Comscore Tracker

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintar

Apakah kamu termasuk salah satunya?

Menjadi pintar dan berprestasi boleh dibilang jadi harapan setiap orang, meskipun tak semua mampu meraih itu. Namun pintar tak hanya soal mendapat peringkat bagus di sekolah, tapi bisa pula diartikan luas.

Termasuk pintar, jika seseorang mampu menggunakan akal sehat serta common sense-nya untuk menentukan hal-hal apa saja yang patut, dan mana saja yang sebaiknya tak dia lakukan. Seperti yang akan diuraikan di bawah ini, beberapa hal yang orang pintar akan hindari. Apa saja?

1. Menyela pembicaraan orang lain

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintarpexels.com/@fauxels

Berbicara dengan suara lantang, tak menjamin bahwa ia pintar. Apalagi jika attitude yang ia perlihatkan nol besar.

Seorang yang pintar, tak merasa perlu untuk menyela pembicaraan orang lain. Justru dengan mendengarkan secara seksama, ia akan lebih paham mengenai sudut pandang lawan bicara. Disebabkan ia pun telah yakin dengan apa yang akan ia sampaikan, orang yang benar-benar pintar akan santai saja menunggu giliran.

2. Kesalahan di masa lalu tak dibiarkannya terus menghantui

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintarpexels.com/@introspectivedsgn

Kegagalan sejati adalah membiarkan dirinya sudah menyerah bahkan sebelum mencoba. Atau berhenti mengejar impiannya akibat beberapa kegagalan yang ia temui.

Orang yang pintar paham benar, bahwa yang namanya kesuksesan, akan selalu beriringan dengan kegagalan atau kesalahan. Itu sebabnya, kesalahan di masa lalu tak ia biarkan terus menghantui. Cukup ia jadikan bahan evaluasi, sehingga ke depannya lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Tidak Dinilai sebagai Orang Sok Pintar, Gak Baik!

3. Tak mudah menghakimi orang lain

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintarunsplash.com/@serjosoza

Salah satu tanda orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi adalah, mampu memahami bahwa dunia ini diciptakan dengan perbedaan. Sehingga, ia memandang perbedaan sebagai sesuatu yang biasa. Bukan jadi hal yang memicu perseteruan atau malah dasar untuk menghakimi seseorang.

Sebelum menilai seseorang, orang yang pintar akan berusaha dulu mengulik fakta yang ada. Apalagi di zaman sekarang, ketika arus informasi mengalir begitu cepat dan bebas.

4. Masalah untuk diatasi, bukan dihindari

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintarpexels.com/@olly

Tanda lain dari orang yang benar-benar pintar adalah, ia tak akan lari dari masalah. Karena sudah kodratnya, kehidupan ini akan selalu diisi dengan persoalan. Justru dari proses mengatasi masalah itulah, bisa membuat seseorang jadi berkembang. Ia akan menjadi lebih dewasa, lebih bijaksana, lebih kreatif, dan sebagainya.

Dan orang yang pintar pun merasa yakin, bahwa tiap masalah itu pasti ada solusi. Justru menghindarinya, membuat hidup jadi terus dihantui masalah sama yang kelak terus menghampiri di kemudian hari.

5. Tak suka membuang waktu

5 Hal yang Tak akan Dilakukan oleh Orang yang Benar-benar Pintarpexels.com/Min An

Seseorang yang pintar, sadar betul bahwa waktu sangatlah berharga. Tuhan sudah sangat adil, tiap orang diberi jatah waktu yang sama, yakni 24 jam sehari.

Bagaimana pengelolaan waktu, diserahkan pada tiap-tiap individu. Dari manajemen waktu inilah, kemudian ada orang yang merugi, ada pula yang untung, karena telah memanfaatkan waktunya sebaik mungkin.

Alih-alih menghabiskan waktu membicarakan kejelekan orang lain atau melakukan hal-hal tak penting, orang yang benar-benar pintar lebih memilih istirahat untuk memulihkan kembali energinya agar bisa produktif kembali.

Nah, dari ciri-ciri di atas, apakah kamu termasuk orang yang benar-benar pintar?

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Kamu Termasuk Orang yang Pintar atau Berkarisma

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya