Comscore Tracker

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmu

Karena hidupmu sangat berharga

Terkadang dalam beberapa situasi kita dihadapkan pada sebuah pilihan yang sulit. Apakah kita perlu mengubah hidup kita atau tidak? Mengubah hidup bisa jadi merupakan sesuatu yang menakutkan tapi sekaligus menggembirakan. Tapi terlepas dari semua itu perubahan ini penting untuk membuatmu bahagia.

Kebanyakan dari kita sebenarnya telah sampai pada titik dalam hidup kita dimana kita  harus mengubah hidup kita tapi tidak tahu apakah keputusan itu sudah tepat atau belum. Jadi, supaya kamu lebih paham lagi, berikut 7 tandanya :

1. Kamu merasa kehilangan motivasi

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@makropulos

Kamu pasti memiliki sesuatu yang membuat kamu bahagia. Misalnya pekerjaan yang membuat kamu rela bangun pukul lima pagi walaupun sering tidur tengah malam atau semangat untuk mengikuti kegiatan sosial demi menyenangkan hati seseorang yang sedang dekat denganmu dan sebagainya.

Tapi ketika semua itu hilang, semangatmu juga ikut hilang. Kalau semangat itu benar-benar hilang dari hidupmu, maka inilah tandanya kamu siap mengubah hidupmu. Bukan berarti kamu menyerah. Justru kamu sedang mengevaluasi apakah kamu tetap menginginkan kehidupanmu kembali seperti dulu lagi atau tidak .

Kalau kamu merasa tidak ingin mengubah hidupmu, setidaknya ubahlah pola pikirmu. Mungkin kamu harus lebih fokus, mempelajari banyak hal yang ingin dipelajari, atau menghabiskan waktu dengan sebuah hubungan yang lebih pasti. Namun jika kamu ingin sesuatu yang baru, kamu bisa mencari pekerjaan baru, atau mengubah kehidupan pribadimu.

2. Kamu merasa tidak bahagia setiap hari

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@spacemonkey

Merasa tidak bahagia, cemas atau down karena tugas, perbedaan pendapat, pekerjaan atau hubungan memang wajar. Semua itu memang menguras pikiran. Sampai-sampai saking seringnya masalah itu muncul, terkadang kita sering menyepelekannya. 

Tapi kalau itu terjadi setiap hari dan bahkan tidak diketahui apa penyebabnya, maka ini menjadi tanda bahwa kamu harus berubah.

Coba kamu ingat kembali apa saja yang kamu lakukan setiap hari. Apakah semua itu kamu lakukan untukmu sendiri atau untuk menyenangkan orang lain. Bukan berarti kamu egois atau malas. Tapi jika kamu merasa tidak bahagia, buat apa kamu membahagiakan orang lain terus.

3. Kamu merasa orang-orang di sekelilingmu mulai berubah

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@pan4ratte

Kamu memiliki banyak teman atau kenalan dan sering menghabiskan waktu dengan mereka, namun suatu hari satu persatu dari mereka mulai sulit dijumpai. Mereka mulai lebih memilih fokus pada hubungan, pekerjaan atau keluarga mereka masing-masing atau bisa dibilang mereka tidak lagi memprioritaskanmu. Kalau kamu merasakan hal ini kemungkinan inilah tandanya kamu harus mengubah hidupmu.

Kalau kamu masih menganggap perubahan teman-teman mu itu wajar, kamu tidak perlu berubah dan tinggal tunggu saja mereka kembali. Tapi jika setelah kamu lihat kembali dan kamu sadar mereka tidak pantas kamu tunggu, kamu bisa mencoba hal yang baru dan berteman dengan orang-orang baru. Berubahlah demi kebahagianmu.

Baca Juga: Wajar Kok, 5 Alasan Prioritasmu Berubah Seriring Berjalannya Waktu

4. Kamu merasa bosan dengan rutinitasmu

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@ikukevk

Definisi hidup memang tidak melulu menyenangkan dan seru. Tapi kamulah yang menjadi mesin untuk hidupmu sendiri. Coba deh bedakan antara bangun di hari Minggu dan tidak tahu mau berbuat apa dengan bangun setiap hari dan merasa bosan. Mungkin kamu tidak merasa tertantang lagi dengan pekerjaanmu atau definisi kebahagiaan bagimu sudah tidak lagi sama. Jika kamu mulai merasa bosan dengan rutinitasmu, berarti ini tandanya kamu harus berubah.

5. Kamu merasa stres atau tertekan

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@andrewtneel

Tanda paling umum kalau kamu perlu mengubah hidupmu adalah ketika kamu merasa stres. Stres sekaligus merupakan tanda yang paling sulit untuk dilawan karena dalam keadaan tertekan kamu akan cenderung khawatir dalam menyikapi perubahan.

Tapi beruntungnya ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melawannya dan kamu tinggal pilih mana cara yang paling cocok untukmu.

6. Kamu merasa takut terhadap sesuatu

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@redcharlie

Semua orang hidup dalam ketakutan. Kita takut kehilangan seseorang yang kita cintai. Kita takut kehilangan pekerjaan. Kita takut membuat keputusan yang salah. Kita takut dengan banyak hal karena hidup memang sedikit menakutkan. Triknya adalah kenali apakah ketakutan itu mendorongmu maju atau justru membuatmu hancur. Kalau memang itu buruk untukmu, apakah kamu masih memilih untuk bertahan?

7. Kamu merasa tidak memiliki stimulus atau dorongan lagi

Jangan Bimbang! Ini 7 Tanda Kamu Siap Mengubah Hidupmuunsplash.com/@michael_uebler

Kamu membutuhkan stimulus dalam hidupmu untuk merangsang dirimu mengalahkan ketakutan, stres dan rasa tidak bahagia yang sering datang dalam waktu yang bersamaan. Kalau sesuatu atau seseorang yang kamu jadikan stimulus atau yang membuat jantungmu berdegup lebih cepat saat ini sudah tidak lagi memberikan rasa yang sama padamu atau kamu merasa sudah tidak lagi memiliki stimulus itu, maka ini adalah tanda bahwa kamu sudah siap untuk mengubah hidupmu.

Kalau kamu merasa salah satu tanda ini sedang kamu alami sekarang, tenanglah kamu tidak sendiri. Coba lawan semua itu pelan-pelan dari hal-hal yang sederhana. Kamu akan merasakan perbedaan hidupmu menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjadi Seorang yang Anti-Sosial, Berubah Yuk!

Kotik Aptiyas Photo Verified Writer Kotik Aptiyas

I am on the hunt for who I've not yet become. Find me on instagram @kotikaptiyas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya