

me.who.love.to.write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya