Comscore Tracker

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!

Emang gak capek, jadi people pleaser?

Orang yang gak enakan, sering stres sendiri karena susah untuk menolak ajakan atau permintaan orang lain, kendati kamu sebenarnya ingin melakukan itu. Akibatnya, kamu jadi selalu mengiyakan segala permintaan orang lain, dan hal ini yang membuatmu rentan dimanfaatkan.

Pasti sakit hati, kan, kalau ketulusanmu malah dieksploitasi? Makanya, jadi orang jangan terlalu baik. Karena apa pun yang berlebihan, dampaknya pasti negatif.

Supaya kamu gak lagi dimanfaatkan dan dianggap lemah, ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar bisa lepas dari sikap gak enakan. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Pikirkan dulu baik-baik sebelum menjawab

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!ilustrasi sedang merenung (pexels.com/August de Richelieu)

Bila sikap gak enakan ini sudah berlangsung lama, terkadang jadi otomatis sendiri untuk menjawab “iya” ketika ada orang lain mengajak atau meminta sesuatu. Nah, mulai sekarang cobalah untuk memikirkan dulu baik-baik sebelum menjawab.

Jika ternyata ajakan atau permintaan itu akan merugikanmu, maka jangan ragu untuk menolak. Ingat, lho, setiap orang berhak menggunakan waktu dan energi sesuai dengan kehendaknya. Jadi, kamu berhak pula untuk berkata iya atau gak pada ajakan atau permintaan seseorang.

2. Jadikan dirimu prioritas

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Fernando Brasil)

Sikap gak enakan bisa muncul akibat kamu kurang menyadari arti penting diri sendiri. Mulai sekarang, cobalah untuk lebih mencintai dirimu sendiri, yakni dengan menjadikan kebahagiaan serta kepentinganmu sebagai prioritas.

Kalau bukan kamu yang mencintai diri sendiri, siapa lagi? Karena setiap orang itu pada dasarnya miliki ego pribadi. Gak semua orang bisa berpikir seperti kamu yang tulus membantu orang lain. Ada banyak pula manusia yang egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, kamu jadi berpeluang kecil menjadi korban mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Harus Stop 'Gak Enakan' pada Orang Lain

3. Kelola waktu dengan lebih baik lagi

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!ilustrasi pria sedang konsentrasi (pexels.com/Snapwire)

Apakah kamu sering dimintai tolong, padahal jelas-jelas mereka melihat kamu sedang sibuk? Itu bisa saja terjadi, akibat kamu selalu mengiyakan permintaan tolong mereka kapan pun itu. Akibatnya, mereka jadi gak menghargai waktumu.

Supaya kamu gak lagi dimanfaatkan, cobalah untuk mengelola waktu dengan lebih baik lagi. Buat batasan pada diri sendiri, sehingga orang lain mau gak mau mesti menghormati batasanmu itu.

Misalnya, bila kamu sedang sibuk, gak perlu merasa bersalah untuk menolak membantu orang lain. Lakukan itu hanya ketika kamu ada waktu luang. Nantinya, mereka gak akan lagi sembarangan meminta tolong.

4. Belajar lebih tegas

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!ilustrasi wanita sedang bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Meskipun kamu sudah berusaha menolak, ada saja tipe orang yang gak tahu diri. Tetap memaksa mengajak atau meminta sesuatu. Di saat inilah kamu perlu bersikap tegas.

Mungkin saat pertama kali menerapkannya, kamu akan merasa gak enak. Takut mereka marah atau khawatir bakal dikucilkan. Gapapa, tetap konsisten lakukan itu.

Kalaupun sikap mereka nantinya gak mengenakkan, it’s okay, jangan terlalu diambil hati. Tanamkan dalam diri, kalau mereka gak bisa menghargaimu, berarti mereka gak layak berada dalam kehidupanmu. Jika pemikiran itu sudah tertanam, kamu bakal masa bodoh dengan ulah kekanak-kanakan yang marah karena kamu menolak ajakan atau permintaan mereka.

5. Tetap berbuat baik

Gampang Dimanfaatkan, Ini 5 Cara Lepas dari Sikap Gak Enakan!ilustrasi wanita tersenyum (pixabay.com/Free-Photos)

Berusaha lepas dari sikap gak enakan, bukan berarti kamu berhenti berbuat baik. Jangan hilangkan sifat baikmu untuk membantu orang lain. Hanya saja, itu dilakukan dalam porsi tepat, yaitu gak sampai merugikan diri sendiri.

Bila ini terus kamu lakukan, orang-orang pun akan sadar sendiri, kok. Penolakanmu itu bukan karena jahat, melainkan memang gak punya waktu, atau alasan lain yang membuatmu berhalangan untuk membantu mereka.

Sikap gak enakan umumnya dialami oleh people pleaser, yang berusaha menyenangkan semua orang. Kamu gak akan bisa, lho, membuat semua orang suka padamu. Karena bila itu yang berusaha kamu lakukan, malah berisiko dimanfaatkan. Jadi, sebaiknya buang jauh-jauh sikap gak enakanmu itu!

Baca Juga: Stop Gak Enakan, 5 Hal Baik yang Didapat Saat Kamu Berani Bilang Tidak

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya