Comscore Tracker

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!

Mana yang pernah kamu rasakan?

Ada banyak bentuk penyesalan dalam hidup. Ketika seseorang beranjak dewasa, ia melihat kembali jalan yang mereka tempuh dan menyesal karena pernah melakukan sesuatu yang berdampak buruk untuk diri mereka sekarang. Namun, ada juga yang menyesal karena gak melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan di masa lampau.

Berikut penyesalan paling umum dalam kehidupan dan bisa dialami semua orang. Jangan-jangan, kamu sudah merasakan beberapa di antaranya ya?

1. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk khawatir

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!pexels/pixabay

Apakah kamu orang yang selalu khawatir? Memang dalam hidup, kita pasti punya masalah. Tapi, ketika kita menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan masalah tersebut, tentu hidup gak bakal jadi menyenangkan. Terkadang, kita perlu berhenti khawatir dan lakukan saja apa yang dirasa baik.

Kalau ternyata keputusanmu salah, setidaknya kamu tahu bahwa itu salah dan bisa memperbaikinya kembali. Yang jelas, kamu gak bakal bisa maju kalau cuma khawatir dan overthinking.

2. Gak berani mengekspresikan perasaan yang sebenarnya kepada orang yang dicintai

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!pexels/immortalshots

Penyesalan paling umum lainnya adalah gak berani mengekspresikan perasaan yang sebenarnya kepada orang yang dicintai. Banyak banget hubungan yang berakhir buruk karena masing-masing tidak saling memahami apa yang dirasakan. Ada yang gengsi untuk mengekspresikan perasaan, ada yang gak berani, dan ada juga yang menyerah duluan sebelum sempat mengekspresikan perasaannya.

Ekspresi cinta ini bisa macam-macam, lho! Bisa untuk hubungan asmara, pertemanan, hingga keluarga. Banyak banget anak yang menyesal karena gak pernah mengekspresikan rasa sayangnya ke orangtua, namun sang orangtua sudah telanjur pergi dari dunia.

3. Terlalu peduli tentang apa yang dipikirkan orang lain

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!pexels/fauxels

Sebagai mahluk sosial, kita hidup dikelilingi orang-orang yang selalu berinteraksi dengan kita. Mereka bakal banyak berkomentar dan menilai hidup kita, seolah-olah mereka paham banget apa yang sedang kita alami saat ini.

Memang kita gak apa-apa menerima pendapat dari orang lain. Namun, kitalah yang tahu apa yang kita alami dan berhak memutuskan hidup kita sendiri. Kalau kita hidup dengan terus-terusan bergerak berdasarkan apa yang dikatakan orang lain, hidup kita gak bakal bahagia. Ingat, kita gak bisa membahagiakan semua orang!

Baca Juga: 8 Penyesalan yang Selalu Muncul Setelah Traveling

4. Gak mengikuti intuisi dan kata hati

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!unsplash/Anthony Tran

Apakah kamu tipe orang yang lebih mengikuti logika atau kata hatimu? Banyak banget orang yang hidup realistis dan bergerak berdasarkan logika. Bukan berarti mereka gak punya intuisi, namun mereka mengabaikan kata hati mereka karena terasa tidak realistis. 

Di dunia ini, terkadang ada hal-hal yang memang gak bisa dijelaskan berdasarkan logika dan nalar kita. Oleh karena itu, kita punya intuisi dalam mengambil keputusan. Yang jelas, terkadang intuisimu malah membawamu ke jalan yang benar lho!

5. Gak sepenuhnya hidup di masa sekarang dan menikmati yang hari ini

5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!Pexels/Tirachard Kumtanom

Penyesalan ini sering dialami oleh mereka yang terlalu sibuk mengejar masa depan. Tentu kita ingin memiliki masa depan yang baik. Namun, apa arti masa depan yang baik kalau kita akhirnya gak menikmati masa sekarang?

Banyak banget yang terlalu sibuk bekerja, menyesal karena gak menikmati hidup. Seluruh hidup mereka didedikasikan untuk bekerja tanpa sadar bumi terus berputar. Tiba-tiba saja, mereka sudah melewatkan banyak momen penting yang gak bisa mereka alami kembali.

Demikian penyesalan paling umum dalam kehidupan. Apabila sudah merasakan beberapa di antaranya, kamu masih punya banyak waktu untuk memperbaiki penyesalanmu. Jangan terlalu lama hidup dalam penyesalan, namun bergeraklah dan jadikan itu sebagai pelajaran!

Baca Juga: 7 Penyesalan Ini Akan Kamu Rasakan Ketika Lulus Kuliah

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya