Comscore Tracker

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!

Leader bukan tentang jabatan ya #IDNTimesLife

Walaupun keterampilan menjadi seorang leader yang baik itu bisa dilatih, tapi memang kenyataannya ada sebagian orang yang terlahir atau berbakat menjadi seorang pemimpin. Tanpa memegang jabatan pun, seorang yang terlahir sebagai leader, umumnya akan terlihat jiwa kepemimpinannya.

Nah, berikut ini beberapa tanda yang bisa membuktikan kalau kamu itu ditakdirkan sebagai leader, lho. Yuk, kita cek sama-sama!

1. Terbuka terhadap pendapat orang lain

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi suasana kerja (pexels.com/Christina Morillo)

Seorang pemimpin yang baik, justru sangat menghargai pendapat orang lain. Ia akan senang ketika ada yang memberi saran atau masukan, karena bisa membuatnya melihat persoalan dari berbagai sudut pandang. Jadi, kalau ada pemimpin yang malah anti kritik, maka kapabilitas kepemimpinannya justru dipertanyakan.

2. Bersedia memberi masukan

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi suasana kerja (unsplash.com/Mimi Thian)

Kamu bukan tipe orang yang pelit ilmu. Jika memang ada orang yang meminta saran, kamu akan berikan sesuai dengan apa yang kamu pahami selama ini. Gak heran, orang sering kali meminta pendapatmu.

3. Bisa diandalkan

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi pria sedang menulis (unsplash.com/Austin Distel)

Seringnya kamu ditunjuk sebagai ketua atau penanggung jawab dalam acara tertentu, bisa jadi indikasi kalau kamu memang terlahir sebagai seorang pemimpin. Mereka memberimu tanggung jawab, karena kamu selalu bisa diandalkan. Mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan Orang

4. Jadi pendengar yang baik

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi suasana kerja (unsplash.com/Amy Hirschi)

Pemimpin sejati menyadari arti penting mendengarkan. Bahkan jauh lebih penting dari berbicara. Dari mendengarkan dengan perhatian, kamu jadi bisa memahami letak masalah sebenarnya dan bisa mengambil kesimpulan dengan lebih tepat.

5. Pandai menjaga rahasia

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi wanita berambut pendek (unsplash.com/BBH Singapore)

Seorang leader, bukanlah tipe mulut bocor. Yang ketika menyimpan rahasia, malah diumbar ke mana-mana. Justru pemimpin sejati adalah mereka yang pandai menjaga rahasia, sehingga orang selalu percaya padanya. Apakah itu kamu?

6. Menjadi role model

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi pemimpin (pexels.com/Yama Saighani)

Mungkin kamu gak berniat sama sekali untuk ditiru atau dijadikan role model oleh orang lain. Tapi dengan karakter dan sikapmu yang jempolan, membuat orang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

7. Miliki sikap positif

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi wanita tertawa (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Orang yang punya sikap positif, meyakini bahwa setiap masalah pasti bersifat sementara dan pasti ada jalan keluarnya. Sikap positif inilah yang kemudian memberi motivasi ke orang-orang di sekitarmu untuk tetap semangat serta tidak putus asa. Tanpa kamu sadar, karakter tersebut adalah ciri seorang leader.

8. Memperlakukan orang lain dengan hormat

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi dua wanita berpegangan tangan (unsplash.com/Joe Ciciarelli)

Meski kepintaran yang kamu miliki telah memberimu banyak keuntungan, tapi tak membuatmu tinggi hati. Kamu tetap memperlakukan orang lain dengan respek. Dan sebab itulah, orang-orang di sekitarmu juga berbalik menghormatimu.

9. Memiliki rasa empati

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Adam Winger)

Rasa peduli dan perhatian terhadap orang lain, adalah ciri yang paling kentara dari seorang pemimpin. Kamu bukan tipe orang yang bisa tinggal diam ketika melihat ada orang kesulitan. Empatimu tinggi!

10. Berani ambil risiko

10 Tanda Kamu Ditakdirkan sebagai Leader, Berani Ambil Risiko!ilustrasi pemimpin (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results. (Albert Einstein)

Ketika melihat usaha-usahamu selama ini tak memberikan hasil yang memuaskan, kamu gak takut untuk ambil risiko gagal demi perubahan. Dan itu, salah satu ciri pemimpin!

Nah, sekarang jadi tahu ya, kalau sifat-sifat yang sudah diuraikan di atas adalah ciri dari seorang leader. Poin mana saja yang sudah kamu miliki?

Baca Juga: 5 Sikap Ini Harus Dilatih agar Bisa Jadi Pemimpin yang Baik

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya