Comscore Tracker

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!

Tanpa sadar, pertanyaan itu membuat kamu jadi tertekan!

Semakin usia bertambah, maka sifat sabar dan lapang dadamu pun harus semakin dipertebal. Karena semakin dewasa, biasanya masyarakat (termasuk keluarga), semakin menuntut untukmu berlaku sesuai dengan ekspektasi mereka.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis masalah yang umum melanda di usia 25. Jadi, buat kamu yang saat ini sedang berada di usia tersebut, gak usah kaget, ya kalau menemukan masalah yang sama. Yuk, dicek masalahnya apa saja!

1. Banyaknya undangan pernikahan membuatmu terkadang resah menanti pasangan

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!unsplash.com/@nourisheddesign

Usia 25 tahun bagi sebagian orang, sudah seperti tua banget. Karena banyak yang melangsungkan pernikahan di bawah usia tersebut. Sehingga kamu jangan terkejut, ya kalau mendapati jadwal akhir pekanmu padat dengan acara kondangan.

Nah, karena seringnya menghadiri pernikahan teman-temanmu, kamu pun jadi kepikiran juga perihal pasanganmu nanti. Dan sesekali terbersit pertanyaan, kenapa jodohmu belum datang juga, ya.

2. Kebingungan karena belum mendapat pekerjaan tetap

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!pexels.com/@polina-zimmerman

Di usia seperempat abad, timbul kesadaran bahwa kamu tak lagi muda dan unyu-unyu seperti dulu. Otomatis ada beban dan tanggung jawab besar mengharuskan kamu untuk mandiri. Dan salah satunya dengan memiliki pekerjaan tetap.

Ini yang sering membuat resah ketika kamu belum juga menemukan karier yang settle layaknya teman-teman kamu yang lain.

Baca Juga: 6 Tahapan Masalah Mental yang Bisa Terjadi Berdasarkan Usia

3. Gak punya uang, tapi malu minta sama orangtua

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!pexels.com/@elly-fairytale

Setiap orang memang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Dan gak semuanya sudah bisa memiliki penghasilan di usia 25.

Bukannya kamu tak mau bekerja, tapi kebetulan saja sedang apes kena PHK. Dan ini yang bikin kamu gundah gulana. Melamar di pekerjaan baru belum diterima juga, tabungan sudah nggak ada, tapi mau beli sesuatu malu mintanya sama orangtua.

4. Kondisimu yang masih jauh dari impianmu selama ini

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!pexels.com/@alex-green

Bisa jadi kamu punya impian yang sudah tertanam sejak masih sekolah dulu. Tapi hari berganti hari, tahun berganti tahun, kondisimu belum juga mengalami perkembangan.

Hingga kini, tujuan hidupmu yang dulu begitu semangat dan penuh harapan ingin diraih, belum kelihatan juga tanda-tanda akan tercapai. Ini yang sering membuatmu seperti kehilangan arah. Serasa hidup kok gini amat, ya!

5. Selalu ditanya kapan nikah

5 Jenis Masalah yang Umum Melanda Usia 25, Selalu Ditanya Kapan Nikah!pixabay.com/brenkee

Entah kenapa, usia 25 tahun jadi semacam ‘dosa’ kalau status masih sendiri. Dan ini yang kerap dialami oleh para kaum yang sudah menginjak seperempat abad, termasuk kamu!

Selalu ditanya kapan nikah oleh keluarga, tetangga, teman-teman, bahkan orang yang baru kamu kenal. Tanpa mereka sadari, pertanyaan itu sering membuatmu merasa tertekan. Karena menyebabkan perasaan hidupmu seperti ada yang kurang disebabkan belum menjalani ekspektasi banyak orang.

Jika kamu mengalami hal-hal di atas tadi, ingatlah kalau kamu tak sendiri! It’s ok kalau terkadang kamu merasa teralienasi dari teman-teman seusia karena alur hidupmu berbeda dengan mereka.

Tapi jangan kelamaan, ya galaunya. Gak ada guna! Lebih baik fokus saja dengan kehidupanmu, apa yang ingin kamu raih, dan usaha-usaha apa saja untuk membuat hidupmu jadi lebih baik lagi. Itu lebih produktif dibanding terus meratapi nasib yang kamu dapati. Setuju?

Baca Juga: 6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya