Comscore Tracker

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir Harian

Panjatkan sehabis salat, ya!

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari berzikir. Amalan ibadah satu ini sangat dimuliakan oleh Allah SWT karena merupakan sarana untuk tetap mengingat-Nya.

Tidak hanya sebagai tabungan akhirat, berzikir dengan sungguh-sungguh juga akan membawa ketenangan dan kesuksesan dalam hidup. Oleh karena itu, Islam turut menganjurkan umatnya untuk melantunkan doa zikir agar cerdas otaknya.

Sebab, kecerdasan diberikan atas izin dan rida Allah SWT. Sehingga, untuk meraih anugerah tersebut, kamu perlu sering-sering mendekatkan diri kepada-Nya. Lalu, seperti apa bacaan doa agar otak cerdas selengkapnya? Berikut lafaz latin dan artinya.

1. Doa supaya diberikan kecerdasan

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir HarianIlustrasi berdoa meminta perlindungan kepada Allah (Freepik.com/wayhomestudio)

Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya: "Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih."

2. Doa supaya punya kemampuan hafalan kuat

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir Harianilustrasi membaca Al Quran (unsplash.com/Andri Helmansyah)

Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa 'ilman wa sakh kharnaa ma'a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa'iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'iina. Urzuqnil fahma warzuqnil 'ilma walhikmata wal 'aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina.

Artinya: "Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harus, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Baca Juga: Doa Salat Isyroq dan Tata Cara Melakukannya, Pahalanya seperti Berhaji

3. Doa supaya punya anak yang cerdas

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir Harianilustrasi kehamilan (pexels.com/freestocks.org)

Nah, kamu bisa memanjatkan doa satu ini selama masa kehamilan maupun saat buah hati sudah lahir. Agar kelak besar menjadi insan yang dianugerahi kecerdasan.

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

4. Doa supaya ditambah ilmunya dengan mudah

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir Harianilustrasi orang membantu adiknya belajar (pexels.com/@olly)

Sebelum belajar, pastikan kamu berdoa dengan doa satu ini supaya materi yang dipelajari menjadi ilmu yang berguna. Niscaya, Allah SWT juga mempermudah proses belajarmu.

Robbi zidni’ ilma, warzuqni fahma waj'alnii minash shoolihiin.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

5. Doa supaya tidak mudah lupa

Doa agar Cerdas Otaknya, Jadikan Bacaan Zikir Harianilustrasi belajar (pexels.com/Shvets Production)

Kamu tentu tidak ingin lupa begitu saja tentang apa saja materi dan hafalan yang baru saja dipelajari, kan. Nah, doa zikir ini bisa kamu baca setelah salat atau sesudah belajar. 

Allahumma inni istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilahi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

Selain mengamalkannya untuk diri sendiri, alangkah baiknya jika kamu mengajarkan doa untuk menambah kecerdasan di atas kepada anak-anak pula. Yuk, terapkan mulai sekarang.

Baca Juga: Bacaan Doa Hamdan Syakirin untuk Ungkapan Syukur

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya