Comscore Tracker

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan 

Supaya gak stuck lagi!

Dalam hidup kita selalu memiliki pilihan. Namun, beberapa orang merasa sulit menentukan pilihan tersebut. Terlalu banyak pertimbangan, terlalu banyak konsekuensi, dan banyak lagi hal-hal yang menghambat kita untuk menentukan.

Apabila kamu termasuk orang yang sulit memilih ini, yuk coba terapkan 5 mindset berikut!

1. Terlalu banyak berpikir hanya akan membuat masalah terlihat lebih rumit

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan Unsplash/punttim

Mereka yang lamban dalam memutuskan pilihan tentu memiliki berbagai pertimbangan yang dirasa perlu dipikirkan matang-matang. Hal ini gak salah, namun kalau kita terus-terusan berpikir, kita bisa malah membuat masalah tampak lebih rumit lho!

Ada pepatah bahwa, 'musuh terbesarmu adalah pikiranmu sendiri'. Ketika kamu terlalu banyak berpikir, kamu malah memperburuk suasana. Padahal mungkin realitanya gak seburuk yang kamu pikiran, kok!

2. Dengan tidak memutuskan pilihan, kamu hanya mengulur waktu untuk maju

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan IDN Times/Rizka Yulita

Saat kamu sulit menentukan pilihan, kamu akan terus mengulur waktu. Kamu menunda kesempatanmu untuk maju. Oleh karena itu cobalah untuk membuat batasan waktu sendiri untuk menentukan pilihan.

Ingat, ketika kamu terus mengulur waktu, suatu hari nanti kamu bakal tetap dipaksa untuk memilih karena keadaan di luar kuasamu. Jangan sampai hal ini terjadi!

3. Dengarkan suara hatimu, ia akan menuntunmu menuju keputusan terbaik

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan unsplash/Meg

Sesungguhnya ketika kita bimbang dalam suatu keputusan, suara hati kita sering memberikan petunjuk untuk memutuskan dengan tepat. Jauh di lubuk hati, kita tahu apa yang harus kita lakukan.

Meskipun begitu, ketakutan dan keraguan membuat kita kerap mengabaikan suara hati tersebut. Di sini kamu perlu mempercayai suara hatimu. Percayalah bahwa kamu akan dituntun ke jalan yang tepat.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Menentukan Pilihan Hidup, Renungkan dengan Mendalam!

4. Fokus kepada efek positif dari keputusanmu

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan IDN Times/Rizka Yulita

Mereka yang sulit menentukan pilihan tentu sering mempertimbangkan konsekuensi atau dampak positif maupun negatif dari pilihan mereka. Nah, ketika mempertimbangkan hal tersebut, cobalah lebih berfokus pada hal yang positif.

Ketika kita lebih mengarahkan diri kepada hal-hal yang baik, kita akan semakin yakin dalam mengambil keputusan. Kamu juga harus percaya bahwa apa yang kamu pilih adalah keputusan terbaik.

5. Apabila ternyata keputusanmu terasa salah, fokus pada pelajaran yang bisa kamu ambil dari keputusan tersebut

Terapkan 5 Mindset Ini Ketika Kamu Sulit Memutuskan Pilihan Unsplash/Eli De Faria

Banyak orang selalu menunda memutuskan sesuatu karena takut salah mengambil keputusan. Padahal, salah itu sesuatu yang wajar kok! Meski kamu sudah melalui berbagai pertimbangan dan akhirnya menentukan pilihan, gak jarang kamu merasa pilihanmu salah. 

Namun, daripada berfokus pada 'takut salah' lebih baik berfokus pada 'pelajaran' yang bisa kita ambil dari kesalahan tersebut. Dengan menerapkan mindset ini, kamu bisa lebih percaya diri untuk mengambil keputusan.

Itu tadi 5 mindset yang perlu kamu terapkan ketika sulit mengambil keputusan. Jangan galau lagi, ya! Segeralah bertindak!

Baca Juga: Jauhi 5 Sikap Ini Jika Kamu Tidak Mau Dicap Sebagai Orang yang Labil!

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya