Comscore Tracker

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaan

Fokus aja pada membangun kualitas hidupmu

Gagal dalam hubungan itu wajar. Hal tersebut merupakan risiko yang harus dihadapi siapa pun ketika memutuskan untuk berkomitmen dengan seseorang.

Kadang bikin hati seperti tak rela, saat mendapati mantan sudah menemukan tambatan hati sebagai teman hidup masa depan. Meski kamu sudah gak punya lagi perasaan spesial, tetap saja kadang ada perasaan kompetitif yang timbul, terutama jika kamu di pihak yang disakiti.

Tentu perasaan ini gak baik bagi kebahagiaan dirimu sendiri. Yuk, coba beberapa tips berikut ini supaya kamu bisa bijak menyikapi mantan yang sudah menikah duluan. Simak baik-baik!

1. Berusaha mengikhlaskannya

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaanilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Ada banyak situasi di mana rasanya kamu merasa itu gak adil, tapi gak bisa melakukan apa-apa untuk mengubahnya. It is what it is!

Kendati muncul perasaan bahwa sepertinya semesta gak adil, kenapa dia yang menjadi sumber sakit hati di masa lalu, bisa begitu cepat menemukan pasangan hidup. Sementara kamu yang menjadi korban dari perlakuannya, masih harus menata hati akibat luka yang telah ditorehnya dahulu.

Sikap yang bisa kamu lakukan hanyalah menerimanya dengan ikhlas. Meski berat, tapi kamu mesti sadar, bahwa ada hal-hal yang di luar kendalimu. Kalau ikhlas ini sudah kamu lakukan, percayalah jika hatimu akan lebih merasa lega.

2. Gak perlu berusaha mencari tahu

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaanilustrasi mencari tahu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal lain yang perlu kamu lakukan supaya gak galau atau sedih ketika ditinggal mantan menikah adalah dengan tidak berusaha mencari tahu mengenai pernikahannya.

Bila kebetulan lingkaran pertemananmu beririsan dengan lingkaran pertemanannya, coba komunikasikan pada mereka. Katakan, bahwa kamu tak ingin mendengar apa pun lagi tentangnya. Sebab, jika tidak begitu, khawatirnya temanmu akan berinisiatif untuk menjadi sumber berita gosip mengenai pernikahan mantanmu itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Masih Galau soal Mantan meski Sudah Hilang Kontak

3. Buat keputusan untuk datang atau tidak

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaanilustrasi memilih (pexels.com/Pixabay)

Jika ternyata kamu mendapat undangan dari mantan untuk menghadiri pernikahannya, gak perlu merasa terbebani untuk hadir. Coba pahami dirimu sendiri, apakah kamu siap atau tidak melihat dia berpasangan dengan yang lain.

K alau memang hatimu masih begitu sakit melihatnya bahagia bersanding dengan orang lain, lebih baik tidak usah hadir. Kamu berhak untuk hadir atau tidak. Terserah orang lain mau berpendapat apa. Ingat, kebahagiaan dirimu sendiri jadi prioritas utama.

4. Fokus pada kebahagiaan dirimu sendiri

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaanilustrasi laki-laki tertawa (unsplash.com/Marie-Michèle Bouchard)

Perjalanan hidupmu masih panjang. Terlalu sayang, bila harus dirusak oleh kegagalan hubungan cinta di masa lalu. Cukup apa yang pernah terjadi sebagai pelajaran berarti demi menapak masa depan dengan lebih bijak.

Daripada galau terus-terusan, mending fokus pada kebahagiaan hidupmu sendiri. Pasti ada banyak goals yang ingin kamu raih. Pusatkan saja perhatianmu pada target-target itu. Buatlah hidupmu jadi bermakna dan produktif.

5. Buat daftar mengapa kamu dan mantan putus

Ditinggal Mantan Menikah? 5 Tips Supaya Kamu Gak Galau Kelamaanilustrasi menulis (pexels.com/Lisa)

Tips lain supaya kamu gak sedih saat ditinggal mantan menikah, cobalah untuk membuat daftar kenapa kamu dulunya putus dengan mantan. Hal-hal apa yang membuat hubungan kalian gak bisa sukses.

Dengan membuat daftar tersebut, kamu jadi diingatkan kembali, bahwa memang kalian berdua gak cocok dan tak berjodoh. Jadi, keputusan kalian berpisah memang sudah tepat. Bisa jadi, setelah kamu keluar dari hubungan tersebut, jadi sadar bahwa putus dari mantan adalah berkah tersendiri.

Gak perlu galau, apalagi menyalahkan diri sendiri saat tahu kalau mantan akan menikah. Pasti ada hikmah kenapa kalian gak bisa bersama. Coba fokuskan saja waktumu pada menciptakan hidup yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Cara Elegan Saat Diselingkuhi Pacar, Anti Bingung dan Galau Bro!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya