Comscore Tracker

Doa Istikharah Jodoh beserta Latin dan Artinya

Punya pendamping hidup baik dan mengerti agama itu impian

Dalam ajaran Islam, saat dilanda kegalauan dalam memilih salah satu di antara beberapa pilihan, ada baiknya untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT melalui salat sunnah istikharah. Termasuk jika menyangkut soal pendamping hidup yang bukanlah hal sepele, ada doa istikharah jodoh yang bisa kamu panjatkan.

Salat istikharah sendiri dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dalam hadits sahih Bukhari yang menyampaikan:

"Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan salat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al-Qur'an. Rasulullah bersabda: 'Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan salat dua rakaat selain salat fardlu...' (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya)."

Penasaran seperti apa bacaan doa istikharah untuk meminta petunjuk jodoh terbaik? Nah, berikut rangkumannya untuk kamu.

1. Doa istikharah jodoh

Doa Istikharah Jodoh beserta Latin dan Artinyailustrasi menyebut istigfar (Pexels.com/Thirdman)

Rangkaian salat istikharah sama seperti salat sunnah dua rakaat lainnya dengan mengucap niat salat istikharah. Bedanya, selepas mengucap dua salam dan berzikir kamu diwajibkan membaca doa istikharah.

Adapun doa istikharah jodoh yang bisa dipanjatkan, yaitu:

Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika al adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fash-rifhu anni wasrifnii anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsummardhinii.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara (...) baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara (...) jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku  maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya."

Nah, kamu bisa mengisi bagian yang rumpang tersebut dengan menyebut nama perkaranya. Doa istikharah ini pun bisa dibaca artinya dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Arab. Karena sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui dan Mendengar hamba-Nya.

Baca Juga: Doa Tahajud Akhir dan Artinya, Lengkapi Amalan Salat Sunnah

2. Waktu yang tepat untuk berdoa istikharah jodoh

Doa Istikharah Jodoh beserta Latin dan ArtinyaIlustrasi iktikaf. (Pexels.com/Alena Darmel)

Pada dasarnya, salat istikharah boleh dikerjakan di waktu kapan pun selain waktu yang dilarang untuk salat sunnah yaitu setelah salat Subuh hingga matahari meninggi, lalu usai salat Ashar sampai matahari tenggelam.

Namun, yang utama salat istikharah dikerjakan di waktu malam atau setelah melaksanakan salat Isya hingga sebelum masuk waktu salat Subuh. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits sahih Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Di setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Dan Allah SWT berkata, 'Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doanya. Adakah hambaku yang memohon ampunan (dengan istighfar) sehingga aku akan ampuni dosanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Bentuk jawaban dari doa istikharah

Doa Istikharah Jodoh beserta Latin dan Artinyafreepik.com/senivpetro

Salat istikharah termasuk salat sunnah yang dianjurkan, menurut Imam An Nawawi dalam bukunya Al-Adzkar. Karena itu, jika kamu sedang bimbang dalam memilih jodoh, laksanakanlah salat ini dan panjatkan doa istikharah jodoh agar diberi petunjuk terbaik.

Jawaban dari doa istikharah adalah berupa kemantapan hati yang diberikan oleh Allah SWT terhadap sesuatu yang menjadi perkara. Hal ini dijelaskan pula dalam riwayat Ibnu Sunni yang dikutip Syaikh Wahbah Az Zuhaili rahimahullah dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu.

"Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan."

Lalu, disampaikan pula oleh Imam An Nawawi rahimahullah, kemantapan hati yang kamu rasakan pastikan tidak bercampur dengan kehendak pribadi. Sebab jika kamu memiliki perasaan "ini yang terbaik" sebelum mengerjakan salat istikharah, maka salat tersebut kurang tawakkal pada kekuasaan dan pengetahuan Allah SWT.

Cukup kompleks juga, ya, perihal tata cara doa istikharah jodoh. Tapi, ini harus dilakukan oleh kamu saat menentukan pilihan pendamping hidup yang tepat. Karena sebaik-baiknya keputusan datang dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa Haid Hari Pertama dan Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya