Comscore Tracker

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  

Menjadi produktif itu bisa dan sebaiknya dipelajari

Tiap orang punya waktu yang sama setiap harinya. Namun, beda orang beda pula caranya mengatur waktu. Ada yang suka let it flow, tapi ujung-ujungnya gak tahu deh flow ke mana. Ada juga yang harus buat jadwal dulu, tapi nantinya stress sendiri karena terlalu banyak kegiatan. Padahal, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa membuatmu produktif.

Jadi, anak muda zaman now harus bisa mengelola waktu dan tenaga sebaik mungkin. Hal ini bisa dimulai dengan pandai-pandai menjalani keseharian. Gak perlu pusing cari caranya, coba lakukan delapan kebiasaan baik yang bisa membuatmu produktif menjalani hari!

1. Bersyukur masih bisa bangun hari ini 

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi orang bangun tidur (unsplash.com/Joel Overbeck)

Jangan buru-buru pegang hape untuk cek notifikasi yang tertinggal selama tidur. Tarik dulu nafas dalam-dalam. Sadari bahwa kamu masih diberi kesempatan satu hari lagi untuk bangun dan menyambut hari baru.

Saking terbiasanya bangun di pagi hari, kita sering lupa bersyukur bahwa ini adalah salah satu pemberian Tuhan yang berharga di hidup kita. Kita masih bisa bangun untuk menjalani hari dan ketemu dengan orang yang kita sayangi.

2. Buat daftar hal yang akan dikerjakan 

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi membuat jadwal (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Sebagai anak kuliahan atau kantoran, yang namanya tugas dari dosen atau bos tidak pernah absen. Beda hari akan beda pula deadline tugas yang harus dikumpulkan. Kalau gak jeli dan teliti, bisa kewalahan nih dalam mengerjakannya.

Oleh karena itu, sebelum memulai aktivitas hari ini, buat dulu daftar hal yang harus dikerjakan. Pelajari cara manajemen waktu agar tidak ada lagi kerjaan tertunda. Tidak lupa, sempatkan untuk istirahat juga, ya.

3. Luangkan waktu untuk olahraga dan jiwa

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi olahraga (unsplash.com/elayas)

Ibarat mesin, kalau tidak rajin dirawat dan dibersihkan, lama kelamaan akan rusak dan butuh waktu serta tenaga untuk memperbaiknya. Hal tersebut juga berlaku buat tubuh kita ini.

Mengolah raga bisa dilakukan sesederhana jogging di pagi hari atau latihan angkat beban di gym. Sementara, meditasi dan menulis jurnal bisa bantu kamu untuk mengolah jiwa agar lebih tenang.

4. Fokus mengerjakan satu hal dalam satu waktu 

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi fokus pada pekerjaan (unsplash.com/crew)

Tugas yang banyak seringkali memaksa kita untuk kejar-kejaran dengan waktu. Tidak jarang, kita kerjakan tugas A,B, dan C di saat yang bersamaan. Harapannya, ketiga tugas tersebut bisa selesai lebih cepat.

Nyatanya, kebiasaan itu malah akan membuat tugas selesai lebih lama karena fokus terpecah ke beberapa tugas. Coba kerjakan satu hal dalam satu waktu. Kamu bisa fokuskan tenaga dan pikiran pada satu tugas, yang pastinya buat kerjaan cepat selesai.

Baca Juga: Makin Produktif, Ini 5 Cara Menghentikan Kebiasaan yang Buruk

5. Catat, jangan hanya sekadar diingat

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi orang mencatat (unsplash.com/kaleidico)

Sambil lalu lalang, kadang orang di kantor atau kuliah menyampaikan informasi penting. Kalo lagi gak fokus, kita bisa jadi lupa apa yang diomongin barusan. Alhasil, kita bingung sendiri dan harus tanya lagi.

Oleh karena itu, ada baiknya catat hal-hal penting segera setelah kamu tahu. Jangan hanya sekadar diingat. Itu gak akan bertahan lama. Lebih baik dicatat di hape atau notebook, agar bisa dicek lagi nantinya.

6. Cukupi kebutuhan air dan gizi 

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi makanan dan minuman bergizi (unsplash.com/carissagan)

Kalau lagi fokus-fokusnya pada hal yang kita kerjakan, seringkali kita lupa makan dan minum. Gol dalam pikiran adalah selesaikan dulu semuanya. Sayangnya, kebiasaan ini gak baik bagi tubuh yang bisa memperlambat produktivitas.

Minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dan mudah fokus. Selain itu, konsumsi makanan bergizi untuk bantu jaga tubuh tetap sehat.

7. Evaluasi apa yang terjadi hari ini 

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi orang merenung (unsplash.com/laurlenz)

Ada banyak kejadian dalam satu hari. Kalau sudah masuk kamar, coba ingat lagi semua hal tentang hari ini. Ketemu siapa, ada masalah apa, gimana kamu merespons, ingat lagi semuanya.

Kebiasaan ini akan bantu kamu untuk sadar akan keberhasilan dan kegagalan kecil yang terjadi sehari-hari. Nantinya, kamu bisa belajar dari pengalaman hari ini agar bisa lebih baik lagi di kemudian hari.

8. Tidur yang cukup untuk memulihkan energi  

8 Kebiasaan Ini Bakal Buat Kamu Jadi Lebih Produktif  ilustrasi orang tidur (unsplash.com/Tânia Mousinho)

Setelah seharian bekerja, badan dan pikiran pastinya sangat capek. Menguras tenaga dan ide sepanjang hari cukup habiskan banyak energi. Gak heran, saat malam tiba, kita cenderung mengantuk dan ingin segera menutup hari.

Ikuti apa yang tubuh kita mau. Kurangi main hape di malam hari. Ini bisa bantu kamu tidur lebih nyenyak yang nantinya bakal buat kamu punya energi full besok pagi.

Gak perlu bingung untuk cari tahu gimana caranya jadi produktif. Ikuti delapan kebiasaan ini secara rutin setiap harinya. Lakukan secara konsisten dan perhatikan bagaimana hidup kamu bisa jadi lebih produktif.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Positif Setelah Bangun Tidur, Bikin Makin Produktif

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya