Comscore Tracker

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertunda

Karena waktu tidak bisa diulang, manfaatkan sebaik-baiknya.

Setiap orang punya waktu yang sama dalam satu hari. Namun, hal ini tidak lantas membuat masing-masing orang bisa memanfaatkannya dengan baik. Contoh nyata adalah ketika seseorang bisa meraih sukses berkat fokus dalam menjalankan pekerjaan yang ditekuni, sementara ada pula mereka yang menyerah sedari awal dengan alasan tidak ada waktu.

Apakah benar memang tidak ada waktu? Seberapa sibuk aktivitasnya sehingga tidak memiliki waktu? Mengatur waktu adalah keahlian yang mau tidak mau harus dikuasai kalau mau mengerjakan setiap tugas tanpa ada yang terlewat.

1. Tulis dulu semua hal yang harus dikerjakan

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertundailustrasi orang menulis (unsplash.com/Kenny Eliason)

Ada banyak hal yang harus dikerjakan tiap harinya. Hal ini kadang membuat bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan semuanya di saat yang bersamaan, ada baiknya tuangkan dulu hal-hal tersebut dalam tulisan.

Tulis semua hal yang harus dikerjakan. Tidak perlu menulis secara rinci, namun pastikan bahwa kata kunci yang ditulis memudahkan untuk mengingat hal tersebut. Ingat kembali semuanya, jangan sampai ada yang terlewat. Biarkan pikiran istirahat sejenak dengan menguras semua beban pikiran ke dalam tulisan.

2. Tentukan mana yang paling mendesak, bisa ditunda, dan bisa dikerjakan orang lain

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertundailustrasi orang menulis ide (unsplash.com/firmbee)

Meski semua hal tampaknya penting dan harus segera dikerjakan, nyatanya hal tersebut tidaklah benar. Baca kembali semua hal yang sudah ditulis, dan mulai menilai berdasarkan tingkat kepentingannya. Apakah hal tersebut sangat mendesak untuk segera dikerjakan? Apakah hal tersebut bisa ditunda saat ini dan bisa dikerjakan di kemudian hari?

Pada beberapa kegiatan, hal tersebut tidaklah harus selalu dikerjakan sendiri. Apabila memang hal tersebut bisa diserahkan untuk dikerjakan pada orang lain, mengapa tidak? Waktu yang dimiliki bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain yang lebih mendesak.

3. Mulai membuat jadwal

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertundailustrasi orang membuat jadwal (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Membuat jadwal ibarat membuat sebuah rute menuju garis akhir. Tanpa adanya rute, seseorang akan bingung dalam melangkah, hingga akhirnya menjadi tersesat dan harus mulai lagi dari awal.

Tulis hal-hal mendesak yang dikerjakan, dan berikan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan hal tersebut. Dengan adanya "rute" ini, diharapkan waktu yang ada dapat digunakan dengan bijak untuk selesaikan tiap pekerjaan.

Baca Juga: 5 Sebab Susah Konsisten Belajar, Tidak Mengatur Jadwal!

4. Buat urutan kegiatan dengan estimasi waktu yang realistis

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertundailustrasi orang atur waktu (unsplash.com/lukechesser)

Kesalahan umum yang paling sering ditemukan pada seseorang yang baru saja membuat jadwal adalah estimasi waktu yang super singkat. Meski jadwal dibuat untuk jadi motivasi, hal tersebut bukan berarti bahwa kita harus irit dalam membagi waktu yang dimiliki.

Pemberian estimasi waktu yang realistis akan menambah motivasi untuk menyelesaikannya. Apabila ada waktu sisa, hal tersebut jauh lebih menyenangkan karena bisa digunakan untuk istirahat sejenak.

5. Evaluasi jadwal dan perbaiki di kemudian hari

5 Langkah Membuat Jadwal agar Tidak Ada Lagi Kerjaan Tertundailustrasi orang evaluasi (unsplash.com/lilartsy)

Tak ada gading yang tak retak. Tak ada jadwal yang sempurna pula. Tidak dapat dipungkiri bahwa kadang jadwal yang sudah dibuat tidak dapat terlaksana sepenuhnya. Ada saja hal tidak terduga yang terjadi, sehingga mengacaukan jadwal yang ada.

Daripada terlalu kecewa dan menyalahkan diri sendiri, lebih baik lakukan evaluasi pada jadwal yang sudah dibuat. Apa yang kira-kira membuatnya tidak berjalan dengan lancar? Apabila menghadapi hal serupa di masa mendatang, hal apa yang bisa dilakukan agar tidak mengalami kegagalan serupa?

Mulai membuat jadwal hari ini agar semakin hari semakin terbiasa untuk disiplin dalam mengelola waktu. Semua membutuhkan proses, termasuk menguasai keahlian ini. Dengan adanya jadwal, diharapkan tidak ada lagi kegiatan yang tertunda.

Meski jalan hidup masih panjang, waktu yang sama tidak bisa diputar kembali. Oleh karena itu, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar dapat menjalani hidup dengan seutuhnya.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Membuat Jadwal Belajar yang Efektif, Yuk Terapkan!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya