Comscore Tracker

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!

Jangan salah fokus pada desain presentasi, tapi pada materi!

Seorang guru yang lancar public speaking, bisa menyampaikan informasi di hadapan rekan sesama guru maupun orangtua murid dengan baik. Kemungkinan closing akan lebih besar jika para sales mampu melakukan public speaking dengan bagus di depan calon kliennya.

Dengan alasan itulah kenapa public speaking menjadi salah satu soft skill yang mesti dikuasai tiap orang, apa pun profesinya!

Salah satu kendala yang kerap dialami saat harus berbicara di depan banyak orang adalah gugup. Saking gugupnya bisa sampai keringat dingin dan akhirnya lupa materi apa saja yang ingin disampaikan. Agar itu tak terjadi, coba deh tips di bawah ini!

1. Siapkan materi dengan matang

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!pexels.com/@vlada-karpovich

Sering kali orang lebih fokus pada desain presentasi dibanding apa yang ingin dipresentasikan. Tak salah memang, membuat desain presentasimu menarik. Tapi hal itu jadi percuma, kalau kamu kurang menguasai materi.

Untuk itu, dari jauh-jauh hari sebaiknya materi yang hendak kamu sampaikan sudah dipersiapkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih memperdalam, dan sudah hafal di luar kepala, sistematika penyampaian.

Kesiapan ini yang akan membuatmu jadi lebih percaya diri sehingga bisa mengurangi rasa gugup sampai tak terkendali.

2. Latihan

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!pexels.com/Tim Douglas

Cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa gugupmu adalah dengan berlatih sebelumnya. Coba lakukan dulu di depan cermin atau di depan temanmu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki mana-mana yang masih kurang, sehingga ketika nanti harus public speaking yang beneran, sudah lancar!

Baca Juga: 5 Tips buat Bos Terkesan di Hari Pertama Kerja, Tak Perlu Gugup!

3. Persiapkan pakaian yang ingin kamu kenakan

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!pexels.com/@ono-kosuki

Biasakan dari jauh-jauh hari, kamu sudah mempersiapkan outfit yang pas buat presentasi nanti. Jangan ketika sudah dekat hari H-nya baru sibuk cari-cari.

Pastikan pakaian yang kamu kenakan nanti sudah disesuaikan dengan jenis acara dan audiens-nya. Kalau acaranya non-formal, jadi berasa kurang greget dan menimbulkan gap antara kamu dan audiens, kalau kamu mengenakan outfit yang formal.

4. Jangan terlalu cepat saat bicara

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!pexels.com/mentatdgt

Ketika kamu merasa gugup, biasanya cara bicaramu pun jadi semakin cepat. Tak hanya membuat audiens-mu jadi kurang begitu bisa menyerap informasi, hal ini juga bisa membuatmu semakin gugup.

Cobalah atur napas, dan bicara dengan diberi jeda teratur. Kamu jadi tampak sangat profesional, lho!

5. Tenangkan diri, dan senyum!

Pukau Banyak Orang, 5 Tips Atasi Sering Gugup saat Public Speaking!pexels.com/@olly

Sangat normal jika kamu merasa gugup sebelum mulai public speaking. Coba tenangkan diri dengan mengatur napas dan ingat kembali, bahwa kamu sudah mempersiapkan dengan baik. Jadi, kamu pasti bisa!

Sebelum mulai, coba beri senyuman pada audiens. Selain bisa memikat para audiens, hal itu juga bisa mendongkrak rasa percaya dirimu, lho!

Itu tadi beberapa tips yang patut kamu coba supaya bisa jadi public speaker yang andal dan mampu memukau banyak orang.

Baca Juga: Khusus Introvert! Ini 5 Tips Mengurangi Gugup Saat Interview Kerja

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya