Comscore Tracker

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaan

Sebagai pengingat akan hari kiamat

Surat Az-Zalzalah adalah surat pendek yang menjadi bagian dari surat Juz ‘Amma dan merupakan urutan surat ke-99 dalam Al-Qur’an. Surat Az-Zalzalah memiliki 8 ayat dan termasuk pada golongan surat Madaniyah karena diturunkan saat Rasulullah SAW sudah hijrah dari Makkah ke Madinah.

Meneladani ajaran Al-Qur'an menjadi kewajiban bagi umat muslim agar selamat di dunia dan akhirat. Tidak terkecuali dengan mengimani surat ini. Nah, berikut bacaan surat Az-Zalzalah ayat 1–8 beserta arti, kandungan, dan keutamaannya.

1. Surat Az-Zalzalah ayat 1–8 beserta artinya

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi Al-QUr'an (pexels/Tayeb MEZAHDIA)

Surat ini terdiri dari 8 ayat pendek yang mudah dihafalkan sebagai bacaan salat. Berikut bacaan arab surat Az-Zalzalah, latin dan artinya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmannirrahiim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Ayat 1

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

Iżā zulzilatil-ardu zilzālahā.

Artinya: "Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,"

Ayat 2

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ

Wa akhrajatil-ardu asqālahā.

Artinya: "dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,"

Ayat 3

وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ

Wa qālal-insānu mā lahā.

Artinya: "Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”

Ayat 4

يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ

Yauma'iżin tuhaddisu akhbārahā.

Artinya: "Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,"

Ayat 5

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗ

Bi'anna rabbaka auhā lahā.

Artinya: "karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya."

Ayat 6

يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ

Yauma'iżiy yasdurun-nāsu asytātal liyurau a’mālahum.

Artinya: "Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya."

Ayat 7

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ

Fa may ya’mal misqāla żarratin khairay yarah.

Artinya: "Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya,"

Ayat 8

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

Wa may ya’mal misqāla żarratin syarray yarah.

Artinya: "dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya."

2. Makna surat Az-Zalzalah

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an (pixabay.com/freebiespic)

Surat Az-Zalzalah diturunkan setelah surat An-Nisaa. Secara bahasa, kata Az-Zalzalah memiliki arti "Kegoncongan". Nama tersebut diambil dari lafal Zalzala pada ayat pertama dalam surat ini.

Surat ini dengan jelas mengandung makna tentang gambaran hari akhir yang akan dialami oleh semua makhluk hidup. Di hari kiamat, semua manusia akan dikumpulkan dan dihitung segala amal perbuatan baik atau buruk selama hidup di dunia.

Baca Juga: Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari Kiamat

3. Kandungan surat Az-Zalzalah

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi orang mengaji (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Dalam surat Az-Zalzalah memuat pokok kandungan tentang goncangan bumi yang sangat hebat di hari kiamat dan membuat manusia kebingungan pada saat itu. Saat terjadinya kiamat, bumi akan bergetar dan berguncang dengan goncangan yang sangat dahsyat sampai bumi memuntahkan semua isi yang dikandungnya. 

Kandungan yang akan dikeluarkan bumi, baik berupa bebatuan, lava, logam hingga jenazah yang sudah mati. Di hari yang mengerikan itu, para wanita yang sedang menyusui akan melupakan bayinya dan wanita hamil akan keguguran. Hanya amal ibadah semasa hidup lah yang mamu menolong manusia celaka di hari akhir.

4. Keutamaan surat Az-Zalzalah

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/Ayesha Firdaus)

Surat Az-Zalzalah adalah surat pendek yang termasuk dalam Al-Mufashshal, yang Allah berikan kepada Rasulullah SAW sehingga memiliki keistimewaan dibandingkan dengan para nabi sebelumnya. Adapun beberapa keutamaan yang tersimpan pada surat ini bila diamalkan dengan sungguh-sungguh, yaitu:

  • Pahala membaca Az-Zalzalah sama dengan setengah Al-Qur’an
    Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Surat Al-Zalzalah itu sepadan dengan setengah Al-Qur’an, wal ‘adhiyat itu sepadan setengah Al-Qur’an, surat Al-Ikhlas itu sepadan sepertiga Al-Qur’an, dan surat Al-Kafirun sepadan dengan seperempat Al-Qur’an.”
  • Mendapatkan surga selama yang diinginkan
    Dari Abi Abdullah berkata, “Janganlah kalian bosan membaca surat Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barang siapa yang membacanya di dalam salat sunahnya, maka Allah tidak akan menimpakan bencana (gempa bumi) selamanya dan ia tidak akan mati karenanya. Tidak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di dunia lainnya. Lalu ketika ia meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Lalu Allah berfirman, ‘Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya selama kamu inginkan, tidak dilarang dan tidak pula ditolak.’” (Tsawabul A’mal: 112)
  • Mengungkap kesalahan yang tersembunyi
    Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca surat ini (surat Al-Zalzalah), maka ia akan diberi pahala seperti orang yang membaca seperempat Al-Qur’an, dan barangsiapa yang menulisnya atas roti yang lembut, dan dimakankan kepada pencuri, maka ia tersedak (sesak) karenanya dan (dimakankan) kepada seorang yang berbuat kesalahan, maka akan terbuka kesalahannya.”
  • Mendapatkan pahala membaca seluruh Al-Qur’an
    Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa yang membaca surat Al-Zalzalah sebanyak empat kali, maka ia seperti orang yang membaca Al-Qur’an seluruhnya.” (‘Uyunul Akhbar, Juz 2: 37).

5. Surat Az-Zalzalah yang mencakup segala kebaikan

Surat Az-Zalzalah Ayat 1-8 Arab: Arti, Kandungan, dan KeutamaanMuslimah sedang berdoa. (pexels.com/RodnaeProductions)

Surat Az-Zalzalah memuat banyak sekali kebaikan bagi siapa pun yang senantiasa menjaga bacaannya. Seperti diriwayatkan oleh Abdullah bin Amru, ada seorang lelaki menemui Rasulullah SAW dan bertanya, “Bacakan untukku wahai Rasulullah.” Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah tiga surat yang berawal dari alif lam ra.”

Dan ia membalas, “Umurku sudah tua, hatiku keras dan bicaraku kasar.” Maka laki-laki itu menjawab dengan jawaban yang serupa. Rasulullah SAW menjawab, “Bacalah tiga surat Musabbihat (surat yang berawalan sabbaha dan yusabbihu).” Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban yang serupa dengan jawaban (yang pertama). Lalu berkata lagi, “Akan tetapi, bacakan untukku surat Al-Jum’ah ya Rasulullah.”

Maka Rasulullah SAW pun membacakannya namun surat Al-Zalzalah, hingga selesai membaca itu, dan lelaki itu berkata, “Demi Zat yang telah mengutusmu dengan hak, aku tidak akan menambah atasnya.” Kemudian lelaki itu pulang, lalu Rasulullah SAW bersabda, “Beruntunglah lelaki itu, beruntunglah lelaki itu, begitu pula aku.” (HR. Ahmad, II: 169, dan Abu Dawud, I: 221).

Demikian bacaan surat Az-Zalzalah beserta arti hingga keutamaannya. Jangan sampai kita menjadi orang yang merugi dunia dan akhirat hanya karena tidak mengimani apa yang terkandung dalam Al-Qur'an. Naudzubillah min dzaalik.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Gak Perlu Membalas Keburukan Orang Lain

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya