Comscore Tracker

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!

Semua masalah pasti bisa kamu lewati, jadi tenang saja!

Berbagai beban hidup yang terus menggelayuti, menyebabkanmu sangat mudah terjatuh dalam kekhawatiran yang terus-menerus. Dan inilah yang membuatmu sulit untuk bahagia dan memperoleh ketenangan hidup.

Tentunya gak enak, kan hidup selalu dalam perasaan khawatir dan tidak tenang? Agar kamu bisa meraih ketenangan hidup, terlepas dari berbagai masalah yang sedang mengimpit, di bawah ini ada beberapa kiat sederhana yang bisa kamu terapkan. Simak!

1. Menyadari bahwa kamu sama baiknya dengan orang lain

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!Ilustrasi pria tertawa (unsplash.com/Marcos Paulo Prado)

Salah satu hal yang sering memberimu rasa tak tenang dalam hidup, karena ada perasaan insecure bahwa kamu tak bisa apa-apa, bahwa kamu tak berguna, atau kamu tak cukup pintar dengan orang lain yang kamu lihat hidupnya sudah berkembang.

Jika kamu ingin merasakan tenang, maka kamu harus mulai mencintai dirimu sendiri. Yakinkan dirimu, bahwa kamu sama baik dan berharganya dengan orang lain. Kamu pun punya kemampuan yang bisa diandalkan, jadi tak perlu disamaratakan. Karena gak semua orang harus mahir mengolah data di komputer, kan? Atau pandai dalam melakukan public speaking.

Kalau kamu sepayah yang kamu percaya saat ini, gak mungkin kamu bisa lulus sekolah dengan predikat yang baik. Gak mungkin kamu bisa dipercaya oleh atasan sehingga menerimamu di pekerjaan saat ini. Gak mungkin kamu bisa bertahan hidup sejauh ini. Bukankah begitu? Jadi, cobalah untuk baik hati pada dirimu sendiri, ya!

2. Berhenti overthinking

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!Ilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/Chien Nguyen Minh)

Seringnya yang bikin hatimu tidak tenang, adalah kecenderunganmu untuk overthinking terhadap segala sesuatu. Teman lambat membalas pesan, kamu langsung mengira yang tidak-tidak. Atasan memanggil, langsung berpikir akan dipecat. Mau melakukan sesuatu yang baru, langsung terbayang kegagalan yang bakal kamu temui.

Demi kedamaian hatimu, sebaiknya berhenti overthinking mulai sekarang, dan lebih fokuskan pada aksi nyata. Jangan biarkan hal-hal yang di luar kendali, menguasai isi pikiranmu. Pusatkan saja perhatianmu pada sesuatu yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Alasan Penting untuk Menghentikan Cara Hidup yang Berantakan

3. Gak semua komentar mesti kamu perhatikan

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!Ilustrasi melihat handphone (pexels.com/fauxels)

Hidupmu bakal runyam dan jauh dari bahagia, kalau sehari-harinya selalu memikirkan komentar miring orang. Kamu perlu sadar, gak semua komentar itu perlu diperhatikan. Apalagi kalau komentar itu terlontar dari orang yang kamu sama sekali tak tahu. Jika dia berkomentar jahat, maka abaikan saja. Semakin kamu abaikan, semakin sebal dia, dan di satu sisi, kamu jadi lebih bahagia.

4. Lebih selektif dalam memilih teman

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!Ilustrasi wanita sedang sedih (pexels.com/Liza Summer)

Tak semua teman itu berdampak baik bagi hidup. Jenis teman yang cuma bisa melihat kekuranganmu, atau teman yang tak menginspirasimu untuk jadi pribadi lebih baik, mending jangan dekat-dekat dengan mereka.

Teman yang cuma bisa mengkritik atau mematikan impianmu, akan membuatmu jadi rendah diri dan merusak ketenangan hati. Teman yang tak menginspirasi, akan membuat hidupmu jadi stuck, karena kamu jadi merasa tak perlu untuk mengembangkan diri.

5. Saat ada masalah, lakukan tindakan, bukan sekadar dipikirkan

5 Kiat Sederhana yang Ampuh Buat Hidupmu Jadi Lebih Tenang, Coba deh!Ilustrasi sedang menulis (pexels.com/Lisa)

Masalah dalam hidup adalah keniscayaan. Tak ada satu pun manusia yang bisa lepas dari masalah. Memikirkannya saja, gak akan membuat masalah itu hilang. Justru malah bikin hidupmu jadi ruwet dan sulit bahagia karena akan kepikiran dengan masalah itu.

Yang mesti kamu lakukan saat ada masalah, adalah ambil tindakan. Mau tindakan itu tepat atau masih ada kekurangan, setidaknya kamu tak diam saja. Dan kalaupun solusi yang telah kamu lakukan belum sempurna, kamu bisa belajar dari itu.

Sekompleks apa pun beban hidup yang saat ini kamu hadapi, yakinlah bahwa itu hanyalah sementara. Akan ada masanya, ketika kamu menengok ke belakang dan tersenyum karena mengingat banyaknya masalah yang telah berhasil kamu lewati. Jadi, jangan lupa untuk tetap nikmati hidup ini, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Semangat Hidup Tiba-Tiba Hilang

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya