Comscore Tracker

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahu

Bermanfaat untuk diri sendiri dan juga sesama 

Istilah 'resolusi' sering kali kita temui saat menjelang akhir tahun. Banyak orang mulai buat perencanaan tentang apa yang hendak dikerjakan dan dicapai di masa mendatang. Meski demikian, tidak perlu menunggu akhir tahun untuk buat resolusi. Kita bisa membuat dan memulainya kapan saja. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila kita memiliki resolusi dalam hidup.

1. Kita jadi lebih tahu hidup kita mau dibawa kemana 

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahuilustrasi melihat jam (unsplash.com/Alexandr Podvalny)

Sebuah kapal yang berlayar tentunya sudah memiliki tujuan sedari awal. Hal ini akan membantu nakhoda untuk mengarahkan kapal tersebut sesuai dengan arah yang tepat.

Hal ini juga berlaku bagi kita dalam menjalani hidup. Sembari kita menjalani hari-hari, kita perlu memiliki arah dan tujuan. Hal tersebut akan membantu kita untuk menentukan ke mana kita akan melangkah dan menuju.

2. Kita jadi punya motivasi untuk lebih giat dalam bekerja 

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahuilustrasi fokus bekerja (unsplash.com/Tim van der Kuip)

Tidak bisa dipungkiri, ada momen dimana kita merasa jenuh dalam menjalani hidup. Kadang, kegagalan dan hal buruk bisa mematahkan semangat sehingga membatasi semangat untuk beraktivitas.

Hal ini akan beda cerita saat kita punya resolusi yang hendak kita capai dalam hidup. Dengan mengetahui apa yang kita mau, kita punya sebuah alasan untuk terus berjuang apa pun kondisinya. Tak heran, kita jadi memiliki daya juang yang lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Cara agar Resolusi Hidup Tercapai di Tahun yang Baru, Semangat!

3. Kita akan dituntut untuk senantiasa mengembangkan diri 

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahuilustrasi menerima kritik dan saran (unsplash.com/proxyclick)

Zaman terus berkembang dan kita secara tidak langsung harus belajar untuk menyesuaikan diri. Bila tidak dilakukan, jelas kita akan tertinggal dan susah untuk beradaptasi.

Dengan memiliki resolusi, akan ada hal yang 'memaksa' kita untuk terus belajar hal baru dan meningkatkan kualitas diri. Hal ini akan membantu kita dalam mengikuti zaman dan bertahan di tengah-tengah masyarakat.

4. Kita bisa memaknai hidup dengan seutuhnya 

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahuilustrasi travelling (unsplash.com/Bhupendra Singh)

Setiap orang bisa jadi memiliki caranya masing-masing dalam memaknai hidup. Meski demikian, semuanya tentu berharap bisa menjalani hidup dengan bahagia. Salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan menghidupi hidup ini dengan seutuhnya.

Hidup seutuhnya bisa dilakukan dengan tahu apa yang dimau, tahu bagaimana mengatasi kesusahan dalam hidup, dan sebagainya. Dengan memiliki resolusi, kita akan lebih terarah dalam memaknai hidup ini.

5. Kita memiliki peran untuk memberi dampak positif kepada sesama 

5 Manfaat Membuat Resolusi Hidup, Wajib Tahuilustrasi menolong (unsplash.com/anniespratt)

Dalam hidup bermasyarakat, kita akan mengalami banyak interaksi dengan sesama. Dari sekian banyak interaksi, alangkah baiknya bila kita bisa memberi pengaruh dan dampak positif pada orang-orang di sekitar kita.

Memiliki resolusi akan membantu tidak hanya untuk kita sendiri, namun juga untuk orang lain. Selain mencapai gol pribadi, orang di sekitar akan terinspirasi dari perjuangan kita sehingga kita bisa memberi dampak positif pada mereka.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita memiliki resolusi dalam hidup. Segera buat resolusimu hari ini dan jalani hidup seutuhnya.

Baca Juga: 7 Cara Mencapai Resolusi Hidup Sehat di Tahun Ini, Lawan Rasa Malasmu!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya