Comscore Tracker

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! 

Biar gak bosan meski #dirumahaja

Pandemik COVID-19 mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Kini, kita lebih banyak beraktivitas di rumah sebagai upaya mengurangi penularan penyebaran virus. Hal ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan baru.

Berdasarkan siaran pers dari Tokopedia, ada 5 keterampilan yang bisa kita latih selama #dirumahaja. Berikut daftarnya!

1. Memasak

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! Unsplash.com/Jesús Terrés

Memasak adalah keterampilan penting untuk bertahan hidup. Selain untuk mengenyangkan perut, kita bisa menjaga asupan gizi ke tubuh karena terampil memasak. Bahkan, keterampilan ini juga bisa menjadi peluang bisnis.

Kamu bisa meningkatkan keterampilan memasakmu dengan mencoba berbagai resep baru yang tersedia di internet. Lebih hebat lagi, kamu bisa berkreasi sendiri sesuai dengan insting dan seleramu.

2. Berkebun

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! unsplash.com/b3njamin

Kalau kamu punya lahan di rumah, kamu juga bisa meningkatkan keterampilan berkebun di tengah pandemi. Dengan berkebun, kita bisa aktif bergerak. Selain itu, kita juga mampu menyumbang tambahan oksigen di sekitar kita.

Apabila kamu tidak memiliki cukup lahan di rumah, kamu bisa memulai berkebun dengan merawat tanaman secara sederhana. Gunakan pot, pipa PVC, hingga botol plastik bekas sebagai media tanam, ya!

3. Crafting

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! unsplash.com/Annie Spratt

Membuat kerajinan tangan di rumah bisa menjadi alternatif aktivitas untuk mengasah kreativitas. Kamu bisa membuat papercraft, dekorasi menarik, hingga merombak ulang benda-benda di rumahmu.

Kalau kamu tertarik untuk membuat keterampilan, tapi bingung membuat apa, kamu bisa mampir ke kanal DIY IDN Times. Ada banyak banget inspirasi DIY menarik yang bisa kamu lakukan!

Baca Juga: 9 DIY Sarung Bantal yang Bikin Penampilan Ruang Tamu jadi Makin Cantik

4. Bahasa asing

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! ied.eu

Menguasai bahasa asing adalah keterampilan yang sangat penting untuk karier kita. Oleh karena itu, selagi banyak di rumah, kita bisa berlatih berbagai bahasa yang belum kita kuasai.

Tenang saja! Era digital saat ini, memungkinkan kita mempelajari bahasa asing secara mudah dan gratis. Kita bisa belajar dari menonton film atau video berbahasa asing, mengikuti kursus online, hingga ngobrol langsung dengan orang asing di media sosial.

5. Editing atau desain

Keterampilan yang Dapat Dikembangkan Selama di Rumah, Yuk Produktif! pexels.com/Tranmautritam

Keterampilan lain yang dapat ditingkatkan selama pandemik yakni editing foto, video, audio, dan sebagainya. Keterampilan ini bakal sangat bermanfaat di era digital ini.

Kamu bisa memanfaatkan keterampilan ini untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, membuat vlog, podcast, atau berbagi konten lainnya di media sosial. Kamu pun bisa mempelajari keterampilan ini secara gratis di dunia maya.

Itu tadi 5 keterampilan yang bisa diasah selama di rumah. Mana yang paling menarik untukmu?

Baca Juga: 10 Keterampilan yang Memudahkanmu untuk Bersosialisasi dalam Hidup

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya