Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!

Jangan didiamkan, kenali apa yang jadi penyebabnya

Stres memang sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Orang yang sehari-harinya kalem pun, pasti pernah merasakan tertekan dalam hidupnya.

Ada banyak penyebab stres. Di antaranya persoalan karier, masalah dalam hubungan percintaan, cekcok di antara anggota keluarga, dan banyak penyebab stres lainnya.

Yang perlu kamu waspadai, apabila sering banget alami stres atau kegelisahan tanpa sebab yang jelas. Karena kondisi demikian bisa merusak kesehatan mental dan fisik. Oleh sebab itu, yuk, kenali apa aja yang bisa menjadi alasan kenapa kamu sering merasa tertekan tanpa sebab. Mari disimak!

1. Penggunaan media sosial berlebihan

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!ilustrasi melihat HP (pexels.com/Dương Nhân)

Media sosial memang memiliki banyak manfaat. Akan tetapi, dampak buruknya bagi kesehatan psikis juga gak main-main, karena medsos dirancang sedemikian rupa sehingga membuat orang kecanduan.

Ada beberapa cara media sosial bisa membuat kamu jadi stres tanpa sebab yang jelas. Di antaranya, dapat menimbulkan kekhawatiran bila kamu terlewat dari isu terkini (FOMO atau Fear of Missing Out), dan hal itu terlihat dari kebiasaanmu yang sebentar-sebentar mengecek medsos.

Penyebab lain kenapa penggunaan media sosial berlebihan bisa membuat kamu senantiasa gelisah, yakni sikap membanding-bandingkan diri. Melihat kehidupan teman atau seleb di medsos yang tampak bahagia dan sempurna, menimbulkan perasaan kalau hidupmu itu ada yang kurang.

2. Terbawa stres dari pekerjaan

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!ilustrasi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak semua orang bisa beruntung mendapatkan pekerjaan dengan gaji sesuai dan lingkungan yang sehat. Ada banyak pula karyawan yang mesti bertahan di pekerjaan dengan lingkungan toksik yang menjadi sumber stres.

Masalahnya, sering kali stres ini terbawa sampai ke rumah. Ditambah lagi setelah pulang kamu masih berkutat dengan pekerjaan atau hal-hal negatif yang berkaitan dengan kerja, misalnya bergosip dengan rekan kerja mengenai sikap atasan hari ini. Alhasil, pikiranmu jadi gak bisa istirahat. Bawaannya gelisah terus!

Baca Juga: Stres Bisa Terjadi pada Bayi dan Anak, Orang Tua Kenali 8 Tanda ini

3. Pengaruh lingkungan tempat tinggal

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!ilustrasi wanita sedang frustrasi (unsplash.com/Yuris Alhumaydy)

Rumah yang kotor dan berantakan, tetangga yang menyetel musik keras-keras, serta berbagai kondisi lingkungan yang membuat kamu gak nyaman, bisa juga jadi penyebab stres, lho! Oleh sebab itu, bagaimana lingkungan tempat tinggalmu perlu dievaluasi, apakah selama ini hal itulah yang menjadi penyebab kamu gampang marah atau susah untuk bisa tenang.

Bila ternyata sumbernya karena rumahmu berantakan, cobalah buat jadwal bersih-bersih rutin. Bila kamu sudah berkeluarga, bicarakan dengan pasangan gimana baiknya supaya rumah senantiasa rapi. Entah itu diatasi dengan mempekerjakan asisten rumah tangga, atau melakukan piket dengan pasangan. Yang penting dikomunikasikan!

4. Pola tidur yang buruk

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!ilustrasi nonton sambil makan (pexels.com/Amateur Hu)

Kelamaan lihat gadget, kebiasaan menonton film maraton, adalah beberapa contoh aktivitas yang menyebabkan pola tidur buruk. Kebiasaan tidur yang buruk ini gak hanya menyangkut kurang tidur aja, lho. Akan tetapi, termasuk juga jadwal tidur yang gak jelas.

Layaknya mesin yang butuh istirahat supaya bisa berfungsi dengan optimal, begitu pula kondisi tubuh. Diperlukan istirahat yang memadai untuk memulihkan diri, sehingga esok hari bisa fit kembali. Kalau badan dan pikiran fit, kamu akan bisa meng-handle stres dengan lebih baik lagi.

5. Pola makan yang buruk

5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!ilustrasi makan burger (pexels.com/Horizon Content)

Bila tubuh kamu diibaratkan mobil, dan apa yang kamu makan dan minum merupakan bahan bakarnya, tentu kamu berusaha memilih bahan bakar terbaik, dong, supaya mobil berhargamu itu bisa menunjukkan performa maksimal? Nah, tubuh pun seperti itu, yakni membutuhkan asupan bernutrisi untuk mendukung kinerja otak agar gak mudah stres.

Bagaimana kamu bisa konsentrasi dan berpikir jernih, apabila tubuhmu “kelaparan” akan nutrisi yang dibutuhkan. Yang kamu berikan ke tubuh bukanlah yang dibutuhkan, tapi yang jadi keinginanmu semata. Misalnya, makan dan minuman manis, menu tinggi lemak, dan berbagai asupan gak sehat lainnya.

Selalu tertekan tanpa ada alasan yang jelas merupakan bukti bahwa kesehatan psikismu sedang bermasalah. Semoga uraian tadi bisa dijadikan bahan evaluasi apa yang menjadi alasan kamu gampang stres, sehingga dapat segera diatasi. Tentu kamu ingin bisa menjalani hidup ini tanpa harus merasa terus-menerus tertekan, kan? Jadi, jangan didiamkan saja, ya!

Baca Juga: 5 Kiat Sederhana untuk Meredakan Stres, Mudah dan Efektif

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya