Comscore Tracker

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Jangan sampai kamu punya hutang karma ya!

Apakah kamu merasa hidupmu selalu tertimpa kemalangan? Atau mungkin, kamu selalu merasa gelisah dan ketakutan? Kalau kamu mengalami hal ini, mungkin kamu mempunyai karma buruk atas tindakanmu di masa lalu.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk melepas karma buruk dan mulai hidup lebih bahagia? Berikut caranya!

1. Tulis surat atau hubungi mereka yang pernah kamu sakiti di masa lalu

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagiaimdb.com

Kita tidak bisa menghilangkan perbuatan buruk yang sudah terjadi di masa lalu. Meskipun begitu, bukan berarti kita gak bisa melakukan apa pun untuk membuat keadaan lebih baik. Setidaknya, kita harus menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf kita.

Hubungi dia yang pernah terluka karena tindakanmu dan ungkapkan permohonan maafmu dengan tulus. Apabila ia mengampunimu, kamu akan merasakan kelegaan yang menjadi tanda terhapusnya hutang karmamu.

Lantas, bagaimana kalau orang yang kamu sakiti tersebut sudah tidak ada? Kamu bisa menulis surat sebagai pelampiasan penyesalanmu. Percayalah alam semesta akan mendengarmu dan menyampaikan permohonan maafmu itu kepadanya.

2. Berikan cinta pada semua orang, termasuk musuhmu

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagiahancinema.net

Mencintai seseorang yang juga mencintaimu adalah hal yang mudah. Namun, bagaimana kalau kamu disuruh mencintai musuhmu sendiri? Kamu mungkin lebih berharap ia menderita daripada bahagia.

Ternyata, mencintai musuh adalah salah satu langkah untuk menghapus karma buruk. Mencintai seseorang yang telah membuat kita terluka, jadi tanda jika kita punya hati nurani yang bersih. Pada akhirnya, cinta yang kita beri juga akan kembali kepada diri kita.

3. Belajarlah menjadi sosok yang sabar!

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagiahancinema.net

Banyak dari kita lebih senang akan hal yang instan daripada berproses. Kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti? Padahal, ternyata banyak hal yang bisa kamu pelajari dalam proses menunggu dan bersabar. 

Apabila ingin memulai dari awal dan menciptakan karma baik dalam hidup, kamu perlu belajar bersabar. Kamu tak bisa berubah menjadi seorang malaikat dalam waktu semalam! Pelan-pelan, kamu mampu mendatangkan lebih banyak hal positif dalam hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Main-main dengan Karma Buruk

4. Belajar dari pengalaman negatif ataupun positif

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagiahancinema.net

Pelajaran itu selalu ada, baik di lembah terendah maupun di pegunungan tertinggi. Kita hanya perlu membuka mata dan telinga untuk pelajaran tersebut. Semua pelajaran inilah yang akan membentuk kita menjadi sosok yang lebih baik.

Kamu juga tidak perlu merasa malu dan tidak berharga hanya karena masa lalumu yang buruk. Cukup ambil pelajaran dari pengalaman tersebut dan mulailah menjalani hidup yang lebih terarah. Karma baik akan perlahan-lahan muncul tanpa kamu sadari.

5. Berpikir jernih dan positif

5 Cara Menghapus Karma Buruk untuk Hidup yang Lebih Bahagiahancinema.net

Kekuatan berpikir positif adalah fondasi besar untuk bisa menciptakan hidup yang baik. Kamu mungkin terus berpikir negatif sebagai mekanisme pertahanan dari bahaya. Padahal, ketika melakukannya, kita juga akan selalu merasa hidup kita dalam bahaya.

Jangan biarkan pikiran negatif mengendalikan hidupmu! Belajarlah untuk berpikir jernih dengan pandangan yang lebih positif. Pelan-pelan, hal-hal yang positif juga akan menghampirimu kok!

Itu tadi 5 cara menghapus karma buruk yang bisa kamu lakukan. Semoga hidupmu bisa menjadi lebih indah dan bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memutus Hubungan Karma dengan Seseorang

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya