Comscore Tracker

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaan

Menjelaskan tentang nikmat dan karunia Allah SWT

Surat Al-Kautsar merupakan surat pendek yang termasuk pada golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah. Surat Al-Kautsar adalah surat ke-108 di dalam Al-Qur’an dan hanya terdiri dari 3 ayat.

Al-Kautsar mempunya arti nikmat yang banyak dan menjelaskan tentang karunia yang senantiasa Allah SWT berikan kepada penghuni surga. Berikut bacaan surat Al-Kautsar, beserta arti, kandungan, dan keutamaannya yang menjadi pedoman hidup umat muslim.

1. Surat Al-Kautsar ayat 1-3 beserta artinya

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an (pixabay/Pexels)

Termasuk dalam surat terpendek di Al-Qur'an, membuat surat ini pun mudah dihafalkan. Berikut bacaan surat Al-Kautsar, latin, dan artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmannirrahiim.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Ayat 1

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

Innā a'tainākal-kausar.

Artinya: "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak."

Ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Fa salli lirabbika wan-har.

Artinya: "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)."

Ayat 3

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Inna syāni'aka huwal-abtar.

Artinya: "Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)."

2. Turunnya surat Al-Kausar

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaanilustrasi ayat suci Al Quran (unsplash.com/Zahra Tavakoli)

Surat Al-Kautsar terdiri dari 3 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah, serta merupakan surat ke-108 dalam Al-Qur’an. Golongan surat Makkiyah sendiri merupakan ayat-ayat yang diturunkan oleh Allah SWT sebelun Rasulullah SAW hijrah dari Makkah ke Madinah.

Adapun asbabun nuzul surat Al-Kautsar yang diwahyukan Allah SWT sebagai pelipur lara Rasulullah SAW atas kepergian putranya. Ketika surat ini turun, Rasulullah SAW pun menyambutnya dengan senyuman.

Baca Juga: 7 Surat Pendek di Al-Qur'an yang Mudah Dihafal!

3. Kandungan surat Al-Kautsar

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaanilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/Pok Rie)

Dari kata Al-Kautsar, memiliki arti nikmat yang banyak. Ayat pertama dari surat Al-Kautsar bermakna karunia Allah SWT berupa telaga Al-Kautsar bagi orang-orang yang berada di dalam surga Allah SWT.

Surat Al-Kautsar menjelaskan tentang perintah Allah SWT untuk melaksanakan salat dan berqurban, dan Allah SWT senantiasa memberikan nikmat yang berlimpah bagi orang-orang yang beriman. Dan bagi orang kafir yang membenci Nabi Muhammad SAW, maka mereka akan terputus dari rahmat Allah SWT.

Dalam surat Al-Kautsar, diterangkan pula bahwa Allah SWT telah memberikan Nabi Muhammad SAW nikmat dan anugerah yang tidak bisa dihitung nilainya walaupun ada banyak hinaan dari orang musyrik. Nikmat yang diberikan berupa kenabian, agama yang benar, petunjuk dan jalan yang lurus menuju kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.

4. Alasan diturunkannya surat Al-Kautsar

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaanilustrasi orang sedang salat (pixabay.com/Konevi)

Di dalam kitab tafsirnya, yaitu Tafsir Munir Liz-Zuhaili, Dr. Wahbah az-Zuhaili menjelaskan bahwa diturunkannya surat Al-Kautsar dilatarbelakangi oleh 3 faktor, yaitu:

  • Orang-orang kafir Quraisy menganggap bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangatlah lemah dan hanya memiliki sedikit pengikut.
  • Orang-orang kafir Quraisy merasa sangat bahagia dengan meninggalnya putra Nabi Muhammad SAW, seperti Qasim yang meninggal di Mekkah dan Ibrahim yang meninggal di Madinah.
  • Karena adanya perasaan suka cita dari kaum kafir ketika orang-orang muslim ditimpa kesusahan dan musibah.

Untuk itu, surat Al-Kautsar memiliki kemuliaan tersendiri karena Allah SWT mewahyukan surat ini untuk mengobati sedih hati Nabi Muhammad SAW pasca ditinggal pergi putra-putranya. Jika kamu sedang dilanda kegaluan dan risau, bacalah surat ini, niscaya Allah SWT akan memberi kententraman.

5. Keutamaan surat Al-Kausar

Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 Arab: Arti, Kandungan dan Keutamaanilustrasi berdoa (pexels.com/Ali Arapoğlu)

Surat Al-Kautsar menyimpan banyak kemuliaan bagi yang rajin mengamalkannya. Surat ini dapat menjadi sarana ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari penyakit. Kamu membaca surat ini sebelum  minum air putih. Selian itu, ada pula beberapa keutamaan dari surat Al-Kautsar, di antaranya:

  • Melunakkan hati yang keras
    Jika kamu akan bertemu dengan orang lain, cobalah untuk membaca surat Al-Kautsar 3 kali lebih dulu. Niscaya Allah SWT akan melunakkan hatinya yang keras.
  • Memberi rasa tenang
    Surat Al-Kautsar memiliki keutamaan untuk mendapatkan rasa tenang dari hati yang gusar. Sehingga dengan membaca surat ini secara rutin setiap hari sehingga hari-hari yang dilalui akan senantiasa dijalani dengan hati yang damai.
  • Dapat mengatasi rasa takut
    Hal yang wajar apabila sebagai manusia merasa takut. Maka dengan membaca surat Al-Kautsar, Allah SWT akan memberikan kekuatan kepada siapa yang membacanya untuk mengusir rasa takut sehingga merasa lebih percaya diri dan tenang.
  • Pintu rezeki
    Surat ini mempunyai arti nikmat yang banyak. Sehingga secara tidak langsung saat membaca surat ini secara terus-menerus, sama halnya dengan memohon untuk dilapangkan pintu rejekinya kepada Allah SWT.
  • Untuk memohon perlindungan diri
    Keutamaan surat Al-Kautsar selanjutnya adalah untuk perlindungan diri dari segala hal buruk yang akan kita jumpai setiap harinya. Surat ini juga termasuk untuk menangkal sihir ataupun hal gaib.
  • Kenikmatan tak terhingga
    Kautsar merupakan nama sebuah telaga di surga Allah SWT. Sehingga, apabila membaca surat ini 1000 kali dalam sehari, niscaya Allah SWT akan senantiasa memberikan kenikmatan berlimpah pada siapa saja yang mengamalkannya.

Demikian bacaan surat Al-Kautsar lengkap beserta kandungan dan keutamaannya. Dengan mengamalkan surat ini secara sungguh-sungguh, kamu pun akan lebih mudah menjalani hidup dan mencapai harapan.

Diutamakan untuk membaca surat Al-Kautsar saat sedang hujan. Karena hujan merupakan bentuk dari rejeki yang dibeikan Allah SWT pada hambanya.

Baca Juga: Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 177 Lengkap dengan Arti dan Tafsirnya

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya