Comscore Tracker

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial Orangtua

Agar ayah dan ibu gak stres karena uang #IniBaruGokil

Ingatkah sewaktu kecil dulu, ketika dirimu merengek minta mainan, ayahmu kemudian diam-diam membelikannya sepulang kerja. Ia pula yang memastikan semua kebutuhan sekolahmu terpenuhi agar kamu bisa menjalani hari-hari sebagai pelajar tanpa hambatan. 

Di sisi lain, ada pula ibu yang selalu bertanya, "Pengin bawa bekal apa besok?" agar kotak makan siang kamu bawa pulang dalam kondisi kosong. Dirinya juga siap sedia membelikanmu ini-itu walau diselingi perdebatan terlebih dulu. Kedua sosok itulah yang menjadi pendukung nomor satumu hingga mencapai tahap ini.

Akan tetapi, kondisi tersebut tak bertahan selamanya. Seiring bertambahnya usia ayah dan ibu, sebagian dari mereka tak sejaya sebelumnya. Pensiun dan tubuh yang tak kuat lagi untuk bekerja keras sering kali membuat pemasukan kian menipis. Melihat orangtua mengalami kesulitan finansial seperti ini tentu bukan hal yang diinginkan setiap anak.

Akan tetapi, inilah yang sering kali terjadi, terutama di masa rentan seperti sekarang. Jika kondisi yang serupa terjadi padamu dan keluarga, jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu ayah dan ibu terbebas dari masalah finansial. Di saat seperti ini, kamu menjadi harapan terbesar mereka, lho. 

1. Peka dan bangun komunikasi dengan orangtua

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial Orangtuailustrasi anak dan ayah (freepik.com/freepik)

Ketika ayah dan ibu mengalami kesulitan finansial, mereka umumnya tidak akan menunjukkannya di hadapanmu. Ini dilakukan agar kamu tidak khawatir dan terbebani. Akan tetapi, kamu harus selalu peka dengan kondisi mereka.

Coba perhatikan gerak-gerik keduanya. Apakah mereka tampak berhemat secara berlebihan? Apakah ayah dan ibu terlihat murung dan stres di waktu-waktu tertentu? Atau mungkin tanpa disadari, mereka sering mengeluhkan kondisi pemasukan yang kian menurun. Ini adalah tanda bahwa ayah dan ibumu butuh bantuan. 

Sering-seringlah menanyakan kabar, dengarkan keluhan, dan komunikasikan, kira-kira apakah semua kebutuhan mereka tercukupi. Identifikasi pula masalah keuangan seperti apa yang sedang mereka hadapi, sehingga kamu tahu di mana harus berkontribusi. Bagi kamu yang tidak tinggal serumah atau bahkan terpisah jarak dengan orangtua, lakukan hal ini dengan menelepon atau video call mereka, ya. 

Proses komunikasi ini tentu tidak akan berlangsung singkat. Namun kamu gak perlu khawatir dengan biaya telepon. Cukup manfaatkan kuota sultan dari Smartfren GOKIL MAX. Jaringannya yang 100 persen 4G siap banget buat bikin komunikasimu dengan orangtua semakin MAXimal.

Susunlah kata-katamu secara lembut, encouraging, dan komunikasikan secara dua arah. Tanya, apa yang bisa kamu bantu sebagai anak mereka. Jangan sampai terkesan menggurui dan menghakimi. Sisanya, serahkan pada jaringan Smartfren GOKIL MAX yang stabil, lancar, dan super ngebut. Jika sudah begini, kamu gak perlu khawatir terjadi miskomunikasi, deh!

2. Ajak ayah dan ibu berhemat dan minimalkan pengeluaran

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial OrangtuaSmartfren GOKIL MAX (dok. pribadi/Idrak Azzufar)

Coba analisis seperti apa pemasukan dan pengeluaran orangtua setiap bulannya. Hal-hal yang harus dibayar biasanya adalah tagihan listrik, air, berbagai pajak, kebutuhan sehari-hari, biaya sewa rumah jika ada, hingga kebutuhan akan internet. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memangkasnya. 

Misalnya, dengan menjual alat elektronik yang tidak terlalu penting dan fungsinya bisa digantikan oleh alat lain, seperti microwave. Ajak juga mereka untuk menghemat listrik dengan mencabut segala peralatan jika tak terpakai. Kamu juga bisa turut andil dalam membayarkan salah satu pos pengeluaran ayah dan ibu agar beban bisa dibagi bersama. 

Yang tak kalah penting adalah internet. Coba beralihlah ke penyedia internet yang lebih murah seperti Smartfren GOKIL MAX. Harganya murah banget dan gak bikin kantong kering, lho. Mulai dari Rp30.000,- saja, kamu bisa menikmati kuota besar yang gak habis-habis. Dengan harga segitu, Smartfren akan memberimu kuota 9GB, good deal banget, kan?

Gak cuma itu, dengan mengeluarkan uang sebesar Rp70.000,- saja, kamu bisa menikmati kuota gokil sebesar 36GB, lho. Ini adalah salah satu penawaran terbaik bikin kamu untung MAXimal karena kuotanya sangat besar. Ingat, internet juga menjadi kebutuhan yang penting untuk orangtuamu. Coba beralihlah ke Smartfren agar biaya di pos ini bisa dihemat tanpa mengurangi kenyamanan ayah dan ibu. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Jarak antara Kamu dengan Orangtua 

3. Jika orangtua punya bisnis, bantu untuk promosi di media sosial

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial Orangtuailustrasi penggunaan media sosial (pexels.com/Kerde Severin)

Orangtua punya bisnis? Ini adalah hal yang bagus! Untuk mendorong pemasukan dari bisnis tersebut, kamu bisa mengambil peran menjadi social media manager mereka. Bagaimana cara melakukannya?

Gak sulit kok, kamu hanya perlu membuat akun media sosial khusus untuk usaha tersebut. Bisa di Instagram, Facebook, atau bahkan TikTok sesuai dengan bidang dan potensi pasarnya. Misal ayahmu memiliki butik baju di mal. Buatlah akun Instagram khusus untuk butik tersebut agar omzet yang menurun karena pandemik bisa terselamatkan. Hal yang paling dasar adalah memotret baju-baju tersebut dan mengunggahnya.

Gak boleh kelewatan, kamu juga sebaiknya membuat akun di e-commerce untuk memudahkan pembeli melihat katalog produk. Integrasikan pula dengan akun media sosial agar brand terbangun secara maksimal. Agar lebih menarik perhatian, kamu bisa memanfaatkan teknik-teknik digital marketing. Misal dengan membuat promosi grand launching, giveaway, bikin video di Instagram Reels atau TikTok, hingga promosi dengan bantuan ads.

Intinya, kemas brand tersebut dengan baik agar orang-orang tertarik untuk melihat akunmu. Jangan lupa, unggah konten setiap hari agar kesempatan untuk meraih banyak followers terbuka lebih lebar. Siap-siap kebanjiran orderan, deh!

4. Orangtua punya hobi yang menarik? Jadikan hal ini sebagai peluang penghasilan!

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial Orangtuailustrasi orangtua merekam konten (pexels.com/Mart Production)

Bukan hal yang baru jika hobi bisa diubah menjadi sumber cuan. Begitu pula dengan hobi unik yang dimiliki orangtua. Misalnya saja, ibu suka bikin kue. Coba buatlah channel YouTube untuk mendokumentasikan aktivitas tersebut. Ibumu bisa berbagi resep, tips dan trik, serta cara membuat berbagai jenis kue di sana. 

Hal ini menjadi peluang penghasilan yang sangat besar, lho. Jika channel YouTube tersebut bisa meraih banyak views dan subscribers, kamu bisa mendapatkan uang dari sana untuk diberikan kepada ibu. Bisa cuan MAXimal sekaligus menyalurkan hobi, kan?

Tema yang bisa diangkat sebagai konten YouTube juga sangat luas, lho. Hobi memancing, berkebun, memelihara hewan, hingga konten tentang kehidupan sehari-hari di pedesaan juga menarik untuk didokumentasikan. Sebagai permulaan, kamu bisa kok mengambil video dengan smartphone kok. Kuncinya yang gak kalah penting adalah kamu harus rajin dan konsisten untuk upload

"Teman" terbaik yang bisa mendukung upaya ini lagi-lagi adalah Smartfren GOKIL MAX. Internetnya yang gokil cocok banget untuk para kreator konten. Mulai dari proses pengembangan ide hingga download berbagai komponen untuk video dapat dilakukan dengan cepat jika kamu membekali diri dengan Smartfren GOKIL MAX.

Provider ini menyediakan layanan 24 jam di semua aplikasi yang bisa kamu gunakan tanpa henti. Kuota nasionalnya akan menjamin kebutuhan internetmu di mana saja, sedangkan kuota lokal dari Smartfren bakal dukung kamu secara MAXimal di rumah atau area aktivasi kartu. Ada pula Extra Kuota hingga 70GB yang bisa kamu akses pukul 01.00-05.00 WIB. Cocok banget untukmu yang siap begadang demi edit video, kan?

5. Bantu cari peluang kerja lain yang sesuai dengan keahlian orangtua

Jadi Anak Berbakti, Ini 5 Cara Membantu Finansial Orangtuailustrasi perempuan memasak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain yang disebutkan di atas, kamu juga bisa coba cari peluang lain dari keahlian yang dimiliki orangtua. Seperti apa maksudnya? Misal ibu jago banget masak dan memang ingin mendapatkan peluang usaha dari situ. Kamu bisa coba mengakomodasi keahlian tersebut, lho. Contohnya dengan membuka katering kecil-kecilan. 

Selain promosi lewat media sosial, kamu bisa menghubungi teman-temanmu yang mungkin membutuhkan katering. Patut dicoba, kamu juga dapat mempromosikannya ke kantor yang menyediakan makan siang untuk karyawannya. Ini adalah peluang cuan yang besar, lho! Namun, tetap saja kamu harus menyesuaikannya dengan kemampuan orangtua, ya. 

Terakhir, ketika orangtua menghadapi kesulitan finansial, hal yang gak kalah penting adalah dukungan moral. Pastikan kamu selalu ada dan siap membantu mereka kapan saja ketika dibutuhkan. Di saat seperti ini, ayah dan ibu hanya punya kamu--dan mungkin saudaramu--sebagai harapan. Tawarkan cara-cara di atas untuk membantu menambah penghasilan mereka dan jelaskan keuntungan apa yang berpotensi untuk diraih darinya.

Jangan lupa, di masa sekarang ini, internet adalah salah satu senjata utama dalam mencari uang. Pastikan kamu dan orangtuamu menggunakan Smartfren GOKIL MAX agar untung MAXimal tapi tetap hemat.

Kartu perdana dan voucher-nya bisa kamu dapatkan secara mudah di toko-toko terdekat. Jika kamu gak mau keluar rumah, cukup pesan melalui GrabMart dan store Smartfren yang ada di e-commerce. #IniBaruGokil, ya! Internet lancar, cuan besar, masa tua ayah dan ibu pun terjaga!

Baca Juga: 5 Cara Ini Dapat Membantu Temukan Solusi Bijak untuk Masalahmu

idrak azzufar Photo Writer idrak azzufar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya