Comscore Tracker

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baik

#IDNTimesLife Sulit, tapi ini untuk kebaikanmu sendiri

Hubungan antar sesama manusia memang penuh dinamika. Terkadang kamu bisa mencintai mereka dengan begitu dalam, lain waktu merasa begitu benci karena sikap mereka yang telah menimbulkan luka teramat sakit. Tak jarang luka ini terus kamu bawa bahkan saat kamu sudah tidak lagi bersama orang yang telah menyakiti.

Berlarut-larut menyimpan dendam hanya akan merugikan dirimu sendiri. Memaafkan justru membuatmu mampu legawa dan terbebas dari amarah yang terus saja menggelayuti hati.

Ada beberapa alasan mengapa memaafkan orang yang telah menyakiti malah bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih baik lagi. Disimak terus, ya.

1. Memaafkan membuatmu lebih damai 

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baikpixabay.com/free-photos

Memendam kebencian terhadap seseorang dapat mencegahmu dari menemukan kedamaian. Hal ini disebabkan ada luka emosional yang terus menganga akibat kamu belum mau untuk melepaskan rasa amarah atau rasa benci atas sikap atau ucapan orang tersebut.

Sikap memaafkan membuatmu terlepas dari rasa sakit yang selama ini terus kamu pendam, berganti dengan damai dan membuat perasaanmu jauh lebih ringan.

2. Meningkatkan kualitas hubunganmu dengan yang lain 

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baikpixabay.com/users/chena

Kemarahan yang terpendam dalam hati, tak hanya memengaruhi bagaimana kamu bersikap dengan orang yang telah menyakitimu tersebut, tapi juga memengaruhi hubunganmu dengan orang lain.

Amarah dalam diri dapat membuatmu lebih tidak sabaran dan gampang tersinggung. Kamu juga kesulitan mempercayai orang lain, selalu timbul rasa curiga karena tadi, ada luka emosional yang masih belum tersembuhkan.

Dengan memaafkan, membuatmu memiliki pribadi welas asih, dan akan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan yang lainnya. Berkurang rasa curigamu, perlakuanmu terhadap orang lain juga tidak lagi kasar karena sudah tidak lagi dihantui rasa benci.

3. Membuatmu jadi pribadi yang lebih dewasa 

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baikpexels.com/@tatiana-twinslol

Saat membenci seseorang, jangankan melihatnya, mendengar namanya disebut saja sudah bikin mood kamu rusak. Ketika kamu sudah mampu memaafkan, perasaanmu akan jauh lebih bebas. Dia sudah tidak lagi memiliki kendali terhadap dirimu atas luka batin yang telah dibuatnya.

Saat bertemu dengan orang tersebut, kamu pun biasa aja. Bukan berarti kamu memaklumi sikap buruknya, hanya saja kamu sadar bahwa kamu tidak bisa mengendalikan sikap atau perilaku buruk seseorang. Hal itu menjadi tanggung jawabnya, bukan kamu.

Ini menjadikanmu pribadi yang lebih dewasa. Ke depannya, ketika menghadapi sikap atau ucapan buruk orang lain, kamu pun tak lagi sampai kecewa berlarut-larut.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Zodiak Ini Sering Bersikap Baik Ketika Ada Perlunya Saja!

4. Mengurangi stres 

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baikpexels.com/@allan-mas

Hidup terus-menerus dalam kebencian bisa membuat seseorang mudah sekali terkena stres dan depresi. Rasa benci ini akan “memakan” dirinya dan membuatnya susah fokus pada hal lain. Dengan berkurangnya stres, tak hanya kesehatan mentalmu meningkat, tapi juga kesehatan fisik.

5. Membuatmu lebih bisa menikmati saat ini 

5 Alasan Memaafkan Dia yang Sudah Menyakiti Bisa Bikin Kamu Lebih Baikpexels.com/@sam-lion

Dibutakan dengan peristiwa menyakitkan masa lalu bisa membuatmu kesulitan melihat hal-hal positif yang banyak terjadi di sekitarmu. Dengan memaafkan orang yang telah menyakiti, kamu pun bisa move on dan berpaku pada apa yang terjadi saat ini.

Kamu jadi menyadari bahwa mungkin kamu telah kehilangan satu teman ataupun pasangan, tapi ternyata jauh lebih banyak orang-orang baik yang selalu setia mendukungmu melewati masa-masa sulit.

Memaafkan memang bukan perkara mudah, apalagi jika disakiti oleh orang yang paling kita sayangi. Namun untuk kebaikanmu sendiri, lebih baik melepaskan saja rasa amarah dan benci, dengan begitu, hatimu bisa diisi dengan hal lain yang membuatmu menjadi pribadi yang bahagia.

Baca Juga: Benci Sama Orang yang Gak Pernah Jahat Padamu? Mungkin Ini Sebabnya 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya