Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksik

Plinplan bikin kamu jadi gampang disetir #IDNTimesLife

Berdekatan dengan orang toksik sangat berbahaya. Auranya yang negatif bisa membuat hidupmu jadi suram. Orang toksik, sadar atau tidak, bikin orang lain di sekitarnya gak bisa tenang dan damai.

Bila kamu sering bersinggungan dengan tipe orang toksik, hal itu bisa menandakan bahwa kamu termasuk sasaran empuk mereka. Itulah kenapa hidupmu jadi sering diganggu manusia-manusia toksik. Ini dia tanda-tanda mangsa empuk orang toksik yang perlu kamu cek. Apa saja?

1. Kamu gampang dimanipulasi

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksikilustrasi perempuan berambut pendek (pexels.com/Ike louie Natividad)

Salah satu tipe yang selalu jadi incaran manusia beracun adalah orang yang gampang dimanipulasi. Bentuk manipulasinya bisa berupa pujian sehingga membuatmu merasa diawang-awang, padahal di balik pujian itu, ada motif terpendam.

Jenis manipulasi lainnya bisa juga berbentuk rasa bersalah. Persoalan sepele membuatmu begitu terbebani dengan rasa bersalah. Padahal, itu sengaja supaya manusia toksik itu bisa meraih apa yang ia inginkan.

2. Plinplan

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksikilustrasi tiga pria (pexels.com/cottonbro)

Orang yang plinplan mudah sekali terkena hasutan manusia toksik. Itu karena orang yang gak punya prinsip gampang diarahkan. Sayangnya, di tangan orang toksik, sikap plinplan orang lain itu diarahkan ke hal yang gak bagus.

Sebagai contoh, dalam hubungan, ketika teman toksikmu menyadari bahwa pasanganmu itu tahu karakter mereka yang sebenarnya, mereka akan berusaha menghalangi kisah asmaramu. Jika manut-manut saja, kamu akan mudah terjebak. Pasanganmu sudah baik, tapi malah kamu kira buruk.

Baca Juga: 5 Tipe Pertemanan yang Justru Bisa Bikin Kamu Sukses!

3. Cinta buta

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksikilustrasi pasangan (unsplash.com/Roma Kaiuk)

Jangan bangga kalau disebut bucin. Itu bisa menandakan bahwa rasa cintamu tak disertai logika. Kamu jadi rentan dimanfaatkan oleh pasangan yang gak punya nurani.

Kamu rela melakukan apa saja demi membuktikan rasa cintamu padanya meskipun hal itu mengorbankan dirimu sendiri. Sudah disakiti berkali-kali, tapi tetap saja dibela. Akal pikiranmu sudah tertutupi kabut asmara.

4. People pleaser

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksikilustrasi wanita berhak tinggi (unsplash.com/Hanna Postova)

Kalau termasuk people pleaser atau selalu berusaha menyenangkan orang lain, kamu rawan sekali jadi mangsa para manusia toksik. Sikap gak enakanmu itu jadi gampang dimanfaatkan oleh orang pemalas yang oportunis. Gak mau capek, ia akan minta tolong ke kamu, padahal sebenarnya bisa dikerjakan sendiri. Akhirnya, kamu yang rugi dan jadi keteteran!

Sikapmu yang gak bisa tegas untuk menolak membuatmu jadi orang favoritnya. Gak masalah kalau minta tolongnya tulus. Yang jadi problem kalau minta tolongnya itu cuma demi keuntungan pribadi mereka saja.

5. Terlalu baik pada orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Jadi Sasaran Empuk Manusia Toksikilustrasi wanita sedang merenung (pexels.com/Carla Medeiros)

Berbuat baik pada orang lain memang diharuskan. Akan tetapi, jangan sampai porsinya berlebihan karena nantinya malah merugikan dirimu sendiri.

Terlalu baik sama orang membuatmu jadi disepelekan. Mereka gak menghargai bahwa waktumu itu berharga. Untuk itu, kamu perlu sekali-kali melambatkan respons. Itu biar dia sadar bahwa yang sibuk itu bukan dia saja. Ingatlah bahwa waktu yang kamu miliki adalah hak prerogatifmu. Kamu bisa menggunakannya untuk apa yang kamu mau.

Apakah ada tanda-tanda tadi di dirimu selama ini? Nah, bisa jadi itu yang bikin kamu selalu dikelilingi oleh manusia toksik. Karaktermu itu sudah tercium oleh mereka. Kamu mangsa empuk! Berhati-hatilah, ya!

Baca Juga: 10 Meme Ini Menguji Kesetiaan Pertemanan Kamu, Berani Buktikan?

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya