Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa Depresi

Lakukan supaya bisa lebih bahagia!

Depresi memang terasa berat. Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus selalu terperangkap dalam kemurungan dan gak bisa bernapas lega. Sesungguhnya ada kegiatan yang bisa kamu lakukan supaya bisa lebih lega ketika merasa depresi.

Berikut hal positif yang bisa membantumu lega saat merasa depresi. Apa sajakah itu?

1. Membuat jurnal atau diary

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa Depresipexels/pixabay

Ketika harimu terasa berat dan tidak memiliki tempat bercerita, kamu bisa lho mencurahkan perasaan dalam jurnal atau diary pribadimu. Menulis diary melatihmu untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan yang tentu akan membuatmu lebih merasa lega.

Apabila tak terbiasa menulis diary setiap hari, kamu bisa memulainya dengan menulis saat hari terasa berat. Suatu hari, ketika kamu sudah terlepas dari depresi dan membaca diary-mu kembali, kamu akan tersenyum mengenang masa-masa kelam tersebut.

2. Membersihkan atau mendekorasi kamar

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa Depresipexels/Nathan

Kamu juga bisa membersihkan kamarmu apabila sedang merasa depresi. Ada pepatah bahwa kamar adalah jiwamu. Makanya, kalau kamarmu terasa suntuk dan berantakan, kamu cenderung rentan merasa depresi.

Selain itu, kamu juga bisa mendekorasi kamarmu untuk mengubah suasana. Kalau kamarmu terlihat lebih menarik, tentu kamu bakal lebih merasa tenang dan bahagia. Ini langkah awal yang baik untuk mengurangi depresi.

3. Mendengarkan musik

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa Depresipixabay/sweetlouise

Apabila kamu malas untuk melakukan hal-hal aktif untuk menghilangkan depresi, kamu bisa sekadar mendengarkan lagu supaya lebih lega. Mendengarkan lagu itu efektif untuk meredakan stres dan menetralkan pikiran ketika sedang overthinking.

Kamu bisa mendengar lagu apa pun yang kamu senangi. Bahkan, kamu juga bisa banget mendengar lagu yang sedih. Apabila mendengarkan lagu sedih, kamu akan dipacu untuk mengeluarkan emosi terpendam dalam hatimu yang akan membuatmu lega.

Baca Juga: 7 Cara Sehat Menyembuhkan Depresi tanpa Obat-obatan, Mudah Kok!

4. Jalan-jalan ke alam terbuka

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa Depresiunsplash/Killianpham

Apabila punya budget lebih, kamu bisa banget melakukan short escape untuk menghilangkan penat. Pergilah ke alam terbuka yang dipenuhi berbagai tumbuhan terutama pohon.

Menurut Taoisme, ilmu filosofis dari China, pohon memiliki kekuatan untuk menyerap energi negatif dan menukarnya dengan energi positif. Makanya, banyak orang senang pergi ke alam terbuka saat sedang merasa depresi.

5. Menangis

5 Hal Positif yang Bisa Membantumu Lega Saat Merasa DepresiUnsplash/Claudia Wolff

Terakhir, kamu sangat boleh menangis ketika merasakan depresi. Hal ini mungkin terdengar mudah dan alamiah, namun banyak orang sulit banget melakukannya.

Ketika merasa depresi, banyak orang memilih untuk menahan emosi dan perasaan daripada mengeluarkannya. Padahal, emosi dan perasaan negatif tersebut gak bakal hilang dengan hanya menyembunyikannya.

Makanya, menangis menjadi jalan terbaik untuk mengeluarkan emosi dan perasaan negatif tersebut. Kamu pasti akan merasa lebih lega.

Demikian 5 hal yang bisa membantumu lega saat merasa depresi. Jangan sampai rasa ini terus membunuhmu, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Sedih dan Depresi, Serupa tapi Tak Sama Lho!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya