Comscore Tracker

Berikan Inspirasi Bagi Pecinta Seni, Art Jakarta Kembali Digelar 

Art Jakarta 2019 jadi kolaborasi dua seniman papan atas

Jakarta, IDN Times - Ajang pameran seni yang paling dinanti oleh penikmat karya seni di Indonesia kembali muncul yakni Art Jakarta. Acara ini sudah digelar sejak tahun 2009 lalu dan mengundang antusiasme dari para penikmat seni. Tahun 2018 lalu menjadi pameran kesepuluh dari Art Jakarta. 

Kini, di tahun 2019, para pecinta seni rupa kembali dipuaskan menghasilkan karya-karya seni dalam acara Art Jakarta 2019. Acara tersebut digelar selama tiga hari, dimulai (30/8) hingga (1/9) di Jakarta Convention Centre. Lalu, apa yang berbeda dalam penyelenggaraan Art Jakarta tahun ini? 

1. Pameran Art Jakarta 2019 menghadirkan kolaborasi dua pelaku seni Tom Tandio dan Enin Supriyanto

Berikan Inspirasi Bagi Pecinta Seni, Art Jakarta Kembali Digelar Instagram/artjakarta

Pagelaran pameran seni rupa Art jakarta 2019 nanti merupakan kolaborasi dari pelaku seni rupa Tom Tandio yang dipercaya menjadi Direktur Pameran dan kurator Enin Supriyanto sebagai Direktur Artistik Art Jakarta 2019. Kolaborasi kedua tokoh penting di kancah seni rupa ini diharapkan mampu membawa kesegaran dan nilai tambah bagi Art Jakarta.

Kiprah keduanya di dunia seni rupa pun sudah tak diragukan lagi. Pengetahuan dan pengalamannya di kancah seni rupa lokal maupun internasional diyakini akan bisa pula memberi arahan yang tepat bagi Art Jakarta untuk menjadikan ajang ini sebagai sebuah tolok ukur perkembangan pasar seni rupa di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.

Baca Juga: 9 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Datang ke Pameran Seni

2. Art Jakarta 2019 hadirkan banyak tokoh seni rupa

Berikan Inspirasi Bagi Pecinta Seni, Art Jakarta Kembali Digelar Instagram/indraleonardi

Selain dua tokoh penting di industri seni rupa seperti Tom dan Enin, pameran Art Jakarta 2019 pun akan menghadirkan desainer grafis Henricus Linggawidjaja dari studio desain Artnivora, dan fotografer Indra Leonardi dari studio The Leonardi. Keduanya terlibat dalam ajang ini sebagai Direktur Desain dan Direktur Fotografi. Baik studio Henricus dan Indra akan menampilkan rancangan segar bagi tata pamer Art Jakarta.

3. Art Jakarta 2019 ingin kenalkan identitas baru

Berikan Inspirasi Bagi Pecinta Seni, Art Jakarta Kembali Digelar IDN Times/Istimewa

Dalam pameran tahun ini, Art Jakarta 2019 ingin mengenalkan identitas baru sebagai pasar seni yang dapat menjadikan Jakarta sebagai salah satu pusat seni rupa kontemporer Asia. Dengan begitu, diharapkan pameran ini dapat memperkuat kedudukan Indonesia sebagai salah satu pilar penting dalam perkembangan seni rupa di Asia.

“Perubahan yang kami lakukan ini merupakan salah satu cara untuk merepresentasikan komitmen kami untuk membangun landasan bagi komunitas seni rupa baik lokal maupun internasional untuk bisa berinteraksi,” ujar Enin, Direktur Artistik Art Jakarta 2019.

4. Art Jakarta 2019 suguhkan enam program dengan fokus yang berbeda

Berikan Inspirasi Bagi Pecinta Seni, Art Jakarta Kembali Digelar IDN Times/Istimewa

Pameran yang digelar selama tiga hari nantinya akan menyuguhkan enam program dengan fokus yang berbeda. Keenam program ini menjadi pilar yang akan menopang penyelenggaraan Art Jakarta 2019, di antaranya, Art Jakarta Galleries, Art Jakarta Spot, Art Jakarta X, Art Jakarta Play dan Art Jakarta Scene. Ada pula program Art Unlimited yang merupakan kerjasama Art Jakarta dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Sejak penyelenggaraan pertama Art Jakarta, charity atau penggalangan dana melalui lelang karya seni rupa merupakan acara yang menjadi agenda tetap. Tahun ini, akan ada sepuluh karya seniman dalam bentuk karpet yang akan dilelang untuk kegiatan amal. Berbagai acara bincang dengan topik seni rupa juga akan mengisi agenda Art Jakarta.

Jadi, jangan sampai kelewatan Art Jakarta 2019 ya, guys!

Baca Juga: Pameran Foto Bertema Kemerdekaan Digelar di Reruntuhan Tamansari

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya