Comscore Tracker

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Senin

Hari ini sudah Senin, lho. Sudah siap?

Pernah gak sih ngerasa kalau weekend, tuh, cepet banget? Rasanya kemarin baru mulai, tahu-tahu udah mau selesai dan besok udah hari Senin lagi. Akhirnya, kita cenderung jadi lebih malas dan merasa terbebani.

Meski demikian, Senin tidak semenyeramkan itu kok. Ada berbagai cara agar kita bisa lebih siap menyambut datangnya hari Senin. Coba ikuti lima langkah ini. Dijamin bakal lebih percaya diri untuk hadapi hari Senin.

1. Benar-benar menikmati akhir pekan agar tidak ada penyesalan 

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Seninilustrasi hobi (unsplash.com/sweetpagesco)

Akhir pekan cuma dua hari. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan semaksimal mungkin. Lakukan hal-hal menyenangkan yang susah dilakukan saat hari kerja. Pergi bersama teman atau keluarga, melakukan hobi, menonton film, apa pun itu, lakukan sepuasnya.

Dengan demikian, akhir pekan jadi lebih berkesan sehingga tingkat stres bisa turun dan pikiran jadi lebih positif. Kita jadi lebih siap untuk menyambut hari Senin tanpa rasa malas ataupun terbebani.

2. Buat perencanaan untuk minggu depan untuk tahu apa yang mau dikerjakan 

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Seninilustrasi menulis catatan (unsplash.com/hannaholinger)

Ada lima hari yang akan dilalui di minggu depan. Hal-hal apa saja yang mau dilakukan? Kapan harus mengumpulkan tugas ini dan itu? Tenangkan pikiran dengan buat perencanaan untuk minggu depan. Tidak perlu secara detail, yang penting tahu apa dan kapan.

Hal ini akan membantu pikiran jadi lebih siap untuk menghadapi ragam pekerjaan di setiap harinya. Selain itu, kita tidak akan terbebani dengan kekhawatiran akan pekerjaan di hari yang lain.

Baca Juga: 5 Cara untuk Membuatmu Tidak Membenci Hari Senin, Mari Lakukan!

3. Secara khusus, persiapkan rencana kegiatan hari Senin dengan baik 

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Seninilustrasi mencatat (unsplash.com/hannaholinger)

Sebagai hari pertama dalam hari kerja, segala sesuatu yang terjadi pada hari Senin cenderung mewakili suasana hati dan performa kita selama empat hari berikutnya. Oleh karena itu, rencanakan kegiatan hari Senin dengan sebaik mungkin.

Berhasil menyelesaikan tugas-tugas pada hari pertama akan memotivasi diri kita untuk lebih siap dan tangguh untuk menuntaskan kelima hari kerja. Tugas-tugas berikutnya akan tampak lebih mudah. Hal ini karena kita telah berhasil lewati hari pertama.

4. Siapkan semua hal yang diperlukan di malam sebelumnya 

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Seninilustrasi memasukkan laptop ke dalam tas (unsplash.com/Andrew Neel)

Jangan tunggu mepet baru mulai persiapan. Manfaatkan waktu di malam sebelumnya untuk menyiapkan hal-hal apa saja yang akan diperlukan. Mulailah dengan membuat daftarnya dulu, untuk kemudian menentukan hari apa hal tersebut akan diperlukan.

Menyiapkan di malam sebelumnya akan membuat kita terhindar dari stres di pagi hari, yang kemudian berpengaruh pada suasana hati sepanjang hari. Selain itu, persiapan dari malam akan mencegah kita dari kemungkinan lupa.

5. Tidur lebih awal agar memiliki energi yang lebih maksimal 

5 Langkah agar Lebih Siap Menyambut Hari Seninilustrasi tidur (unsplash.com/lucaslafotografia)

Hari yang panjang hanya bisa diselesaikan dengan baik ketika kita punya energi yang cukup untuk melakukannya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendapatkan energi maksimal adalah dengan tidur.

Selesaikan kegiatan akhir pekan saat sore tiba, sehingga malam bisa santai. Jauhkan diri dari gadget  sehingga tidur bisa jadi lebih nyenyak. Pastinya, keesokan hari akan bangun dengan lebih berenergi dan pikiran yang lebih positif. 

Hari Senin sebenarnya adalah kesempatan bagi kita untuk menjadi lebih baik dibandingkan diri kita minggu lalu. Oleh karena itu, gunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Jadi, sudah siap untuk menjalani hari Senin?

Baca Juga: 5 Tips Atasi Monday Blues, Siap Halau Cemas di Hari Senin

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya