Comscore Tracker

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!

Ternyata bahasa maaf orang berbeda-beda

Beberapa dari kamu mungkin sudah mengetahui 5 bahasa cinta dari Gary Chapman. Ternyata, selain bahasa cinta, Gary Chapman juga merumuskan 5 bahasa permintaan maaf lho! 

Menurutnya, setiap orang memiliki bahasa maaf yang berbeda-beda. Apabila tidak saling memahami bahasa maaf masing-masing, hubungan bisa bermasalah. Lantas apa saja bahasa permintaan maaf ini? Yuk, kita cek!

1. Mengekspresikan penyesalan

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!hancinema.net

Bahasa permintaan maaf ini berfokus pada luka emosional yang kamu alami karena perilaku orang lain. Secara tak sadar, kita ingin orang tersebut memperlihatkan rasa menyesalnya kepada kita.

Kamu yang punya bahasa maaf ini, mungkin ingin mendengar kalimat seperti, "Aku menyesal telah menyakitimu", atau "Aku seharusnya tidak melakukan hal tersebut". Semua kalimat ini menunjukkan perasaaan bersalah.

2. Menerima tanggung jawab

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!hancinema.net

Bahasa permintaan maaf ini mengharuskan orang yang meminta maaf untuk mengakui bahwa mereka salah dan menerima tanggung jawab atas kesalahannya. Hal ini mungkin terdengar mudah, padahal gak banyak orang yang bisa mengakui dirinya salah.

Kalau ini bahasamu, mungkin kamu ingin mendengar orang lain berkata "Aku yang salah" tanpa embel-embel penjelasan. Ketika seseorang tersebut berusaha mencari alasan, kamu merasa dia tak mau menerima tanggung jawab dan memilih mencari pembenaran.

3. Mengungkapkan pertobatan

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!hancinema.net

Bahasa permintaan maaf ini, berfokus pada bagaimana orang yang meminta maaf akan mengubah perilaku mereka di masa mendatang. Kamu tidak ingin terjebak di masa lalu dan lebih ingin memastikan dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Apabila ini bahasa maafmu, kamu mungkin ingin mendengar kalimat seperti "Aku tidak akan melakukannya lagi" atau "Apa yang harus aku ubah agar kesalahan ini tidak terjadi lagi?". Pokoknya, kamu ingin memastikan mereka bertobat untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga: Pahami 5 Bahasa Cinta Ini Supaya Kamu Lebih Pengertian!

4. Ganti rugi

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!hancinema.net

Bahasa permintaan maaf ini membuatmu ingin mendapatkan tindakan nyata setelah dirugikan oleh orang lain. Kamu tidak ingin berfokus pada kesalahan yang sudah terjadi dan memilih realistis untuk menerima ganti rugi.

Apabila ini adalah bahasa maafmu, kamu mungkin ingin mendengar kalimat serupa, “Apa yang dapat kulakukan untuk membuatmu lebih baik?". Kalimat ini menunjukkan adanya perubahan dan ganti rugi atas kesalahan yang telah dibuatnya.

5. Memohon pengampunan

5 Macam Bahasa Permintaan Maaf, Pahami Agar Hubunganmu Tak Bermasalah!hancinema.net

Bahasa permintaan maaf ini adalah tentang meminta maaf dan memberinya ruang untuk memutuskan apakah mereka memaafkanmu. Umumnya, bahasa maaf ini juga diawali dengan ungkapan penyesalan atau pertobatan.

Apabila ini bahasa maafmu, kamu ingin mendengar kalimat serupa, "Aku harap kamu memaafkanku". Kalimat itu tidak memaksamu untuk memaafkannya, namun justru kamu luluh karena ia menghargai keputusanmu.

Itu tadi 5 bahasa permintaan maaf yang dimiliki manusia. Yuk, coba komentar di bawah ini dengan bahasa maaf milikmu!

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Meminta Maaf, Bisa Dikira Gak Tulus Lho!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya