Comscore Tracker

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islam

Ingatkan atau tinggalkan #IDNTimesLife

Pertemanan yang tidak sehat membuat orang-orang saling menyebarkan isu buruk, atau bertindak jahat satu sama lain. Pertemanan yang sehat memiliki potensi untuk belajar dan berkembang. Sedangkan pertemanan tidak sehat malah cenderung posesif dan merasa terancam ketika ada pihak yang berkembang. 

Memilih teman menjadi hal wajib bagi kita untuk menghindari penyesalan di hari berikutnya. Ternyata ada doa khusus untuk dijauhkan dari teman yang tidak baik berdasarkan hadis Rasulullah, antara lain:

"Ya Allah , lindungilah aku dari teman yang menipu, matanya melihatku tapi hatinya mengawasiku, jika dia mengetahui kebaikanku disembunyikan, jika dia mengetahui keburukanku disiarkannya." (HR. Ibnu Hajar).

"Rasululllah SAW memberi peringatan kepada umatnya, ''Seseorang itu sesuai adat (tabiat) temannya, maka hendaklah kamu sekalian memperhatikan siapakah yang kau jadikan teman.'' (HR Abu Daud).  

Nah, artikel ini hadir untuk sedikit membantu kamu dalam memilih teman agar tidak salah pergaulan. Berikut ini sembilan sifat teman yang buruk menurut Islam.

1. Malas beribadah

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi orang sedang shalat (pexels.com/Monstera)

Seorang teman yang malas melakukan ibadah, akan memengaruhi dirimu. Faktor ini patutnya kamu jadikan pertimbangan dalam memilih teman. 

Bayangkan ketika kamu sedang bersamanya, dia menyepelekan waktu ibadah dan tanpa sadar kamu ikut larut dalam suasana itu, sehingga lupa beribadah. Hal itu lama kelamaan bisa membuatmu terbiasa melalaikan ibadah karena merasa ada teman yang lalai juga. 

Orang yang lalai ibadah merupakan salah satu ciri orang munafik. Sebagaimana firman Allah:

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas" (QS. An-Nisa: 142).

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan menuruti hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.” (QS. Maryam: 59-60.

Orang yang taat beribadah diharapkan bisa menuntunmu menjadi pribadi yang taat dan semakin takut kepada Allah SWT.

2. Egois

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi orang sedang marah (pexels.com/Moose Photos)

Egois merupakan faktor utama dari segala penyakit hati dan sifat buruk. Dia berusaha menuruti keinginan untuk membuatnya nyaman dan aman. Orang yang memiliki sifat ini biasanya diiringi sifat mudah tersinggung dan tersulut amarah.

Dalam situasi yang sulit, ia tega merugikan orang lain demi kepentingan sendiri. 

Allah telah menyebut sifat tercela ini di dalam Al-Qur’an:

“Sesungguhnya manusia diciptakan keras kepala – putus asa ketika hal-hal buruk terjadi, menyesali ketika hal-hal baik datang.” (QS. Al-Ma'arij:19--21).

Nabi Sulaiman AS memberi wejangan kepada anaknya: 

“Wahai anakku, tinggalkanlah mira’ (jidal, mendebat karena ragu-ragu dan menentang) itu, karena manfaatnya sedikit. Dan ia membangkitkan permusuhan di antara orang-orang yang bersaudara.” [Syu’abul Iman: 8076 Al-Baihaqi, cetakan pertama, Darul Rusdi Riyadh, Asy-syamilah]

Alangkah baiknya ingatkanlah temanmu yang memiliki sifat ini, atau tinggalkan jika tidak bisa diingatkan, karena kamu akan selalu berada diposisi sulit hanya untuk memenuhi kepentingannya. Si egois tidak memikirkan keadaan orang lain.

3. Sering berbohong

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi boneka Pinocchio (unsplash.com/Jametlene Reskp)

Berkata bohong memang selalu menjadi api dalam setiap hubungan. Termasuk juga hubungan pertemanan. Pondasi awal yang harus dimiliki seseorang adalah berkata jujur.

Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an surat At-Taubah ayat 119:

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur”.

“Dari ‘Abdullah bin Mas’ud r.a., ia berkata, Rasulullah saw. Bersabda, ‘Kalian harus jujur, karena kejujuran itu menunjukkan pada amal kebaikan, dan amal kebaikan menunjukkan kepada surga. Dan, orang itu akan tetap berkata jujur, dan memilih untuk jujur sehingga ia dicatat di sisi Allah sebagai orang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berdusta (berbohong), karena berdusta (berbohong) itu menunjukkan kepada kemaksiatan (kejahatan), dan kemaksiatan (kejahatan) itu menunjukkan kepada neraka. Dan orang itu akan tetap berdusta (berbohong), dan memilih untuk berdusta (berbohong) sehingga dicatat di sisi Allah sebagai pendusta (pembohong).” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Tirmizi)

Untuk itu, mari mulai sekarang menumbuhkan sifat jujur mulai dari diri sendiri, kemudian mengingatkan orang-orang terdekat. Memiliki teman yang jujur berarti dapat memberi tahumu mana hal buruk dan baik.

Baca Juga: 9 Nama dan Tugas Setan dalam Islam, Jangan Tergoda!

4. Tidak bisa dipercaya/suka ingkar janji

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi anak mengintip (unsplash.com/Bady Abbas)

Menurut Islam, dalam memilih teman sebaiknya yang tidak suka ingkar janji. Sifat amanah seorang teman akan meminimalisir kewaspadaan satu sama lain.

Allah berfirman, “Sebenarnya barang siapa yang menepati janji dan bertakwa, maka sungguh, Allah Mencintai orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali 'Imran:76).

Ayat tersebut menerangkan bahwa ketika kita selalu menepati janji dan bertakwa kepada Allah, maka Allah akan mencintai kita. 

Dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapat laknat Allah, malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan” (HR. Bukhari, 1870, dan Muslim, 1370).

Secara singkat, kamu akan merasa damai saat memberi kepercayaan pada teman yang amanah.

5. Mudah memutus silaturahmi

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi peperangan (unsplash.com/Hasan Almasi)

Dalam aspek pertemanan, kamu perlu memiliki teman yang mudah bergaul dan rutin menjalin silaturahmi. Tak terkecuali di era pandemik yang masih dapat berlangsung meskipun belum bisa bertatap muka.

Pentingnya silaturahmi dalam Islam ditegaskan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya dengan memberi ancaman kepada siapapun yang memutus silaturahmi. Diriwayatkan oleh Jubair bin Muth'im, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan masuk surga orang yang memutus (silaturahmi)." (HR. Imam Bukhari).

Dari Aisyah ra. dari Nabi SAW bersabda, “Orang yang paling dibenci Allah ialah orang yang paling suka bermusuhan.” (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak dibenarkan bagi seorang Muslim untuk meninggalkan saudaranya (tidak mengajak berbicara karena benci) lebih dari tiga hari." (HR Muslim).

Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin diperluas rezekinya dan ditambah umurnya, hendaklah dia menyambungkan hubungan kekeluargaan (silaturahmi)." 

Jadi, pilihlah teman yang senantiasa menjaga kerukunan, kedamaian, dan suka menyambung silaturahmi dengan semua orang. Sehingga nantinya hubungan pertemanan akan terus terjaga baik.

6. Bermuka dua

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi orang memakai topeng (unsplash.com/Tom Roberts)

Sifat bermuka dua juga salah satu sifat orang munafik. Orang munafik cenderung tidak teguh pendirian. Seperti ayat berikut ini:

"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman mereka berkata: 'Kami telah beriman'. Tetapi apabila mereka berjumpa kembali dengan setan-setan mereka berkata: Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok" (QS. Al-Baqarah ayat 14).

Hati-hati ya dengan sifat tipe ini, karena bisa menjerumuskan pada adu domba, lho. Ngeri.

7. Sombong/riya'

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi orang banyak uang (unsplash.com/Mathieu Stren)

Padahal seorang manusia harusnya merasa lemah serta rendah diri di hadapan Allah SWT sebagai penguasa seisi alam. Dalam surat Luqman ayat 18 Allah berfirman: 

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS. Luqman: 18). 

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk tidak berteman dengan orang-orang sombong. Rasulullah bersabda: 

“Apabila kamu berjumpa dengan seseorang yang memperturutkan sifat pelit, mengumbar hawa nafsu, mengutamakan dunia, dan selalu membanggakan pendapatnya sendiri, maka selamatkan dirimu.” (At-Tirmidji)

Peringatan Allah SWT juga tertera dalam surat Al Anfal ayat 47 yang artinya: 

“Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya kepada manusia, dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa yang mengambil syaitan itu menjadi temannya, maka syaitan itu adalah teman yang seburuk-buruknya."

8. Bangga dengan dosa yang diperbuat

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi segelas wine (unsplash.com/Terry Vlisidis)

Dosa yang diperbuat merupakan aib. Sebagai seorang muslim, kita harus menguburnya dengan taubat dan bersumpah tak mengulangi lagi. Namun bagi orang yang malah membanggakan dan membenarkan perbuatannya itu sungguh tidak baik. Hal tersebut tercantum dalam ayat berikut ini:

"Dia (Allah) berfirman, "Dan kepada orang yang kafir dan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali" (QS. Ali 'Imran: 126).

Firman Allah tentang para pendosa, “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.” (QS. Al-Mu'minun:108)

9. Dengki

9 Sifat Teman yang Sebaiknya Kamu Jauhi Menurut Islamilustrasi pertemanan anak-anak (unsplash.com/Siddhant Soni)

Perbuatan tercela lain yang tidak seharusnya dimiliki dalam pertemanan adalah dengki. Sifat dengki tidak ditampakkan oleh pemiliknya, namun efeknya bisa menimbulkan perilaku buruk lainnya seperti gibah dan fitnah. 

"Jika kamu memperoleh kebaikan, (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun. Sungguh, Allah Maha meliputi segala apa yang mereka kerjakan." (QS. Ali 'Imran ayat 120).

“Dari Anas, bahwa Rasulullah SAW (beliau) bersabda: “Kedengkian akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar, dan sedekah akan menghapus kesalahan sebagaimana air dapat mematikan api. Sholat adalah cahaya seorang mukmin, sedangkan puasa adalah perisai dari api neraka.” (HR. Ibnu Majah).

Demikianlah sembilan sifat yang harus kamu waspadai dalam memilih teman menurut Islam. Sebaiknya kita selalu berusaha untuk menjaga hubungan pertemanan yang sehat, ya!

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 5 Dampak Buruk Rasa Iri Menurut Islam

khurotu dini Photo Writer khurotu dini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya