Comscore Tracker

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamu

#IDNTimesLife Ada banyak bahagia dari hidup sederhana

Sah-sah saja jika kamu hendak memilih hidup mewah, selama hartanya ada dan dihasilkan dari cara yang halal. Namun kalau belum punya, jangan dipaksakan. Bela-belain cicil sana-sini cuma supaya dibilang gaya. Padahal tiap bulan menderita karena gaji seadanya, habis buat bayar cicilan.

Kamu gak perlu malu untuk menjalani hidup sederhana. Justru banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Penasaran? Simak terus ya.

1. Kondisi keuangan lebih aman 

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamupexels.com/@vlada-karpovich

Hidup dengan sederhana membuatmu hanya membeli hal-hal yang kamu butuhkan saja, bukan menuruti keinginan. Misalnya, kamu butuh HP baru. Kalau dari segi kebutuhan, membeli HP seharga Rp4 juta sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Tapi kalau menuruti keinginan, tentu saja kamu ingin membeli HP keluaran terbaru seharga Rp20 juta biar sama kayak apa yang dipakai personil BTS.

Dengan hanya memenuhi kebutuhan, akan ada banyak uang yang bisa kamu simpan dan pergunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya ditabung untuk investasi sehingga nantinya kamu gak perlu ngoyo kerja banting tulang, tapi tidur pun bisa mendapatkan uang dari penghasilan pasif.

Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan jauh lebih aman dibanding terus mengandalkan gaji karena tak bisa menabung, habis untuk menuruti keinginan atau gaya hidup.

2. Minim stres 

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamupexels.com/@olly

Sebagian orang berpikir jadi orang kaya, punya banyak harta bisa menyelesaikan semua permasalahan hidup sehingga hidup lebih tenang dan jauh dari stres. Belum tentu.

Punya banyak mobil, rumah mewah, sekolah anak di tempat bergengsi, tak menjamin bahwa ia kaya. Orang kaya adalah mereka yang rasio penghasilannya lebih besar daripada pengeluaran dan utangnya.

Ini yang menjelaskan kenapa banyak orang sudah punya banyak harta tapi sering stres. Karena pusing harus menanggung cicilan utang di mana-mana.

Jadi, kamu gak perlu malu kalau sekarang masih sederhana. Selow aja. Hidup saat ini sesederhana mungkin dan fokuskan pada menghasilkan pendapatan sebesar mungkin. Jika waktunya tiba, kamu pun bisa membeli rumah mewah, mobil mewah, tapi dengan kondisi keuangan yang lebih terjamin dan pastinya, minim stres dong.

3. Lebih sehat 

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamupexels.com/@mastercowley

Keuntungan lain dari hidup sederhana adalah membuatmu jadi jarang jajan di luar atau mengonsumsi makanan olahan yang kurang sehat. Kamu lebih sering bawa bekal rumahan yang dimasak dengan lebih sehat. Efeknya sangat menguntungkan terhadap kesehatan fisikmu. Selain itu, keuanganmu pun akan lebih terkendali karena gak boros jadinya.

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

4. Punya lebih banyak waktu luang 

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamupexels.com/@gustavo-fring

Mengejar-ngejar harta demi bisa hidup mewah membutuhkan usaha ekstra dan waktu pun jadi tersita buat kerja. Ini bisa berdampak pada kehidupan pribadimu.

Dengan memilih hidup sederhana, gak ngoyo, kamu pun bisa jauh lebih santai. Memiliki lebih banyak waktu luang yang bisa kamu habiskan untuk keluarga ataupun untuk melakukan hal-hal yang kamu senangi.

5. Lebih bebas menjalani hidup 

Inilah Alasannya Kenapa Hidup Sederhana Justru Menguntungkan Kamuunsplash.com/@seteph

Hidup dengan sederhana bisa membuatmu jauh lebih bebas menikmati hidup. Bisa melihat keindahan semburat mentari hanya dari jalan santai saat pagi di taman kota yang tak membutuhkan uang banyak untuk bisa ke sana.

Kamu bisa menikmati tawa ceria si kecil saat kamu main kejar-kejaran bersamanya. Tak ada banyak tuntutan yang membuatmu merasa terkekang atau terpenjara dalam menjalani hidup ini.

Menjalani hidup sederhana bukan berarti menghilangkan ambisi pribadi. Kamu tetap memiliki cita-cita untuk diraih, tapi lebih bijak dalam menyikapi. Kamu tak silau dengan opini orang sehingga membuatmu melakukan hal yang menyusahkan diri sendiri. Semoga, artikel ini bisa memberi manfaat berarti.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Style Hidup Minimalis, Simple Gak Banyak Gaya

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya