Comscore Tracker

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!

Jangan sampai bikin teman curhatmu capek

Ketika sedang menghadapi kegundahan, curhat dengan orang yang tepat bisa membuat kita merasa lega. Meskipun begitu, apakah selama ini kamu sudah melakukan curhat yang sehat? Pasalnya, curhat yang gak sehat bisa membuat pendengarmu merasa lelah, lho.

Lantas bagaimana bentuk curhat yang sehat itu? Yuk kita simak!

1. Fokus pada masalah utama, bukan lompat-lompat ke masalah lainnya

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!imdb.com

Siapa yang kalau curhat sering banget gak fokus dengan satu permasalahan? Ketika tengah berbicara, kamu merasa ada topik yang menarik dibahas dan akhirnya topik curhat berganti. Ujung-ujungnya, setelah bercerita, kamu bingung, inti permasalahanmu apa?

Nah, kalau kamu saja bingung dengan ceritamu sendiri, orang yang mendengar pun bakal bingung lho! Akhirnya setelah curhat kamu merasa kurang puas, sedangkan pendengarmu sudah lebih dulu lelah mendengar.

2. Tidak mengulang-ulang masalah yang sama

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!hancinema.net

Selain curhat gak fokus, seringkali kita juga mengulang-ulang cerita yang sama. Mungkin saja, kamu mengulang-ulang untuk menegaskan masalah, atau gak merasa puas dengan curhat sebelumnya. Padahal, temanmu yang mendengarnya bisa merasa lelah, lho.

Mengulang masalah yang sama serupa dengan mengulang kesalahan yang sama. Sekali dua kali sih gak apa. Tapi kalau dari dulu masalahnya itu-itu aja, temanmu bisa berpikir kamu gak berkembang.

3. Bercerita dengan netral

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!hancinema.net

Saat bercerita, sering kali kita memposisikan diri kita sebagai sang protagonis. Kita tidak ingin terlihat buruk dan akhirnya bisa mencampurkan opini hingga fakta semu untuk memperkuat cerita.

Kalau kamu sering melakukan ini, curhatmu jadi gak sehat, lho. Bercerita tidak netral bisa membuat orang lain salah paham. Gak hanya itu, masalahmu yang tadinya sederhana malah bisa menjadi lebih rumit karenanya.

Baca Juga: Dikenal Bijak, 5 Zodiak Ini Cocok Dijadikan Teman Curhat

4. Terbuka akan sudut pandang lain dari pendengar

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!hancinema.net

Saat kamu bercerita tentang masalahmu pada orang lain, jangan bersikap defensif dan keras kepala. Kamu juga perlu terbuka dengan sudut pandang lain dari sisi pendengarmu. 

Mendengar sudut pandang lain bisa membuatmu lebih netral dalam melihat suatu masalah. Selain merasa lebih lega, kamu pun akhirnya juga bisa lebih bijak dalam mencari solusi permasalahanmu.

5. Mau mengakui kesalahan

Suka Curhat? Yuk Cek 5 Ciri Curhat yang Sehat Berikut!dramabeans.com

Melanjutkan poin sebelumnya, saat curhat kamu bisa disadarkan pendengarmu akan kemungkinan adanya kesalahan yang kamu lakukan. Kamu pun juga harus berani mengakui bahwa kamu salah.

Tidak ada gunanya terus merasa dirimu korban. Teman curhatmu pun bakal lelah dan merasa kamu terlalu keras kepala. Dia bisa merasa kamu memang pantas mengalami masalah terus-menerus, karena gak pernah mau mengakui kesalahan.

Itu tadi 5 ciri curhat yang sehat. Jadi, selama ini apakah curhatmu sudah sehat atau belum?

Baca Juga: Apakah Kamu Adalah Teman Curhat yang Baik?

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya