Comscore Tracker

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!

Bikin kamu dan orang di sekitarmu terpukau dengan ritual ini

Ada berbagai manfaat dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Salah satunya, kamu jadi optimis dalam menjalani sesuatu sehingga membuka peluang lebih lebar untuk kesuksesan.

Jika kamu saat ini termasuk yang merasa rendah diri, tak perlu khawatir! Percaya diri itu bisa dilatih kok. Misalnya saja dengan melakukan berbagai ritual berikut ini setiap hari. Dijamin deh kalau kamu konsisten menjalaninya, akan terasa perubahan dalam dirimu. Jadi lebih pede!

1. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!pexels.com/@t-1826021

Kalau selama ini kamu sering banget stalking media sosial teman-temanmu atau selebritas yang pamer barang-barang mewah, mending hentikan dulu. Jika hal tersebut mengganggu mentalmu, membuatmu jadi merasa gagal atau malah kurang bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang.

Satu hal yang penting untuk mendongkrak rasa percaya dirimu adalah, ketika kamu menerima dirimu sendiri apa adanya. Dan tidak perlu membanding-bandingkan dengan yang lain. Fokus aja ke kehidupanmu pribadi, apa yang kamu mau, impian yang ingin kamu raih, dan usaha-usaha yang perlu kamu lakukan untuk mencapainya.

Evaluasi progress-nya, supaya ada perbaikan dari hari ke hari. Cukup itu aja, gak usah mikir yang macam-macam dengan melihat prestasi orang lain.

2. Rawat tubuhmu

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!pexels.com/@jonathanborba

Perut buncit, wajah kusam, sering jerawatan, memang bisa membuatmu tidak percaya diri. Apalagi jika melihat orang di sekitarmu ‘bening-bening’. Yang perlu kamu sadari, mengeluh saja gak akan membuat lemak di perutmu itu hilang atau wajahmu jadi glowing layaknya artis Korea.

Lakukan tindakan, misalnya dengan mengurangi makanan manis dan berlemak, perbanyak minum air putih, rutin olahraga, dan jangan malas untuk merawat wajah. Di awal-awal mungkin kamu harus memaksa dirimu untuk melakukannya. Tapi percaya deh, hasil kerja kerasmu gak akan bohong.

Gak hanya tampilanmu yang bisa berubah 180 derajat, kamu pun bisa jadi lebih percaya diri karena selama ini telah menang melawan malas untuk tetap mager dan memilih joging atau olah raga di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Simpel Biar Bisa Jadi Cewek Bahagia dan Percaya Diri, No Ribet!

3. Tantang dirimu sendiri

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!pexels.com/@sora-shimazaki

Kita sering terkagum-kagum ketika melihat kesuksesan orang lain. Lupa bahwa tiap manusia punya potensi yang perlu diasah untuk bisa menjadi sesukses mereka yang profilnya dibahas di berbagai media. Yakni dengan terus menantang diri sendiri keluar dari zona nyaman.

Gimana bisa berharap sukses seperti mereka kalau hobinya tiduran, disuruh kerja malas. Duh! Daripada kagum doang, cobalah untuk mencontoh kegigihan, optimisme, dan konsistensi yang telah mereka contohkan.

Prosesnya gak harus berat dulu kok. Cukup lakukan tantangan kecil tiap hari. Misalnya tantangan bangun jam 5 pagi, atau olahraga 10 menit tiap hari, atau jalan kaki ke tempat tunggu bus sekalian olahraga pagi. Pencapaian-pencapaian yang kecil itu, jika dilakukan terus-menerus akan melatihmu mendapatkan pencapaian yang besar.

4. Terima kegagalan

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!unsplash.com/@matheusferrero

Kegagalan memang bisa bikin percaya dirimu drop. Karena itu kamu harus ubah cara pandang kegagalan. Alih-alih melihatnya sebagai hal yang memalukan, justru berpikirlah bahwa kegagalan itu artinya satu langkah maju ke depan.

Karena tiap orang punya jatah gagalnya. Semakin kamu sering gagal dan terus bangkit, maka semakin dekat dengan apa yang ingin kamu raih. Karena dari kegagalan-kegagalan itu kamu bisa belajar untuk lebih baik lagi dan melatih mentalmu untuk tahan banting. Jadi, pede aja lagi!

5. Fokus pada proses

5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Terapkan untuk Dongkrak PD-mu Lagi!unsplash.com/@sickhews

Setiap orang memang punya keinginan dan impian. Tapi jangan sampai karena begitu fokusnya dengan keinginan tersebut, kamu jadi gak sabaran dan meremehkan pentingnya proses.

Tiap hal itu punya masanya sendiri. Gak bisa, sekarang kamu masih amatir, terus mengharapkan memiliki penghasilan layaknya ahli, padahal belajar aja baru.

Fokus saja proses pencapaiannya. Jadi, meski impian itu belum terwujud, tak membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Justru semakin meningkatkan PD-mu karena kamu telah lihat ada perkembangan dari proses yang kamu jalani selama ini.

Selalu ingatlah, bahwa mereka yang kita lihat di seminar atau di TV tampak percaya diri, tak diraih hanya dengan semalam. Tapi butuh latihan hingga bertahun-tahun lamanya sehingga bisa menguasai bidang mereka dan membuat banyak orang terpukau.

Jadi, nikmati saja proses perubahan dirimu menjadi lebih percaya diri lagi, ya!

Baca Juga: 5 Afirmasi Positif Agar Kamu Selalu Percaya Diri, Ampuh Cegah Minder!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya