Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!

Karena hidup bukan untuk dibanding-bandingkan

Social comparison adalah suatu aadptasi sosial-kognitif yang seseorang lakukan dengan cara membandingkan dirinya dengan orang lain. Dikutip dari psychology.binus.ac.id, social comparison merupakan suatu proses dimana seseorang membandingkan kemampuan, pendapat atau sifatnya dengan orang lain (Buunk & Vugt, 2013).

Seseorang yang terus mengalami social comparison berpotensi mengalami depresi, minder, atau bahkan bipolar. Oleh karena itu kita perlu menghindari social comparison ini. Berikut beberapa cara dalam menghindari perilaku social comparison.

1. Menyadari bahwa tiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!ilustrasi menyadari kelebihan diri (unsplash.com/Brooke Lark)

Tidak ada satu pun manusia yang hidup dengan sempurna. Tiap-tiap dari kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu merasa tidak beruntung dalam satu hal, bukan berarti kamu tidak memiliki kelebihan sama sekali.

Ketika kamu mulai membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, segeralah sadari bahwa mereka juga tetap memiliki kekurangan. Hanya saja kamu mungkin tidak melihatnya sehingga kamu merasa bahwa kehidupannya begitu berjalan dengan baik.

2. Membiasakan diri untuk mengontrol emosi

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!ilustrasi marah (unsplash.com/Julien L)

Tak bisa disangkal jika emosi adalah salah satu faktor yang memengaruhi aktivitasmu sehari-hari. Emosi negatif dan positif akan datang silih berganti tanpa bisa kita prediksi sebelumnya. Namun kamu tetap bisa meminimalkan dampaknya dengan cara mengontrol setiap emosi yang datang.

Emosi yang buruk akan membuatmu semakin kesal dengan keadaan yang kamu alami. Jika kamu merasa sedang tidak baik maka alangkah lebih baik jika kamu berhenti sejenak dari segala aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Biarkan otakmu beristirahat sejenak agar dapat kembali berpikir positif.

Baca Juga: 5 Kerugian Saat Terjebak Social Media Comparison Trap

3. Jangan terlalu percaya pada media sosial

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!ilustrasi bermedia sosial (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Social comparison yang sering terjadi disebabkan oleh aktivitas bermain media sosial. Banyak dari kita yang masih menilai seseorang dari media sosialnya. Padahal apa yang mereka lihat di sosial media bukanlah sepenuhnya kehidupan asli.

Mereka mungkin saja hanya post keindahan dan kebahagiaan. Sisanya disimpan tanpa menunjukkannya ke media sosial. Oleh karena itu jangan terlalu percaya dengan apa yang kamu lihat di sosial media. Akan lebih baik jika kamu bisa menyortir tontonan mana saja yang layak untuk kamu konsumsi dan tidak menimbulkan rasa kurang dalam diri.

4. Berhenti untuk selalu mengikuti tren

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!ilustrasi mengikuti tren (unsplash.com/Nicola Styles)

Jaman yang semakin berkembang mengharuskan kita untuk terus mengikuti arus kelajuannya. Namun bukan berarti kita harus selalu mengikuti tren yang ada. Kita hanya perlu memperluas pandangan dan pikiran. Bukan mengikuti semua tren tanpa memedulikan efeknya.

Tidak ada yang menuntut kita untuk selalu mengikuti tren yang ada. Kamu hanya gengsi untuk ketinggalan tren. Padahal sebenarnya mengikuti bukanlah suatu kewajiban yang harus kamu penuhi. Terlebih jika tren itu mempunyai dampak negatif.

5. Fokus pada diri sendiri

5 Cara Menghindari Social Comparison, Mulai Terapkan!ilustrasi fokus pada diri sendiri (unsplash.com/jacksondavid)

Daripada membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain, lebih baik kamu mulai membenahi diri. Fokuslah pada apa yang ada pada dirimu. Kenali setiap kekurangan dan kelebihanmu. Dengan begitu maka kamu akan tahu seberapa bernilainya dirimu.

Hal ini juga bisa membuatmu lebih mencintai diri sendiri. Kamu akan merasa bahwa kamu juga mempunyai value yang tak kalah bagus dari orang lain. Jika kesadaran ini dapat kamu bentuk dengan baik maka kamu bisa terus berkembang tanpa melihat kelebihan orang lain sebagai ancaman.

Social comparison memang bukan hal baru bagi kehidupan kita. Namun sayangnya masih banyak yang menganggapnya sepele. Membiarkan social comparison terus terjadi di dalam hidupmu hanya akan membuat hidupmu menjadi tidak tenang. Oleh karena itu, yuk terapkan cara-cara di atas mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Cara Terhindar dari Social Media Comparison Trap, Tanamkan Self-Love

uma_ nihhh Photo Verified Writer uma_ nihhh

suka sama banyak hal, tapi ga suka kamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya